Kemdikbud Ristek Punya 3 Pelatihan Gratis yang Bisa Kamu Ikuti, Apa Saja?

Kemdikbud Ristek Punya 3 Pelatihan Gratis yang Bisa Kamu Ikuti, Apa Saja?

Barista juga termasuk dalam uji sertifikasi kompetensi dari Kemdikbud | Sumber: Unsplash (Tyler Nix)

Hei, SohIB!

Kamu sudah tahu belum, kalau Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ternyata punya tiga program pelatihan gratis yang bisa kamu ikuti, lo! SohIB bisa menyesuaikan mana yang menjadi kebutuhanmu. Kursus ini khususnya disasarkan pada masyarakat Indonesia yang berada di bangku sekolah hingga kuliah.

Namanya adalah Program Kecakapan Kerja (PKK), Program Kecakapan Wirausaha (PKW), dan Program Uji Kompetensi (UJK).

Yang lebih menarik, pelatihan yang diberikan ‘nggak hanya’ berkisar di bidang akademik, melainkan juga kecakapan yang sangat diperlukan bagi industri masa kini. Contohnya saja menjadi ahli tata busana, pemain musik, master of ceremony (MC), perhotelan dan kapal pesiar, sampai dengan bordir dan sulam.

Hayo, SohIB penasaran dengan programnya? Sini-sini, cek artikel di bawah, ya.

Gunung Api dengan Waktu Erupsi Terpanjang di Dunia, Ada yang dari Indonesia, nih!

Program Kecakapan Kerja (PKK)

Program Kecakapan Kerja (PKK) | Sumber: Kemdikbud Ristek
Program Kecakapan Kerja (PKK) | Sumber: Kemdikbud Ristek

Berdasarkan laman resminya, program PKK yaitu program layanan pendidikan dan pelatihan yang berorientasi pada pengembangan keterampilan kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri. 

Pelatihan tersebut diberikan kepada peserta didik agar memiliki kompetensi di bidang keterampilan tertentu yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi untuk bekerja dan terserap di dunia usaha dan industri (DU/DI).

Berdasarkan peraturannya dalam panduan Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah Program PKK, mereka yang boleh mendaftar adalah anak usia sekolah tidak sekolah (ATS), usia antara I7—25 tahun dan masih menganggur, serta diutamakan dari keluarga tidak mampu atau pernah menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Proses pembelajarannya dilakukan secara hybrid, yakni memadukan sistem online (untuk teori) dan offline (untuk praktik).

Lantas, apa yang akan dipelajari oleh peserta PKK?

Pembelajaran teori:

  1. Pendidikan karakter.
  2. Peraturan ketenagakerjaan.
  3. Teori pendukung pendidikan keterampilan.
  4. Materi Bahasa asing (khusus Platinum).

 

  1. Pembelajaran praktik:
  2. Penerapan pendidikan karakter.
  3. Praktik keterampilan.
  4. Praktik berbahasa asing (khusus Platinum).
  5. Evaluasi pembelajaran oleh lembaga penyelenggara.

Gimana menurut kamu, SohIB, mau mendaftar kapan, nih?

Media Digital Makin Dominan, Ini Keuntungannya!

Program Kecakapan Wirausaha (PKW)

Program Kecakapan Wirausaha (PKW) | Sumber: Kemdikbud Ristek
Program Kecakapan Wirausaha (PKW) | Sumber: Kemdikbud Ristek

Program PKW adalah layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan menumbuhkan sikap mental wirausaha dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal untuk berwirausaha.

So, apa bedanya sih, PKW dengan PKK? Meskipun sasarannya sama-sama masyarakat Indonesia yang usianya muda dan produktif, tetapi PKW lebih berfokus pada pengembangan skill wirausaha individu dengan berbagai aspek. Sedangkan PKK mengembangkan keterampilan peserta sesuai dengan bidang industri yang dibutuhkan.

Program Uji Kompetensi (UJK)

Program Uji Kompetensi (UJK) | Sumber: Kemdikbud Ristek
Program Uji Kompetensi (UJK) | Sumber: Kemdikbud Ristek

Kalau SohIB ingin meningkatkan kapasitas bidang yang sudah digeluti ke level yang lebih tinggi, maka kamu bisa mendaftarkan diri pada Program Uji Kompetensi (UJK). 

Program UJK adalah Uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) dan diikuti oleh peserta didik kursus, pelatihan, serta masyarakat yang belajar mandiri untuk memperoleh sertifikat kompetensi.

Merujuk pada situsnya, UJK sudah bekerja sama dengan 44 lembaga, di antaranya adalah LSK Broadcasting, LSK Tata Boga, LSK Barista, LSK Fotografi Indonesia, LSK Musik, dan LSK Penerbangan Indonesia.

Btw, peserta UJK ini sudah mencapai 139249 orang lo, sejak diberdirikan. Lembaga sertifikasinya pun juga telah tersebar di 1749 lokasi di Indonesia dengan 2033 penguji kompetensi.

Untuk lebih detailnya, kamu bisa mengunjungi laman ini dan cek mekanisme pendaftaran bagi ketiga pelatihan yang sudah disediakan oleh Kemdikbud Ristek ini, ya!

Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Gampang Banget, lo!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)