Indonesia Terpilih Sebagai Tuan Rumah World Water Forum ke-10 Tahun 2024, duh Bangganya!

Indonesia Terpilih Sebagai Tuan Rumah World Water Forum ke-10 Tahun 2024, duh Bangganya!

Indonesia sebagai tuan rumah dari World Water Forum ke—10 | Sumber: Press Release WWF 2023

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Good day, SohIB! Ada kabar gembira, nih! Kamu sudah dengar belum, bahwa Indonesia baru saja terpilih menjadi tuan rumah dari World Water Forum ke-10 yang akan diadakan tahun 2024, lo! Lokasi pastinya adalah di Bali pada 18—24 Mei 2024. Momen ini patut kita banggakan, SohIB, karena secara tidak langsung negara Indonesia berada di level prestisius sebagai negara yang serius dalam menjaga sumber daya air dan menghadapi tantangan global terkait air bersih.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum ke—10 adalah bukti pengakuan dunia atas upaya kita dalam menjaga dan mengatasi isu penting ini. Forum ini bakal jadi ajang penting untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan solusi bersama-sama dengan negara lainnya dalam upaya menjaga dan memanfaatkan air dengan berkelanjutan.

Bagi kamu yang masih binggung seperti apa sih rencana kegiatan dari forum ini dan kenapa perlu ada forum ini, yuk kita telusuri lebih dalam tentang acara ini dan betapa pentingnya World Water Forum ini!

Apa itu World Water Forum dan Urgensinya

World Water Forum
World Water Forum | Sumber: Press Release WWF 2023

World Water Forum adalah sebuah pertemuan internasional yang diadakan setiap tiga tahun sekali dengan tujuan untuk membahas isu-isu terkait air dan sanitasi di seluruh dunia. Forum ini menjadi ajang penting bagi negara, organisasi internasional, dan berbagai pemangku kepentingan yang terkait untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan mencari solusi bersama dalam menghadapi tantangan air global.

Pentingnya World Water Forum tidak bisa diabaikan lo, hal ini karena air adalah salah satu sumber daya alam yang dibutuhkan oleh semua orang namun ternyata krisis air masih terjadi dimana-mana.

Mengapa Dunia Krisis Air Bersih?

Kita tahu bahwa akses terhadap air bersih dan sanitasi yang baik adalah hak asasi manusia, kan SohIB? Nah, World Water Forum adalah platform yang tepat untuk mendorong kerjasama dari semua pihak untuk saling berdiskusi, merumuskan kebijakan, dan mencari solusi inovatif guna meningkatkan akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak di seluruh dunia

Permasalahan Indonesia tentang Kebutuhan Air

Permasalahan kebutuhan air
Permasalahan kebutuhan air | Unsplash ( J K)

Negara Indonesia sendiri terkenal sebagai salah satu negara kepulauan yang memiliki sumber daya air yang sangat melimpah. Bahkan, luas daratannya hanya 1/3 dari total wilayah Indonesia, lo. Sisa 2/3 wilayah kita adalah berupa peraian laut yang sangat luas.

Sadly, di balik kekayaan sumber daya air yang melimpah, kita masih menghadapi berbagai permasalahan terkait kebutuhan air di masyarakat, SohIB. Salah satunya adalah karena akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak masih menjadi tantangan besar di masyarakat. Masih banyak daerah di Indonesia yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih yang aman dan sanitasi yang memadai.

Di kota Jakarta sendiri, menurut informasi dari media Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PAM Jaya) menunjukkan bahwa cakupan pelayanan air bersih di Jakarta pada tahun 2022 baru mencapai sekitar 65% saja.  

Secara tidak langsung, masih banyak masyarakat yang bergantung pada air tanah untuk kebutuhan air bersih, lo. Padahal, penggunaan air tanah yang berlebihan juga bisa berpotensi menurunkan air tanah dan mengancam keseimbangan lingkungan, termasuk risiko banjir besar dan penenggelaman wilayah Jakarta. 

Saat ini pemerintah dan berbagai pihak lainnya masih terus berupaya untuk meningkatkan akses terhadap air bersih bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah-daerah terpencil.

Mengenal Urgensi World Water Forum 2024 bagi Dunia

Dengan menjadi tuan rumah World Water Forum di tahun 2024, diharapkan Indonesia memiliki kesempatan emas untuk memperkuat kerjasama dengan negara-negara lain dalam mencari solusi bersama dan memperjuangkan akses air bersih sesuai slogan “Water for Shared Prosperity” yang adil dan berkelanjutan bagi seluruh rakyat Indonesia dan global.

Diharapkan setelah memahami betapa pentingnya sumber daya air ini, SohIB bisa belajar serta meningkatkan kesadaran kepada sekitar tentang pentingnya menjaga dan mengelola air dengan baik. Bersama-sama, mari kita sukseskan World Water Forum ke-10 dan tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia  memiliki komitmen yang tinggi dalam menjaga sumber daya air untuk masa depan yang lebih baik!