Menggunakan QRIS untuk Belanja di Luar Negeri: Simak Manfaat dan Kelebihannya!

Menggunakan QRIS untuk Belanja di Luar Negeri: Simak Manfaat dan Kelebihannya!

Manfaat QRIS sebagai metode pembayaran | Unsplash (Christiann Koepke)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Hai, SohIB! Bagaimana kabar kamu hari ini? Semoga dalam keadaan yang baik, ya! Kita tahu bukan, bahwa perkembangan teknologi semakin hari semakin beragam. Dari terciptanya mobil yang menggunakan listrik, kereta cepat yang bisa memangkas waktu perjalanan hingga 50%, bahkan membeli sesuatu cukup dengan ponsel saja.

Bagi kamu yang gemar berbelanja, namun malas membawa banyak uang tunai di dompet, maka teknologi terbaru ini akan sangat membantu kamu, lo, namanya adalah QRIS. Quick Response Indonesian Standard adalah sebuah metode pembayaran baru dari Indonesia yang sangat mudah digunakan. Cukup dengan pindai kode yang terhubung ke masing-masing tempat usaha, kamu sudah bisa melakukan pembayaran dengan mudah!

Selain bisa digunakan di Indonesia, QRIS ini bahkan sudah bisa digunakan di beberapa negara lain, lo! Sehingga jika kita hendak jalan-jalan dan shopping di negara lain, kita bisa langsung menggunakan QRIS atau QR antarnegara untuk membayar. Tidak perlu susah ribet lagi, deh! Keren banget, ya! Agar kamu lebih memahami apa saja manfaat dan kelebihan dari metode pembayaran QRIS ini, simak penjelasan di bawah sampai habis, ya!

Implementasi QRIS di Negara Lain untuk Kemajuan Integrasi

Implementasi QR Cross Border ini adalah wujud nyata dari perencanaan “G20 Roadmap for Enhancing Cross-border Payments" yang memiliki tujuan utama untuk memperbaiki sistem pembayaran lintas batas.

Dengan menggunakan QRIS (Quick Response Indonesian Standard) antarnegara, teknologi ini membawa terobosan yang signifikan dalam memperkuat integrasi ekonomi kawasan ASEAN yang sejalan dengan keketuaan Indonesia pada ASEAN dan co-Chairmanship Jepang pada ASEAN+3 di awal 2023.

Belanja di Luar Negeri Makin Seru dengan QRIS, Yuk, Cek Cara Menggunakannya!

Manfaat dan Kelebihan Menggunakan QRIS Antarnegara

Manfaat menggunakan QRIS
Manfaat menggunakan QRIS | Unsplash (Clay Banks)

Tahu tidak, SohIB, saat kita ingin menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran, terdapat banyak kelebihan dan manfaat dibandingkan menggunakan metode lainnya, lo! Penasaran apa saja? Yuk, simak dibawah ini!

  1. Proses Transaksi Menjadi Lebih Cepat

Saat kamu ingin membeli sesuatu, kamu hanya perlu memindai kode QR yang terdapat di tempat itu, lo SohIB! Kamu hanya perlu membuka aplikasi pembayaran di ponsel tanpa perlu repot menghitung uang tunai atau menunggu proses verifikasi yang memakan waktu. Setelah selesai membayar, transaksi kamu pun sudah selesai dan kamu bisa lebih fokus menikmati belanja dan menjelajahi tempat tujuan lainnya. Mudah banget, ya?

  1. Tidak Perlu Repot Menukarkan Uang di Negara Tujuan

Salah satu permasalahan yang kadang membuat kita malas ke luar negeri adalah menukarkan uang. Jika dulu kamu harus mencari tempat money charger dan menukarkan uang segepok sebagai bekal perjalaan, maka saat ini kamu sudah tidak perlu seperti itu lagi, SohIB!

Dengan QR Cross Border, kamu bisa menggunakan mata uang asal seperti Rupiah untuk melakukan pembayaran tanpa perlu menukarkan uang yang banyak di bank atau money changer. Tentunya ini akan sangat menghemat waktu dan tenaga kamu bukan? Kamu bisa langsung membayar dengan nyaman dan praktis. Jadi cukup bawa uang cash seperlunya saja, ya SohIB!

  1. Mempermudah Mencatat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran
Mencatat pengeluaran | Unsplash (Cathryn Lavery)

Berbeda saat ini menggunakan uang tunai untuk berbelanja, saat kita menggunakan QRIS, secara otomatis setiap pengeluaran kita akan tercatat di mutasi rekening, lo. Kamu bisa melacak dengan mudah dan rapi berapa banyak uang yang telah kamu keluarkan selama perjalanan.

Kasus Penipuan Digital Makin Ramai, Begini Modusnya!

Tentunya hal ini sangat membantu dalam mengontrol anggaran holiday kamu, kan? Kamu tidak perlu repot mencatat di dalam buku satu persatu lagi. Selain itu, metode pembayaran ini juga bisa untuk menjadi reminder diri kita tentang pengeluaran yang sudah kita habiskan. Dengan demikian, kamu bisa lebih bijak dalam mengelola keuanganmu selama berada di luar negeri.

Nah, itu dia SohIB penjelasan singkat dari implementasi QRIS atau QR Cross Border dan apa saja manfaat serta kelebihan menggunakan QRIS di luar negeri. Selain bisa mempermudah transaksi, kamu juga tidak perlu repot lagi mencari lokasi penukaran uang karena semuanya sudah bisa di dalam satu aplikasi saja. Selamat berlibur, SohIB!