Belanja di Luar Negeri Makin Seru dengan QRIS, Yuk, Cek Cara Menggunakannya!

Belanja di Luar Negeri Makin Seru dengan QRIS, Yuk, Cek Cara Menggunakannya!

QRIS antarnegara sebagai metode pembayaran baru di ASEAN | Sumber: bi.go.id

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Good day, SohIB! Pernah nggak sih, kamu merasa ribet saat berbelanja di luar negeri? Harus repot membawa banyak uang tunai atau kartu kredit yang bikin hati deg-degan? Tapi sekarang, dengan QRIS, semua jadi lebih mudah dan menyenangkan!

Kamu tinggal pindai kode QR di toko atau tempat usaha yang kamu kunjungi, dan transaksi bisa langsung selesai. Tidak perlu lagi membawa uang tunai yang memenuhi dompet, cukup dengan menggunakan QRIS, semuanya menjadi mudah! Menariknya, kamu tidak hanya bisa menggunakan metode ini di Indonesia saja, tapi sudah bisa di luar negeri juga, lo!

Sekarang belanja di luar negeri makin asyik dan mudah berkat QRIS. Di pertemuan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT kemarin, para pemimpin negara ASEAN sepakat banget untuk membuat jaringan pembayaran yang akan menghubungkan pembayaran ke seluruh kawasan ASEAN.

Seru banget, kan? Yuk, mari kita cek kenapa bisa QRIS dari Indonesia akan digunakan di negara lain dan bagaimana cara menggunakannya agar kita bisa belanja dengan mudah dan tanpa repot di negara-negara ASEAN ini!

Implementasi QR Cross-Border Sebagai Upaya Mempermudah Integrasi Perekonomian ASEAN

Pembayaran menggunakan QRIS
Pembayaran menggunakan QRIS | Sumber: belanja.swiperxapp.com

Implementasi Quick Response Indonesian Standard (QRIS) antarnegara atau QR Cross-border di negara ASEAN dapat terwujud karena adanya kesadaran dan kesepakatan antara para pemimpin negara ASEAN tentang pentingnya pengembangan jaringan pembayaran yang terhubung di seluruh kawasan.

Pertemuan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo yang lalu menjadi momentum penting di mana para pemimpin negara ASEAN mengakui perlunya memperkuat sistem pembayaran lintas batas guna meningkatkan kemudahan dan efisiensi transaksi lintas negara.

Sejarah dan Tujuan Terbentuknya ASEAN, Yuk Pahami Prinsipnya!

Selain itu, QRIS antarnegara menjadi solusi yang sangat relevan, lo SohIB, mengingat kepopuleran dan kegunaan teknologi QR Code dalam pembayaran digital di masa kini. Diharapkan QRIS dapat memfasilitasi transaksi lintas negara dengan mudah dan aman, serta mengurangi hambatan dan biaya yang biasanya terkait dengan transaksi internasional.

Dengan mengadopsi QRIS antarnegara, masyarakat di negara ASEAN dapat merasakan kemudahan serta kepraktisan dalam berbelanja di luar negeri, tanpa perlu khawatir tentang perbedaan sistem pembayaran yang ada di setiap negara.

Negara di ASEAN yang Sudah Mengaplikasikan QR Cross-Border

Negara yang menggunakan QRIS antarnegara
Negara yang menggunakan QRIS antarnegara | Sumber: Freepik

Sejauh ini, beberapa negara di ASEAN telah mengimplementasikan QR Cross-Border dalam upaya mewujudkan pembayaran yang lebih mudah dan praktis. Negara-negara tersebut antara lain Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Di Malaysia, QRIS antarnegara telah dapat digunakan sejak Mei 2023. Hal ini memungkinkan wisatawan dan pelaku bisnis di Malaysia untuk melakukan transaksi lintas negara dengan lebih cepat dan efisien.

Sementara di Thailand, implementasi QR antarnegara sudah dapat digunakan oleh wisatawan dan masyarakat. Sedangkan di Singapura, QR Code Payment sedang dalam proses pengembangan atau inisiasi.

Kontribusi Indonesia untuk ASEAN, Kamu Wajib Tahu!

Dengan adanya kerjasama dan pengembangan ini, diharapkan negara di ASEAN dapat saling menggunakan QR Code Payment dan memfasilitasi transaksi lintas negara dengan lebih nyaman dan mudah.

Cara Menggunakan QR Cross-Border

Agar kamu tidak binggung, yuk simak 6 langkah berikut tentang bagaimana cara menggunakan QR Cross-Border atau QR antarnegara ini!

  1. Unduh aplikasi perbankan atau jasa keuangan. Pastikan kamu memiliki aplikasi perbankan atau jasa keuangan yang mendukung QRIS antarnegara di ponsel kamu
  2. Buka aplikasi pembayaran tersebut
  3. Setelah membuka aplikasi pembayaran, pilihlah menu yang bertuliskan "Scan QRIS"
  4. Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar atau ditransfer dalam mata uang negara asal. Jika kamu berada di Malaysia, maka masukkan jumlah dalam Ringgit Malaysia, ya
  5. Setelah memasukkan jumlah nominal, sistem akan secara otomatis mengkonversinya menjadi jumlah Rupiah yang sesuai. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi tujuan pembayaran dan jumlah dalam Rupiah ini
  6. Sebagai langkah verifikasi, masukkan PIN yang terkait dengan aplikasi pembayaran, dan selesai!

Setelah SohIB mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan menerima notifikasi bahwa pembayaran dengan QRIS antarnegara telah berhasil dilakukan. Mudah banget, ya!

Itu dia penjelasan singkat kenapa QRIS bisa menjadi salah satu metode pembayaran yang mempermudah negara di ASEAN serta negara mana saja yang sudah mulai menggunakan QRIS dalam kesehariannya. Tidak lupa, kamu juga menjadi paham, kan bagaimana cara menggunakan QRIS antarnegara atau QR Cross Border jika berkunjung ke negara lainnya. Selamat berbelanja, SohIB!