7 Manfaat Ampas Teh, Bisa untuk Kecantikan dan Media Tanam!

7 Manfaat Ampas Teh, Bisa untuk Kecantikan dan Media Tanam!

Ampas teh bisa digunakan untuk berbagai hal | Sumber: Drew Jemmett

Siapa yang suka minum teh? Kalau SohIB adalah penikmat minuman yang sehat ini, jangan buang ampas tehmu, sebab ia tetap memiliki segudang manfaat. Wah, apa saja, nih?

Manfaatkan Ampas Teh untuk Penyubur Tanaman

Kalau kamu melihat di tayangan-tayangan YouTube, cukup banyak orang yang memanfaatkan tanaman kering atau ampas organik sebagai bahan penyubur tanaman dan teh adalah salah satunya.

Ampas teh diketahui menyimpan kandungan nitrogen yang baik dan gampang diserap untuk proses pertumbuhan tanaman. So, setelah ini, jangan buru-buru membuang limbah dari teh dan manfaatkan untuk itu, ya!

Ampas Teh Bagus untuk Masker Wajah

Ampas teh bagus untuk perawatan wajah
Ampas teh bagus untuk perawatan wajah | Sumber: Unsplash (Igor Miske)

Diwartakan dari Halodoc, ampas teh mengandung vitamin C dan E yang bagus sekali untuk kulit. Belum lagi ia kaya akan antioksidan yang baik untuk sirkulasi dalam darah dan menunda penuaan dini. Nggak heran, banyak orang memanfaatkannya sebagai isian masker wajah.

Kamu dapat mengombinasikan limbah padat teh ini dengan berbagai bahan organik lainnya untuk kompres wajah, misalnya dengan timun, madu, oatmeal, dan lainnya. Namun, disarankan untuk selektif dalam memilih bahan pendamping yang alami. Sebab, salah-salah bisa menyebabkan iritasi karena terlalu asam untuk kulit.

Bisa Jadi Pengharum Ruangan!

Bagi sebagian orang, bau-bauan teh memberikan efek menenangkan ketika dihirup. Nah, SohIB bisa mengalihfungsikan ampas teh untuk pengharum ruanganmu. Caranya adalah dengan menaburkan teh yang sudah kering ke berbagai tempat yang dituju atau akan dinetralisir baunya, misalnya kamar mandi, dekat tong sampah, kamar, atau ruang tamu.

Tempatkan pada satu kotak terbuka agar tidak mengotori ruangan dan gantilah secara berkala jika bebauan wangi teh sudah mulai pudar.

Cara Klaim Alat Kesehatan dari BPJS, Ini Detailnya!

Semprotan Anti Jamur

Dikatakan bahwa teh mempunyai sifat anti jamur yang bisa kita gunakan untuk menghilangan jamur pada tanaman. Pilihlah teh yang berasal dari teh hijau atau teh chamomile untuk hasil yang lebih maksimal.

Menyamarkan Dark Circle di Area Bawah Mata

Ampas teh bisa menyamarkan warna hitam di bawah mata
Ampas teh bisa menyamarkan warna hitam di bawah mata | Unsplash (Chris Knight)

Ampas teh mengandung kafein dan beberapa nutrisi lain yang efektif dalam mengusir lingkaran hitam dan pembengkakan di bawah mata. Caranya adalah siapkan dua kantong teh celup (boleh yang sudah dipakai) dan dinginkan dalam lemari es. Bila sudah cukup dingin (sekitar 30 menit), kompreskan pada titik yang kamu kehendaki. Ulangi secara berkala sampai SohIB mendapatkan hasil yang maksimal.

Waspada, 6 Bahaya Tidur Setelah Makan Bagi Kesehatan!

Menyembuhkan Jerawat

Bagi penyuka perawatan wajah pastinya tahu bahwa skincare yang berkomposisi tea tree biasa digunakan pada kulit yang berjerawat. Hal itu karena memang teh mempunyai anti inflamasi dan pencegah jerawat yang baik berkat Epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

So, ampas teh bisa kamu manfaatkan pula untuk menjadi masker pengempisan jerawat bila dibutuhkan.

Membantu Eksfoliasi Secara Alami

Dikutip dari situs Teh Sari Wangi, eksfoliasi adalah salah satu teknik untuk mengangkat sel kulit mati ketika membersihkan kulit wajah yang akan memberikan efek lebih cerah pada kulit. Dan ampas teh yang teksturnya cukup kasar bisa menjadi eksfoliator alami, nih!

Caranya simpel banget, SohIB! Gunakan ampas teh yang masih basah dan taburkan ke kulit sembari menggosok-gosoknya dengan ringan. Akan lebih baik jika kulitmu dalam keadaan lembab sehingga tidak menyakiti kulit. Diamkan sampai beberapa menit sebelum akhirnya basuh dengan air bersih.

Membantu Rumput yang Mati Segar Kembali

Ampas teh mengandung nutrisi yang baik untuk tanaman
Ampas teh mengandung nutrisi yang baik untuk tanaman | Sumber: Unsplash (Pankaj Shah)

Yang sudah tidak terpakai bukan berarti tak lagi berguna. Seperti pada penyubur tanaman, ampas teh mengandung nutrisi tambahan yang bagus untuk disebarkan pada rumput yang mulai kering atau mati, menurut Liputan6. Caranya dengan mengombinasikan serpihan teh tersebut dengan bibit rumput untuk ditaburkan di area rumput mati.

6 Tips Mengatasi Stres di Masa Kuliah, Jaga Kesehatan Mentalmu!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, Indonesia Baik juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

 

Sumber referensi:

  • https://www.halodoc.com/artikel/4-manfaat-ampas-teh-untuk-mencerahkan-wajah
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/29/134100976/7-manfaat-ampas-teh-untuk-kebun-dan-tanaman
  • https://www.tehsariwangi.com/artikel/jangan-keburu-dibuang-ini-5-manfaat-ampas-teh-untuk-wajah
  • https://www.liputan6.com/hot/read/5307694/jangan-dibuang-ini-6-manfaat-ampas-teh-untuk-kecantikan?page=2
  • https://hellosehat.com/mata/perawatan-mata/manfaat-kantong-teh-celup-untuk-mata/