7 Kuliner Semarang yang Wajib Dicoba! Ada Es Puter Conglik hingga Tahu Petis!

7 Kuliner Semarang yang Wajib Dicoba! Ada Es Puter Conglik hingga Tahu Petis!

Tahu Petis | Sumber: instagram.com/petistahubususi

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Halo, SohIB di sini ada yang hobi jalan-jalan dan kulineran, nggak? Kalau iya, yuk kita langsung mampir ke Ibukota Jawa Tengah, yaitu Kota Semarang! Banyak yang bilang, kalau Semarang itu merupakan kota surga bagi pecinta kuliner, lo. Nggak heran, sih karena di Semarang memang hadir beragam budaya, sehingga tentu memiliki banyak kuliner juga. Mulai dari tahu petis, wingko babat, soto Semarang, hingga bandeng presto.

Tidak hanya makanan, Semarang juga punya minuman khas yang legendaris, lo. Ada es puter conglik, wedang kacang tanah, cao, wedang tahu, dan masih banyak lainnya. Apalagi ditambah masyarakat Semarang yang ramah, santun, dan penuh toleransi. Pokoknya kalau SohIB sudah pernah ke Semarang, rasanya ingin balik lagi berkunjung ke sana, deh! 

Oh yaa satu lagi, Semarang juga menyimpan sejarah serta peninggalan bangunannya yang estetik, lo. Jadi, bakal merasa betah kalau jalan-jalan dan kulineran di Semarang dengan menikmati suasana kotanya. Nah, kira-kira kuliner apa saja yang wajib dicoba, ya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Tahu Petis

Tahu Petis
Tahu Petis | Sumber: instagram.com/tahupetisrahajoe

Kuliner pertama dari Semarang, yaitu ada tahu petis! SohIB sudah pernah coba tahu yang satu ini? Tahu petis merupakan jajanan khas Semarang berupa tahu yang diisi dengan petis hitam. Bagi kamu yang belum pernah coba, petis hitam ini terbuat dari udang segar dan cumi dengan rempah-rempah yang bikin rasanya nagih! Umumnya, rasa tahu petis itu gurih dan sedikit pedas. Buat SohIB yang penasaran ingin mencicipi, bisa mampir ke Tahu Petis Prasojo di Simpang Lima, Semarang.

2. Soto Bangkong

Soto Bangkong
Soto Bangkong | Sumber: instagram.com/mela_agustiana

Setelah jajan tahu petis, yuk kita mampir ke Rumah Makan di Jl. Brigjen Katamso, Semarang yang terdapat kuliner soto bangkong! Kuliner ini merupakan makanan legendaris, lo SohIB karena nama bangkong sendiri merupakan nama Perempatan Bangkong yang telah ada sejak tahun 1950. 

Yang menjadikan soto khas semarang berbeda adalah kuahnya bening dengan isian berupa irisan tomat segar, suwiran ayam, tauge, bihun, serta taburan bawang goreng yang disajikan di dalam mangkuk tinggi kecil. Tak lupa, soto di Semarang mempunyai ciri khas yang dilengkapi dengan sate kerang, sate ayam kecap, juga perkedel. Hmm, pasti nikmat!

3. Es Puter Conglik

Es Conglik Semarang
Es Conglik Semarang | Sumber: instagram.com/foodgallerybdg

Kalau sudah kepanasan dan kepedasan nyobain jajanan tahu petis dan soto bangkong, kita mampir beli es puter conglik, yuk SohIB! Kuliner yang berlokasi di Karangkidul, Semarang Tengah ini merupakan minuman legendaris yang memiliki varian rasa, yaitu duren, alpukat, coklat, dan kelapa muda. Es puter conglik cocok banget dinikmati saat panas di siang hari karena rasanya yang segar manis perpaduan buah siwalan, kelapa muda, pacar cina, dan potongan roti. Wah, terbayang segarnya kaya apa!

7 Makanan Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

4. Nasi Goreng Babat Gongso

Nasi Goreng Babat
Nasi Goreng Babat | Sumber: instagram.com/wisnu_rerekitchen

Siapa yang tidak kenal dengan nasi goreng babat gongso? Kuliner ini merupakan nasi goreng yang ditambahi dengan potongan babat atau kulit sapi bagian lambung. Umumnya, pedagang nasi goreng ini ada yang mengerok babat dan ada juga yang tidak. Bumbu khas dari nasi goreng babat gongso di antaranya, ada terasi, kecap, bawang putih, dan bawang merah.

Bagi SohIB yang mau merasakan lebih nikmat, bisa minta tambah telur orak arik ke dalam nasi goreng babat ini. Beuh, rasanya dijamin gurih dan nagih! Kuliner nasi goreng babat gongso yang terkenal bisa ditemukan di jalan Pemuda, namanya Nasi Goreng Pak Karmin Mberok. Jangan lupa mampir untuk kulineran di sini, ya SohIB!

5. Es Pankuk

Es Pankuk Semarang
Es Pankuk Semarang | Sumber: instagram.com/my_rempong

Nama es pankuk merupakan istilah bahasa Inggris, yakni pancake yang berarti kue dadar. Sama dengan kuliner Semarang lainnya, es pankuk ini sudah ada sejak tahun 1950-an, lo SohIB! Bahkan, penyajian minuman legendaris ini masih sama dengan alat yang saat ini sudah cukup modern. Rasanya manis dan segar yang dihidangkan dengan es krim, roti tawar, dan irisan pankuk tipis. Buat kamu yang mau coba, bisa jajan es ini di jalan Tanjung, Sekayu, Semarang.

6. Garang Asem

Garang Asem Semarang
Garang Asem Semarang | Sumber: instagram.com/resepmasakan077

Sudah pernah coba garang asem? Kuliner ini juga merupakan makanan khas Semarang berupa ayam berkuah santan dengan belimbing wuluh dan cabai. Sesuai namanya, garang asem ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Biasanya disajikan dengan nasi hangat beserta pelengkapnya, seperti sate jeroan, tempe, dan perkedel. Buat SohIB yang mulai lapar saat traveling ke Semarang bisa mencicipi masakan ini karena mudah ditemukan di restoran dan rumah makan.

7 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Jangan Dibawa Ketika Travelling, Serba Repot!

7. Wedang Kacang Tanah

Wedang Kacang Merah
Wedang Kacang Merah | Sumber: instagram.com/ratujajan_

Nggak mau ketinggalan, ada juga kuliner khas Semarang yang cocok dinikmati saat udara dingin, yaitu wedang kacang tanah. Minuman ini berbahan utama dari kacang tanah yang direbus hingga menjadi sari. Kemudian ditambah dengan rempah-rempah nikmat yang menjadikan wedang kacang tanah ini terasa manis, segar, dan menghangatkan tubuh. Buat SohIB yang mulai capek dan ingin merelaksasi tubuh dengan minuman, bisa coba wedang kacang tanah yang mudah ditemukan di Semarang.

Nah, itu dia tujuh kuliner khas Semarang yang wajib kamu coba. Ada banyak dan variatif! Mulai dari jajanan manis, minuman segar, hingga makanan berat yang mengenyangkan. Semuanya tentu akan memberikan cita rasa khas Semarang dan bikin nagih buat mencicipi lagi! Kalau main ke Semarang, jangan lupa cobain kulinernya, ya SohIB!