Mengenal Dr Victor Chang, Sosok yang Menjadi Google Doodle 21 November

Mengenal Dr Victor Chang, Sosok yang Menjadi Google Doodle 21 November

Dr Victor Chang yang menjadi Google Doodle 21 November | Sumber: Chang Family

Pada Selasa, 21 November, Google Doodle menghadirkan sosok Dr Victor Chang sebagai tokoh yang dikenang hari itu. Yup SohIB, ditilik dari laman Victor Chang Cardiac Research Institute, beliau adalah ahli bedah jantung paling berbakat di Australia. Tak hanya itu, Dr Victor juga merupakan pionir operasi transplantasi jantung yang modern dengan jiwa kemanusiaan yang tinggi.

Atas dedikasinya dalam dunia kedokteran, Victor Chang dipuji sebagai “dokter paling terkemuka di belahan bumi selatan.” alasannya karena revolusionernya di bidang transplantasi jantung tidak hanya bermanfaat di Australia dan Asia Tenggara saja, SohIB, melainkan juga seluruh dunia. Wow, penasaran nggak, bagaimana perjuangannya dalam menyelamatkan ratusan jiwa?

Danau Toba Jadi Ikon Google Hari Ini, Danau Vulkanik Terbesar di Dunia!

Masa Kecil Dr Victor Chang

Dr Victor Chang
Dr Victor Chang | Sumber: Google Doodle (Chang Family)

Victor lahir dari pasangan Aubrey Chang dan May Lee. Keduanya berasal dari Australia dan beretnis China. Mereka bertemu dan menikah di Hong Kong, kemudian pindah ke Shanghai. Di sinilah Victor Chang (Yam Him) lahir pada bulan November 1936.

Namun, ketika usianya baru menginjak 2 tahun, terjadi invasi Jepang yang menyebabkan mereka pindah kembali ke Hong Kong. sayangnya, ketika Victor berumur 12 tahun, sang ibu meninggal karena kanker payudara. Momen itulah yang menjadi motivasi pertama pria berkacamata tersebut untuk berkarier di dunia kedokteran.

Di tahun 1950-an, ayahnya memutuskan untuk mengirim anak-anaknya, termasuk Victor, untuk tinggal bersama keluarga besarnya di Sydney, Australia. Tahu nggak SohIB, kala itu, transportasi tidaklah semudah sekarang. Sebab, Victor dan adiknya menempuh perjalanan hingga lebih dari satu bulan dengan menumpang kapal dari Hong Kong ke Sydney. Bisa dibayangkan nggak, selelah apa?

Dr Victor Chang Menjadi Mahasiswa Kedokteran

Victor memulai pendidikannya di sekolah lokal di Belmore pada tahun pertama. Kemudian, ia menyelesaikan sekolah di Christian Brothers College di Lewisham.

Dituliskan oleh laman Victor Chang Cardiac Research Institute, Chang lulus dari Universitas Sydney tahun 1962 dan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran dan Sarjana Bedah. Setelah menyelesaikan magangnya di Rumah Sakit St Vincent Sydney, ia mengikuti pelatihan bedah kardiotoraks di Mayo Clinic Amerika Serikat dan di Inggris lalu kembali lagi ke Rumah Sakit St Vincent.

Ia bekerja sama dengan Dr Harry Windsor dan Dr Mark Shanahan selama dua dekade, yang mana mereka jugalah yang melakukan transplantasi jantung pertama di Australia pada tahun 1968.

Sejarah Google yang Hari Ini Ulang Tahun ke-25

Prestasi Dr Victor Chang

Dr Victor Chang dengan pasien tranplantasi jantung termuda, Fiona
Dr Victor Chang dengan pasien tranplantasi jantung termuda, Fiona | Sumber: Google Doodle (Chang Family)

Berkat kecerdasan dan empatinya yang tinggi, Dr Chang telah menyelamatkan ratusan nyawa. Salah satu momen yang dikenang banyak orang adalah ketika ia ia berhasil melakukan transplantasi jantung pada pasien penerima transplantasi jantung termuda di Australia, Fiona Coote (14 tahun). Operasi itu terjadi di tahun 1984 dan hingga 38 tahun kemudian, gadis itu masih tetap sehat.

Di tahun yang sama, Dr Chang mendirikan Program Transplantasi Jantung Nasional di Rumah Sakit St Vincent, yang telah melakukan ribuan transplantasi yang berhasil. Ia mengembangkan katup jantung buatan dan alat bantu jantung buatan.

Atas dedikasinya yang tinggi di bidang medis, tahun 1986 Victor mendapatkan penghargaan tertinggi Australia, yakni Companion of the Order of Australia (AC) dan pada tahun 2000, ia terpilih sebagai Australian of the Century oleh masyarakat Australia.

Tak berhenti di sini, Dr Victor yang juga tertarik dengan penemuan-penemuan, mendirikan lembaga penelitian medis kelas dunia. Baginya, meskipun ia bisa menyelamatkan ratusan nyawa dengan operasi, ribuan nyawa lainnya juga bisa terselamatkan lewat penelitian. Keren banget, ya!

Dr Victor Chang menghembuskan napas terakhirnya di Sydney tahun 1991 di Mosman setelah mengalami pemerasan yang gagal dan ditembak sebanyak dua kali di kepala. Kejadian ini memicu kesedihan yang mendalam bagi masyarakat.

Kota dengan Penduduk Terpadat di Dunia, di Mana Aja?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

#Makin Tahu Indonesia

 

 

Sumber:

https://www.victorchang.edu.au/about-us/victor-chang