Lihat 5 Keindahan Wisata Labuan Bajo yang Jadi Tuan Rumah KTT Asean!

Lihat 5 Keindahan Wisata Labuan Bajo yang Jadi Tuan Rumah KTT Asean!

Surga Tersembunyi di Indonesia Timur | Sumber: Indonesia Travel

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi sebelum 

Halo, SohIB! Pernah dengar daerah yang dijuluki surga tersembunyi di Indonesia Timur? Ya, betul! Labuan Bajo namanya. Pada Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT yang ke-42 ASEAN ini akan dilaksanakan di sana, lo! Tepatnya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

KTT ASEAN tahun ini spesial, lo SohIB! Bersamaan dengan menjadi tuan rumah, uniknya wisata Labuan Bajo juga bisa dikenal dunia. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, saat menyampaikan keterangan pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (25/4/23).

"Tentunya ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk promosi Labuan Bajo ke ASEAN dan dunia," ucap Menlu Retno.

Kira-kira ada keunikan apa saja di Labuan Bajo, ya SohIB? Yuk, lihat 5 keindahan wisata Labuan Bajo yang jadi tuan rumah KTT ASEAN ini!

1. Pulau Kalong

Pulang Kalong
Pulang Kalong Labuan Bajo | Sumber: Opentrip.id

Sesuai namanya Pulau Kalong, di sini merupakan rumah bagi kelelawar. Saat sore hari, SohIB bisa melihat sunset yang menakjubkan ditemani ribuan kalong. Beuh, membuat suasana langit senja jadi magis! Sama halnya saat siang hari, aktivitas harianmu di pulau ini juga dibersamai kalong yang tidur bergelantung di bawah batang pohon.

7 Rekomendasi Wisata Alam Tasikmalaya, Cocok Buat Libur Lebaran!

2. Taka Makassar 

Taka Makassar Labuan Bajo
Taka Makassar Labuan Bajo | Sumber: Komodowisata.com

Buat SohIB yang hobi snorkeling atau diving, tepat banget untuk mengunjungi wisata alam yang satu ini. Taka Makassar merupakan pulau kecil berbentuk angka sembilan di tengah-tengah lautan. Pesona keindahan alam di bawah lautan Taka Makassar nggak main-main. Kamu akan melihat ragam hewan dan tumbuhan laut yang sangat indah! Jangan lupa untuk selalu jaga kelestarian alam kita, ya!

3. Manta Point Labuan Bajo

Manta Point Labuan Bajo
Manta Point Labuan Bajo | Sumber: Tour Labuan Bajo

Selain snorkeling melihat keindahan bawah laut Taka Makassar, di Labuan Bajo kamu juga akan diajak melihat dan berenang bersama Manta Ray, yaitu ikan pari khas Indonesia Timur. Nggak perlu ragu buat SohIB yang ingin bermain bersama manta. Kamu diperbolehkan menyentuh dan memberi makan manta-manta yang panjangnya bisa mencapai 3 m ini. Namun, tetap hati-hati, ya SohIB.

10 Destinasi Wisata Keren Di Bandung, Apa Saja?

4. Pantai Pink Labuan Bajo

Pantai Pink Labuan Bajo
Pantai Pink Labuan Bajo | Sumber: The World Travel Guy

Pantai Pink atau Pink Beach Labuan Bajo memang begitu cantik dan memesona. Biru jernihnya air laut dipadu dengan pasir pantai berwarna merah muda, menambah keelokan pemandangan pantai yang bikin betah berlama-lama di sini. Warna merah muda pasir di Pink Beach ini berasal dari terumbu karang berwarna merah bernama homotrema rubrum.  

5. Pulau Rinca

Pulau Rinca
Pulau Rinca | Sumber: hipwee.com

Nah, ini dia Pulau Rinca yang menjadi destinasi menarik untuk melihat Komodo. Nggak heran kalau banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau eksotis ini. Di Labuan Bajo tepatnya Pulau Rinca, SohIB bisa melihat langsung kehidupan satwa endemik ini. Meskipun bisa melihat langsung, SohIB perlu hati-hati dan selalu didampingi ranger, ya karena Komodo termasuk satwa liar.

Setelah mengetahui keindahan Labuan Bajo, jadi makin ingin berkunjung ke sana, ya SohIB. Apalagi pulau sejuta pesona ini akan menjadi tuan rumah KTT ASEAN 2023. Wah, tentunya kita harus bangga dan mendukung kemajuan pariwisata Indonesia, ya SohIB!

Semoga dengan adanya Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN 2023 di Labuan Bajo pada bulan Mei mendatang, bisa membuka kesempatan luas bagi Indonesia mengenalkan keindahan pariwisatanya pada dunia. Yakin bisa karena Indonesia hebat!