Disbudpar Kabupaten Bogor Gelar Peringatan Hekrafnas 2023

Disbudpar Kabupaten Bogor Gelar Peringatan Hekrafnas 2023

Hekrafnas 2023 | Sumber: Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Dalam rangka memperingati Hari Ekonomi Kreatif Nasional (HEKRAFNAS) yang pertama, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan Hekrafnas Tingkat Kabupaten Bogor dalam lingkup Disbudpar Tahun 2023.

Acara tersebut melibatkan 17 subsektor ekonomi kreatif kabupaten Bogor yang mengusung konsep Titik Temu HEKRAFNAS Bogor 2023.

Dilansir dalam laman resmi kemenparekraf, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa Hari Ekonomi Kreatif Nasional segera diusulkan bersama untuk diperingati setiap 24 Oktober.

Hal itu dinyatakan ketika sosialisasi menuju penetapan Hari Ekonomi Kreatif Nasional, di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2023).

“Ini adalah momen untuk merayakan ekonomi kreatif agar mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi kreatif secara berkelanjutan untuk menuju Indonesia Emas 2045,” kata Sandiaga.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Kemitraan, SDM dan Ekraf, Titi Sugiarti, ST. menjelaskan Disbudpar Kabupaten Bogor menggelar kegiatan pertamanya dalam peringatan Hekrafnas melalui Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bogor. Acara itu mengusung tema Warna Warni Kreatif Kabupaten Bogor. 

Pemberian Hadiah Temu Fashion Show | Sumber: Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Titi menambahkan bahwa kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata, Deni Humaedi, dan dihadiri oleh Kepala Dinas DKP, Dinas Bappedalitbang diwakili oleh Kabid PSDA, Sekertaris Dinas (Sekdis) Peternakan dan Perikanan, Kadis Koperasi dan UKM, Unsur Sekertariat Daerah dan juga Diskominfo.

Selain itu, dihadiri pula para instansi Disbudpar dan pelaku ekonomi kreatif yang berjumlah 28 peserta yang diambil dari perwakilan 17 subsektor ekonomi kreatif. Masih kata Titi, Pada dasarnya kegiatan ini spontanitas.

"Konsep dari kita, oleh kita, dan untuk kita serta mengedepankan unsur kreativitas Disbudpar, khususnya bidang ekonomi kreatif, sub koordinator, kasubag, serta seluruh tim pelaksana dari Disbudpar Kabupaten Bogor," terang Titi dalam wawancaranya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa Titik Temu dilaksanakan dalam bentuk temu fashion kreatif Kadisbudpar, para pejabat administrator, sub koordinator, fungsional, kasubag, dan pelaksana pada Disbudpar, serta per lingkup kelompok substansi bidang dan lingkup kesekretariatan.

"Jadi instansi Disbudpar serta para peserta dan tamu undangan termasuk Kepala Dinas akan menggunakan pakaian dengan konsep Smart Casual dengan mengusung tema Fashion Produk Ekonomi Kreatif Kabupaten Bogor," kata Titi.

Selain itu, diisi pula dengan mini showcase, Temu Promosi Produk Ekraf (17 Sub Sektor), Temu Seni, dan pertunjukan musik tradisional.

Adapun untuk pertunjukkan musik merupakan kolaborasi dari Kitapak Musik dan Pharaswara Etnika serta temu kolaborasi pelaku musik (Band D’Budpar).

Penampilan Musik Kitapak dan Pharaswara Etnika | Sumber: Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Kegiatan ini merupakan wujud bakti Disbudpar Kabupaten Bogor dalam mendukung percepatan dan pengembangan ekonomi kreatif di wilayah Kabupaten Bogor.

Peringatan Hekrafnas 2023 memiliki harapan agar masyarakat dapat lebih mengenal apa yang dimaksud dengan ekonomi kreatif. Dengan begitu, ke depannya masyarakat bisa bersama-sama dapat memajukan ekonomi kreatif di wilayah Kabupaten Bogor.

Subsektor lainnya juga diharapkan semakin banyak yang terlibat. Karena itu, mereka berkomitmen untuk menghimpun 17 subsektor ekonomi kreatif yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.

"Hari ini diisi dengan subsektor kriya, fashion, film dan animasi, kuliner dan musik. Kami berharap ke depan lebih banyak lagi subsektor dan pelaku ekraf yang terlibat. Sehingga dapat terbentuk kolaborasi sehingga menumbuhkan simpul-simpul ekosistem ekonomi kreatif di wilayah Kabupaten Bogor. Tentunya kita dapat bersama-sama memajukan ekonomi kreatif di wilayah Kabupaten Bogor," tutup Titi.