Mendagri Tito Sarankan Masyarakat Ganti Beras, Ini 8 Karbohidrat Alternatif Pengganti Nasi!

Mendagri Tito Sarankan Masyarakat Ganti Beras, Ini 8 Karbohidrat Alternatif Pengganti Nasi!

Nasi putih sebetulnya mengandung gula yang cukup tinggi | Sumber: Unsplash (Pille R Priske)

Harga beras putih melonjak tinggi! Dilaporkan dari Badan Pusat Statistik (BPS), harga bahan makanan pokok masyarakat Indonesia tersebut meningkat hingga 5,61 persen untuk yang tingkat eceran per September 2023. Kemudian pada penggilingan, kenaikan bisa mencapai 27,43 persen per tahun dan 21,02 persen per tahun untuk grosiran. Angka itu disebut sebagai kenaikan tertinggi sejak 5 tahun terakhir. Duh, serem juga!

Sebab itulah, Menteri Perdagangan Dalam Negeri, Tito Karnavian, menyarankan masyarakat untuk beralih dari beras putih ke sumber karbohidrat lainnya, seperti ubi, sukun, sampai dengan sorgum. Selain sama-sama mengenyangkan, makanan-makanan tersebut bisa dikatakan lebih sehat daripada nasi, nih!

Lantas, apa saja sih, sumber karbohidrat selain nasi yang bisa kita konsumsi dan mudah ditemukan di Indonesia? Sini deh, cek artikel di bawah ini, ya!

Jagung

Jagung adalah salah satu bahan makanan pokok paling populer di masyarakat kita. Ia sangat kaya akan serat, lemak, protein, berbagai vitamin, kalium, folat, dan lainnya. Cara penyajiannya pun simpel, bisa dikukus, dipanggang, atau dijadikan sebagai camilan ringan. Namun, perhatikan cara pengolahannya, ya. Kalau kamu ingin menjadikan jagung sebagai popcorn, perhatikan perasa campurannya.

Sagu

SohIB pernah mengenal makanan bernama tiwul, mi, bubur sagu, atau papeda? Yup, makanan tersebut berasal dari tepung sagu. Mengandung kalsium, mineral, protein, serat, dan vitamin C, kamu dapat memanfaatkan bahan pokok khas wilayah Timur itu untuk pengganti nasi.

Jagung adalah salah satu makanan karbo yang mudah diolah
Jagung adalah salah satu makanan karbo yang mudah diolah | Sumber: Unsplash (Wouter Supardi Salari)
5 Manfaat Mengonsumsi Ikan, Makanan yang Kaya Akan Nutrisi

Sorgum

Sorgum memang belum begitu dikenal di negara kita, padahal makanan tersebut termasuk dalam karbohidrat sehat yang bebas gluten. Bentuknya bulat-bulat kecil berwarna kuning pucat. Di dalamnya, terdapat asam fenolat yang berperan sebagai anti inflamasi dan antioksidan untuk mencegah kanker serta penyakit berat lainnya.

Kentang

Siapa sih, yang tidak suka dengan karbohidrat yang satu ini? Kentang punya segudang nutrisi penting yang baik ketika dicerna oleh manusia, seperti omega-3, omega-6, kalium, protein, dan zat besi.

Karena padat, ia menimbulkan efek kenyang ketika dikonsumsi. Selain itu, tentu saja kentang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan, menyantap beberapa menu tertentu rasanya kurang lengkap tanpa kentang, misalnya steak, sambal balado, semur daging, dan masih banyak lagi.

Ubi

Karbohidrat yang kaya akan antioksidan ini punya banyak jenis, misalnya ubi cilembu, ubi kayu, ubi jalar ungu, ubi jalar putih, dan masih banyak lagi. Rasanya tidak begitu manis (kecuali ubi madu), sehingga biasa dipilih sebagai menu orang yang sedang diet. Tentu saja, makanan tersebut sangat padat sehingga mengenyangkan biarpun makan beberapa biji saja.

Ubi direbus saja sudah lezat, apalagi diolah jadi camilan manis
Ubi direbus saja sudah lezat, apalagi diolah jadi camilan manis | Sumber: Unsplash (Ioren Biser)
Makanan yang Mengandung Sianida Alami, Harus Waspada?

Singkong

Singkong bukanlah pengganti nasi yang langka ditemukan, malah sangat mudah dicari. Disebutkan dalam laman Halodoc, kandungan gizinya mirip dengan kentang. Namun, ada baiknya kamu sedikit waspada ketika mengonsumsi singkong.

Hal ini dikarenakan ia mempunyai zat kimia yang bernama glikosida sianogen, yang mana bisa menghasilkan zat beracun sianida dalam tubuh. Akan tetapi, asalkan kamu membersihkannya terlebih dahulu dan tidak berlebihan makan, maka akan tetap aman.

Oatmeal

Oatmeal adalah karbohidrat kompleks dari biji-bijian gandum yang biasa dijadikan menu sarapan bagi sebagian orang. Makanan ini kaya akan serat, fosfor, zat besi, protein, dan zat bermanfaat lainnya. Well, oatmeal rendah gula lo, jadi nggak heran kalau sering dijadikan pilihan kudapan bagi orang yang sedang mengatur pola makan dan penderita diabetes.

Makanan tersebut dapat kamu sajikan dengan pendamping yang sehat seperti madu murni, buah-buahan, atau dibuat bubur ayam.

Sukun

Buah sukun biasanya sering kita temukan pada penjual gorengan. Warnanya kuning, bentuknya lebar, dan ada bulatan agak gelap di bagian tengahnya, sehingga dari jauh akan tampak seperti bunga matahari.

Sukun mengandung potassium, kalsium, magnesium, zat besi, vitamin C, folat, dan lainnya. SohIB dapat mengolah sukun menjadi menu yang lezat, seperti keripik, getas, getuk sukun, hingga proll sukun. Bagaimana menurutmu?

Oatmeal, makanan yang bisa mengontrol gula dalam darah
Oatmeal, makanan yang bisa mengontrol gula dalam darah | Sumber: Unsplash (Margarita Zueva)
7 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Jangan Dibawa Ketika Travelling, Serba Repot!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

 

 

Sumber:

  • https://money.kompas.com/read/2023/10/04/090940526/harga-beras-naik-mendagri-minta-masyarakat-beralih-ke-ubi-hingga-sukun
  • https://www.briliofood.net/resep/13-resep-olahan-sukun-jadi-aneka-camilan-lezat-dan-praktis-dibuat-220727n.html
  • https://www.halodoc.com/artikel/jarang-diketahui-ini-13-manfaat-buah-sukun-untuk-kesehatan
  • https://www.halodoc.com/artikel/makanan-pengganti-nasi-untuk-hidup-yang-lebih-sehat
  • https://pustaka.setjen.pertanian.go.id/index-berita/mengenal-sorgum