Kamu Masih Menganggur? Jangan Berkecil Hati!

Kamu Masih Menganggur? Jangan Berkecil Hati!

Pengangguran masih banyak di Indonesia, tetapi angkanya berkurang | Sumber: Unsplash (Thought Catalog)

Beberapa waktu lalu, banyak berseliweran di media sosial kita, terutama TikTok dan Instagram, video yang menunjukkan betapa sulitnya mencari pekerjaan di era sekarang. Ada yang memperlihatkan antrean para pelamar kerja sambil berpanas-panas ria, ada yang menangis karena belum sempat makan setelah berkeliling mencari kerja seharian, dan lainnya.

Nah, menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS) nih SohIB, pada Februari 2023, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,99 juta orang. Namun, meskipun demikian, angka tersebut sudah menurun sekitar 410 ribu orang apabila dibandingkan dengan data dari Februari 2022 lalu.

Adapun mereka yang digolongkan sebagai pengangguran, dituliskan oleh Databoks, adalah sebagai berikut:

  • Penduduk yang tak punya pekerjaan dan sedang mencari pekerjaan;
  • Penduduk yang tak punya pekerjaan dan sedang mempersiapkan usaha;
  • Penduduk yang tak punya pekerjaan dan tidak mencari pekerjaan, karena merasa tidak mungkin mendapat pekerjaan; dan
  • Penduduk yang sudah punya pekerjaan, tapi belum mulai bekerja.
7 Alasan CV-mu Ditolak HRD, Yuk, Cari Tahu!

SohIB, apakah di antara kamu juga sedang dalam situasi menganggur? Sebetulnya, setiap orang akan memiliki jalan ujiannya masing-masing. So, tidak perlu ada rasa malu atau rendah diri ketika kita dalam kondisi yang sulit dalam mendapatkan pekerjaan. Selama kamu terus berusaha dan gigih, yakinlah bahwa masa yang indah akan semakin dekat.

Bahkan, orang-orang yang kini dalam situasi yang kamu impikan, belum tentu mereka juga menemukan kenyamanan sesuai bayangan kita. Bisa jadi, orang yang sudah bekerja juga sedang struggling dengan tempatnya berkarya. Lantas, apa yang bisa SohIB lakukan sembari menunggu panggilan kerja datang?

Kuatkan Diri dan Mental

Kamu boleh untuk merasakan sedih dan tertekan dengan situasi berat ini. Apalagi, membangkitkan diri untuk tetap konsisten berusaha juga tidaklah mudah. Akan tetapi, jangan biarkan perasaan ini muncul terus-menerus dan menjebakmu untuk semakin rendah diri. Jangan berhenti berusaha. Kita tidak pernah tahu di titik mana impian semakin dekat untuk kita raih.

Banyak Bersyukur 

Menganggur juga punya banyak hikmahnya lo, guys. Kamu nantinya akan lebih menghargai setiap detiknya ketika sudah mendapat pekerjaan, karena teringat jerih payahmu dalam mendapatkan posisi tersebut. Kemudian, seringkali orang juga merasa lebih mengenal diri dan kemampuannya karena ‘waktu istirahat’ tersebut. Sebab, ia jadi banyak mengevaluasi diri dan menata kembali hidupnya.

Tingkatkan Kompetensi Diri dengan Mengasah Kemampuan

Dengan banyaknya waktu luang yang tersedia, SohIB bisa menambah keahlian dengan mengikuti kegiatan yang produktif, misalnya seminar, pelatihan, volunteering, hingga magang. Tak sedikit perusahaan atau platform yang bahkan memberikan uang saku selama kita mengikuti program mereka.

Dari sini, tak hanya skill kamu yang semakin meningkat, tetapi jaringan pertemanan di lingkup profesional makin luas, dan tentunya mendapatkan penghasilan.

Bergabung dengan Komunitas yang Bermanfaat

Join community sebetulnya sangatlah menyenangkan. Karena selain menemukan kelompok dengan minat yang sama, kita juga bisa mendapatkan insight dan berdiskusi menarik seputar bidang yang difokuskan. Namun, pastikan SohIB tidak salah memilih komunitas. Ikuti yang dapat memberikan manfaat bagi kemajuan dirimu.

7 Kesalahan dalam Pembuatan CV yang Sering Kita Lakukan

Perbaiki Kembali CV-mu

CV menjadi gerbang utama HR perusahaan ketika sedang menyeleksi calon kandidatnya. So, pelajari kembali apakah biodatamu tersebut sudah sesuai dan merepresentasikan diri dengan baik.

Beberapa kesalahan pelamar kerja ketika membuat CV antara lain adalah menggunakan template yang tidak profesional, membuat satu data diri untuk semua lamaran pekerjaan, kurang spesifik, atau informasi tidak sesuai.

Latihan Interview

Practice makes perfect. Ungkapan ini adalah benar dan akan terus berlaku dalam kehidupan kita, SohIB. Latihlah dirimu untuk lancar berwawancara, karena biasanya kandidat pelamar justru banyak yang tumbang di fase ini. Kamu dapat memanfaatkan cermin untuk melatih ekspresi wajah dan gestur tubuh, meminta orang lain untuk menilai jawabanmu, dan mencari informasi dari media sosial yang bermanfaat.

Perluas Lingkup Teman

Situasi menganggur terkadang membuat kita merasa kurang percaya diri dan khawatir bila dicemooh orang lain, padahal bisa jadi tidak seburuk itu, kok. Justru, biasanya yang sudah bekerja malah akan paham dengan dirimu, karena mereka juga pernah merasakan hal itu.

Gali banyak cerita dan pengalaman dari teman-temanmu. Jangan sungkan untuk bertanya atau berkonsultasi tentang karier. Dari sana, SohIB dapat mempelajari mana yang bisa diterapkan ketika akan melamar kerja atau sudah bekerja nanti dan mana yang perlu dihindari. Oleh sebab itu, penting juga untuk memilih lingkungan yang berpikir sehat dan positif.

10 Stadion Terbesar di Indonesia, Super Luas, loh!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

Sumber:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/05/awal-2023-ada-79-juta-pengangguran-di-indonesia