Negara di Eropa yang Bebaskan Visa untuk Pemegang Paspor Indonesia, Akhir Tahun Liburan?

Negara di Eropa yang Bebaskan Visa untuk Pemegang Paspor Indonesia, Akhir Tahun Liburan?

Beberapa negara yang menerapkan bebas visa bagi paspor Indonesia | Sumber: Unsplash (Convertkit)

Bagi sebagian orang Indonesia, berlibur di negara-negara Eropa merupakan tujuan yang tidak boleh dilewatkan. Sebab, selain menawarkan pemandangan yang indah, banyak hal baru yang mungkin tidak dapat ditemukan di negara kita, misalnya musim salju, makanan khas negara tersebut, hingga kultur yang berbeda.

Namun, yang namanya kunjungan lintas negara, selain memerlukan paspor, kita biasanya juga membutuhkan visa (surat izin tinggal khusus di negara lain selama periode hari yang ditentukan) untuk pergi ke beberapa negara yang masuk di zona Schengen. Visa ini dinamakan dengan Visa Schengen.

Adapun negara yang masuk dalam wilayah tersebut di antaranya adalah Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Yunani, Islandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lituania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Austria, Polandia, Portugal, Swedia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Republik Ceko, Hungaria, dan Kroasia.

Akan tetapi, ada lo, beberapa negara di Eropa yang membebaskan visa bagi pemegang paspor Indonesia. So, kamu hanya memerlukan paspor untuk berlibur ke sana. Wah, di mana saja, ya?

WNA Mau Memperpanjang Visa Kian Mudah Berkat Molina

Belarusia

BLR Soligorsk Orthodox Svyato-pokrovskaya church
BLR Soligorsk Orthodox Svyato-pokrovskaya church | Sumber: Wikimedia Commons (Dina Panayotis)

Belarusia ada di Eropa Timur, berbatasan dengan Rusia (Timur dan Timur Laut), Ukraina (Selatan), Polandia (Barat), dan Latvia (Barat Laut). Tanpa visa, turis dari Indonesia bisa berlibur ke negara urban ini selama 30 hari. Tujuan wisata yang bisa kamu pertimbangkan adalah Belarusian State Museum of the History of the Great Patriotic War, Victory Square, Khatyn Memorial, dan National Opera and Ballet Theatre of Belarus.

Namun, ada syarat tertentu yang perlu diperhatikan, yaitu, mempunyai tiket pulang dalam periode bebas visa, membayar asuransi sebesar 10 ribu euro, kedatangan dari Bandara Internasional Minsk, dan tidak terbang dari atau ke negara Rusia.

Turki

Salah satu pantai di Ibiza
Salah satu pantai di Ibiza | Sumber: Unsplash (Sangia)

Turkiye (sebelumnya adalah Turkey) menyimpan segudang destinasi wisata peradaban kuno yang siap kita kunjungi. Ada Cappadocia, Istanbul, Hagia Sophia, Emirgan Tulip Garden, Ephesus, Silk Market, hingga Ataturk Mausoleum yang sering menjadi pilihan para pelancong untuk mampir dan menikmati sejarahnya. Tak hanya itu, uniknya, negara ini sangat ramah dan merawat kucing-kucing liar dengan sangat baik.

Kabar baiknya, Turki merupakan salah satu negara yang membebaskan visa untuk kita, SohIB. Kamu bisa berkeliling dengan bebas selama 30 hari. Gimana, siap menaiki balon udara yang populer di Cappadocia?

Komunitas Liburan di Indonesia, Temukan Teman Jalan-Jalan Barumu di Sini!

Azerbaijan

Baku cityscape
Baku cityscape | Sumber: Unsplash (Lloyd Alozie)

Azerbaijan adalah negara yang terletak di Transkaukasia Timur dan berdekatan dengan Rusia, Iran, Armenia, dan Georgia. Dulunya, ia adalah bagian dari Uni Soviet yang tertutup. Hanya saja, setelah keruntuhan Uni Soviet, negara punya banyak wisata alam memukau itu mulai terbuka dan ramai dikunjungi turis.

Untuk pemegang paspor Indonesia, kamu hanya perlu membawa Visa on Arrival atau dokumen izin masuk sementara, dengan ketentuan maksimal 30 hari.

Jika SohIB ingin bersantai dan berelaksasi di Azerbaijan, kamu bisa memilih Desa Quba yang ada di salah satu puncak Pegunungan Kaukasus yang punya air terjun Afurdja atau ke Pegunungan Ismayilli. Ada juga Nakhchivan, tempat wisata religi yang dipercaya merupakan makam Nabi Nuh AS. Jangan lewatkan juga Yanar Dag, gunung yang selalu terbakar secara alami sejak 2000 tahun lalu.

Serbia

Belgrade
Belgrade | Sumber: Unsplash (Ljubomir Žarković)

Serbia adalah salah satu negara Eropa yang tidak memerlukan visa ketika berlibur ke sana selama 30 hari. Sayangnya, mungkin belum banyak warga negara Indonesia yang pergi ke sini. Padahal, ada banyak sekali destinasi liburan yang dapat SohIB datangi.

Ada Saint Sava Temple yang merupakan salah satu gereja Ortodoks terbesar di dunia, Serbia, dan Balkan. Jika kamu ingin berbelanja aneka souvenir dan lainnya, pergilah ke Knez Mihailova Street yang menjadi pusat belanja utama di Beograd. Selain itu, kamu juga perlu memasukkan Petrovaradin Clock Tower, Kadinjaca Memorial Complex, dan Benteng Beograd sebagai list kunjungan.

Diet Saat Liburan? Masih Bisa Konsisten, kok!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

 

#Makin Tahu Indonesia