Kiat Sehat dalam Menyantap Makanan Cepat Saji

Kiat Sehat dalam Menyantap Makanan Cepat Saji

Makanan Cepat Saji. Foto: Pexels (Daniel Reche)

Menghindar dari makanan cepat saji emang tantangan banget, guys. Selain enaknya nggak tertolong, makanan cepat saji juga gampang banget dijumpai di sekitar kita. Namun, meskipun makanan favorit kita ternyata kurang baik buat kesehatan, kita mesti lebih jaga diri, dong. Tetap harus mikirin soal kesehatan, kan itu yang nomor satu.

Walau begitu, menghindar dari makanan cepat saji itu nggak seru banget, deh. Apalagi kalau itu adalah makanan kesukaan kita. Namun, jangan sampai kita mengabaikan kesehatan tubuh kita, ya. Karena faktanya, dengan cara yang pas, kita masih bisa kok, menikmati makanan cepat saji yang lezat itu.

Kiat Menyantap Makanan Cepat Saji

Bagi sebagian orang, tempat makan cepat saji itu biasanya suka dihindari. Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang menganggap makanan di situ semuanya berlemak dan bikin kolestrol naik. Namun ternyata, nggak semua menu di restoran cepat saji kayak gitu, kok. Yang penting, kita mesti cerdas nih, pilih menu yang tepat agar kalori yang masuk tidak berlebihan. Contohnya gimana?

1. Burger

Burger
Burger. Foto: Pexels (Polina Tankilevitch)

Biar nggak menambah kalori berlebih, kita bisa memilih menu yang simpel aja, kayak kids menu gitu, deh. Makanan simpel juga tetap lezat. Nah, dengan memilih menu yang simpel, setidaknya kita bisa mengurangi sekitar 200-300 kalori dari menu burger yang lebih besar.

Kalau ditawari macam-macam side dish, coba deh, pilih salad sama sayuran untuk jadi opsi. Selain sehat, pilihan ini juga banyak kandungan serat, vitamin, dan mineral yang bagus buat badan. Terus, pilihan ini juga bisa mengurangi kalori yang kita konsumsi, lho.

Minuman juga penting, guys. Cobalah untuk menghindari minuman bersoda dan pilih yang lebih sehat aja. Kopi, teh tanpa gula, atau air putih, itu jauh lebih oke. Soalnya, minuman bersoda biasanya banyak gula ekstranya. Nah, pilihan yang lebih sehat ini solusinya.

2. Ayam Goreng

Ayam Goreng
Ayam Goreng. Foto: Pexels (Valeria Boltneva)

Kalau mau makan ayam goreng, memilih bagian dada itu pilihan pintar, sih. Karena dada ayam paling sedikit lemaknya. Dada ayam juga enak banget, rasanya nggak berat, dan kaya protein yang bagus buat tubuh kita. Akan lebih baik jika SohIB mau menyisihkan kulit ayamnya. Kulit ayam itu punya banyak lemak dari proses penggorengan.

Biar nutrisinya makin seimbang, coba deh, tambah lagi sumber serat. Makanan pendamping buat ayamnya bisa berbagai macam sayuran, misalnya tomat atau kubis. Seratnya bisa melancarkan pencernaan, membuat kenyang, dan mengatur gula darah. Ayam dada plus sayuran jadi makanan yang seimbang dan sehat.

3. Pizza

Pizza
Pizza. Foto: Pexels (Kristina Paukshtite)

Pizza kan penuh karbohidrat. So, agar nggak kebanyakan karbohidrat, coba deh pilih pizza yang adonannya lebih tipis. Selain buat mengurangi karbohidrat, adonan tipis bikin pizza terasa ringan dan bisa mengurangi kalori juga.

Biasanya, pizza kan punya banyak pilihan topping. Nah, memilih topping yang banyak sayur itu bagus. Sayur menyeimbangkan nutrisi, karena di dalamnya ada serat dan vitamin yang dibutuhkan untuk badan kita. Sayuran yang biasanya ada di pizza, seperti  paprika, jamur, tomat, atau bayam, tetap mampu menghasilkan rasa yang enak pada pizza, lho.

4. Kentang Goreng

Kentang Goreng
Kentang Goreng. Foto: Pexels (Dzenina Lukac)

Kentang goreng itu camilan yang mampu menggoyangkan lidah. Untuk menjaga kesehatan, pilih kentang yang dipotong lebih tebal. Minyaknya yang meresap saat digoreng menjadi lebih sedikit. Ini bertujuan agar lemak yang masuk dari kentang gorengnya juga nggak kebanyakan.

Selain itu, kentang itu kaya karbohidrat, jadi pesan secukupnya aja. Porsi yang kecil juga dapat membantu mengurangi kalori yang masuk ke tubuh kita.

5. Makanan Cepat Saji Lainnya

Memilih makanan cepat saji yang lain juga sebaiknya lebih teliti. Kita bisa batasi atau pesan komponen yang rendah lemak atau kalori. Kalau bisa, pilih sampingan yang isinya buah atau sayur. Oh iya, jangan lupa juga soal minuman, usahakan jangan kebanyakan gula, ya. Yang berlebihan itu nggak bagus, jadi tetap perhatikan porsinya, agar pas.

Menyisati Pola Makan Lebih Sehat

Mengatur pola makan itu penting banget demi menjaga nutrisi di tubuh. Sebab, seringkali makanan cepat saji itu dianggap membuat nggak sehat dan memicu sakit. Namun, setelah paham, ternyata itu nggak berlaku kalau kita tahu caranya. Kalau sudah tahu triknya, nggak perlu khawatir lagi.

Dikutip dari Susu Kambing Merapi, bila SohIB mengonsumsi makanan cepat saji saat istirahat kerja, siasati dengan makan malam yang komponennya lebih banyak buah dan sayurnya. Atau bisa juga minum susu secara rutin. Susu mengandung kalsium, protein, serta berbagai vitamin dan mineral yang bisa memberi banyak nutrisi yang nggak ada di makanan cepat saji.