Mengapa Semangka Menjadi Simbol Mendukung Palestina?

Mengapa Semangka Menjadi Simbol Mendukung Palestina?

Buah semangka jadi simbol solidaritas Palestina | Sumber: Unsplash (Rens D)

Kita telah hidup di era di mana media sosial menjadi salah satu media penyebaran informasi yang masif. Hal ini juga ditunjukkan ketika perang konflik antara Palestina dan Israel kembali menyeruak.

Sejak beberapa minggu lalu, simbol ‘Buah Semangka’ mengudara di berbagai platform media sosial, seperti X (dulu Twitter), Instagram, Facebook, hingga WhatsApp. Semangka disimbolkan sebagai bentuk dukungan masyarakat global terhadap Palestina. Mengapa demikian?

Indonesia Jadi Destinasi Liburan yang Ramah Turis Muslim, Cek Faktanya!

Sejarah Semangka sebagai Simbol Support Palestina

Belem Bethlehem di Palestina
Belem Bethlehem di Palestina | Sumber: Unsplash (Jorge Fernandez Salas)

Ternyata SohIB, penggunaan buah semangka sebagai dukungan Palestina bukan hal yang baru, loh! Dilansir dari Liputan6, buah yang kaya akan air tersebut sudah digunakan sejak tahun 1967, ketika Perang Enam Hari terjadi. Kala itu, Israel menguasai Tepi Barat, Gaza, dan mengambil wilayah Yerusalem Timur.

Atas hal ini, maka pengibaran bendera Palestina dilarang secara tegas. FYI, warna bendera nasional Palestina adalah merah, hitam, putih, dan hijau. Karena itulah, buah semangka kemudian menjadi lambang bendera tersebut.

Selain karena warnanya yang mirip (hijau dari kulitnya, merah pada daging, hitam dari biji, dan putih pada bagian kulit sebelum daging), semangka memang buah yang mudah ditemukan di sana.

Kemudian, pada Oktober 2023, ketika perang Palestina-Israel untuk kesekian kalinya kembali dikabarkan, pengguna media sosial beramai-ramai menggunakan emoji semangka sebagai bentuk solidaritas Palestina.

Tokoh Bangsa yang Menerima Gelar Pahlawan Nasional 2023, Ada Siapa Saja?

SohIB sekarang akan sangat mudah menemukan orang-orang yang tak hanya memasang simbol semangka untuk Stories dan Threads-nya, tetapi juga pada foto profil.

Bentuk Dukungan Masyarakat Global pada Palestina

Portal NU Online menuliskan bahwa sejak 40 hari peperangan di Jalur Gaza, konflik ini telah menelan korban jiwa di Palestina sebanyak 11.320 jiwa dan korban luka-luka mencapai 29.200.

Bahkan, menurut laporan dari pemerintah, 4.650 korban meninggal adalah anak-anak, sementara 3.145 lainnya adalah wanita. Israel dikecam dunia karena dianggap melanggar Hak Asasi Manusia, salah satunya karena mengebom rumah sakit dan kamp pengungsian.

Beberapa hal di bawah dilakukan oleh warga di seluruh dunia yang mengecam tindakan Israel dan mendukung kemenangan Palestina. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Memboikot beberapa perusahaan dan produk yang telah dianggap dan atau terbukti membela Israel. Di beberapa negara, banyak yang sudah melaporkan menurunnya penjualan produk atau sepinya tempat makan yang diboikot akibat aksi ini.
  • Mengunggah gambar semangka di media sosial dan memasang tagar #FreePalestine atau #StandWithPalestine, termasuk ketika sedang membahas topik yang berkaitan dengan Palestina.
  • Mengenakan pakaian atau aksesoris dengan gambar semangka ketika berada di acara solidaritas untuk Palestina.
  • Membeli semangka dari petani Palestina atau dari toko yang mendukung Palestina.
  • Sebagian orang ‘turun ke jalan’ menggelar aksi untuk membela Palestina.
  • Berdonasi untuk dikirimkan ke Palestina sebagai bantuan kemanusiaan.

Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan

Indonesia dan Palestina
Indonesia dan Palestina | Sumber: Indonesia Baik

Indonesia, sebagai salah satu negara yang membela Palestina paling gencar, juga telah memberikan bantuan. Diberitakan oleh Sehat Negeriku, pada tahap pertama, Tanah Air telah mengirimkan alat penyuling air bersih, kemudian ada obat-obatan dasar seperti untuk ISPA, penyakit kulit, dan diare dengan jumlah hingga 7 ton.

Kementerian Kesehatan juga sudah mengirim makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil, hygiene kit untuk bayi, balita, dan ibu hamil.

Pada laman yang sama menuliskan bahwa hanya ada tiga pihak yang diizinkan Israel untuk membawa bantuan masuk. Mereka adalah Bulan Sabit Merah Mesir, Palang Merah Internasional (ICRC), dan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurusi pengungsi UNRWA.

7 Tanda Mental Kamu Sedang Tidak Baik-Baik Saja, Kadang Tidak Disadari!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

#Makin Tahu Indonesia

 

 

 

Sumber:

  • https://www.nu.or.id/internasional/40-hari-perang-11-320-warga-palestina-terbunuh-israel-4-650-anak-anak-dan-3-145-perempuan-ie714
  • https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20231106/5744195/bantuan-kemanusiaan-indonesia-untuk-palestina-lengkap-diberangkatkan/#:~:text=Pemerintah%20Indonesia%20kembali%20memberangkatkan%20bantuan,Sabtu%204%20November%202023%20lalu.
  • https://bali.kemenag.go.id/jembrana/berita/53259/semangka-jadi-simbol-solidaritas-untuk-palestina-ini-sejarah-dan-maknanya#:~:text=Ada%20beberapa%20alasan%20mengapa%20semangka,dan%20mudah%20ditemukan%20di%20Palestina.
  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/5439667/mengapa-semangka-jadi-simbol-dukungan-untuk-palestina-ini-sejarahnya?page=3
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/11/11/kenapa-semangka-identik-dengan-simbol-rakyat-palestina-di-media-sosial