Indonesia Jadi Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Bangga Banget!

Indonesia Jadi Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Bangga Banget!

Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023 di Kamboja | Sumber: aseanparasportsfed.org

Hai, SohIB! Perhelatan ASEAN Para Games 2023 di Kamboja telah usai. Seluruh cabang olahraga juga sudah menyelesaikan pertandingannya dengan hasil yang sangat memuaskan. Yes, negara kita berhasil menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 dengan perolehan medali yang nggak main-main!

5 Negara dengan Perolehan Medali Terbanyak

Salah satu kemeriahan opening ceremony ASEAN Para Games 2023 di Kamboja
Salah satu kemeriahan opening ceremony ASEAN Para Games 2023 di Kamboja | Sumber: aseanparasportsfed.org

Dikutip dari situs ASEAN Para Games 2023 pada Selasa (13/6/2023), total perolehan medali kemenangan untuk Indonesia adalah 401, yang terdiri dari 158 emas, 148 perak, dan 95 perunggu. Hal itu juga mengantarkan kita menjadi negara dengan perolehan medali terbanyak tahun ini di ajang olahraga bergengsi tersebut.

Di posisi kedua ada negara ‘Gajah Putih’ Thailand, yang berhasil mengumpulkan 126 medali emas, 109 perak, dan 94 perunggu (329 medali). Urutan ketiga ada Vietnam dengan 66 medali emas, 59 perak, dan 78 perunggu (203 medali).

Ranking keempat diisi oleh Malaysia dengan perolehan medali emas 50, perak 38, dan perunggu 34 (122 medali). Disusul Filipina dengan 117 total medali yang terdiri dari 34 emas, 33 perak, dan 50 perunggu. Di bawah itu, masih ada Myanmar, Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam, Timor Leste, dan Laos. Duh, bangga banget nggak sih, sekali lagi bendera Merah Putih berkibar dengan gagah di kancah internasional?

Indonesia Terpilih Sebagai Tuan Rumah World Water Forum ke-10 Tahun 2024, duh Bangganya!

Statistik Perolehan Medali Terbanyak di ASEAN Para Games oleh Indonesia

Dalam sejarahnya, ASEAN Para Games sudah dimulai sejak tahun 2001. Nah, selama penyelenggaraan acara kompetisi olahraga ini, tercatat kita sudah 4 kali menyabet gelar juara umum, yakni tahun 2014, 2017, 2022, dan 2023. Btw, ASEAN Para Games 2022 diselenggarakan di Indonesia lo, tepatnya di Kota Solo. 

Kala itu, antusiasme masyarakat terhadap perlombaan tersebut begitu besar, SohIB. Bahkan, Walikota Solo, Gibran Rakabuming, mengerahkan seluruh warganya, termasuk anak-anak SD hingga SMA di kotanya untuk turut berpartisipasi memeriahkan acara ini di kursi penonton.

Nggak heran, berbagai venue cabang olahraga yang tersebar di beberapa lokasi nggak pernah sepi. Selalu ramai dengan teriakan semangat dan genderang alat musik anak-anak sekolah yang ramai. Apakah kamu salah satu penontonnya?

Perolehan medali terbanyak Indonesia di ASEAN Para Games
Perolehan medali terbanyak Indonesia di ASEAN Para Games | Sumber: Indonesia Baik

Dilansir dari Indonesia Baik, secara statistik, tahun 2022 menjadi salah satu masa kejayaan atlet kita di ASEAN Para Games. Sebab, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, di 2022 tersebut kita mendapatkan medali yang paling banyak secara kuantitas, disusul dengan tahun 2023.

Padahal, di musim-musim pertandingan yang sudah berlalu, total medali yang kita dapatkan juga jumlahnya nggak sesignifikan dua tahun terakhir (meskipun pernah menjadi juara umum). Itu artinya, semangat Indonesia untuk bangkit semakin besar, di samping potensi atlet di berbagai cabang olahraga semakin luas.

Adapun dalam sejarahnya sendiri, ASEAN Para Games dibatalkan sekali, yaitu di tahun 2020 karena adanya wabah COVID-19. 

10 Geopark Indonesia yang Sudah Diakui Dunia, Keren Banget!

Negara dengan Juara Umum ASEAN Para Games Terbanyak

Negara dengan juara umum terbanyak di ASEAN Para Games
Negara dengan juara umum terbanyak di ASEAN Para Games | Sumber: Indonesia Baik

Sampai tahun 2023, total sudah ada 12 kali penyelenggaraan ASEAN Para Games. Indonesia Baik mengutip dari data ASEAN Para Sport Federation (APSF), bahwa sejauh ini, hanya tiga negara yang tercatat pernah menduduki gelar juara umum di turnamen tersebut.

Di posisi teratas ada Thailand yang pernah memperoleh juara umum sebanyak enam kali (2003, 2005, 2008, 2009, 2011, dan 2015). Kemudian, ada Indonesia yang memiliki 4 gelar juara umum (2014, 2017, 2022, dan 2023), dan Malaysia yang memenangkan satu kali gelar di kejuaraan ASEAN Para Games yang pertama kalinya (2001). Semoga, ke depannya negara kita akan semakin banyak berkesempatan meraih prestasi membanggakan lainnya, baik itu di kancah nasional maupun internasional, ya.

Kontribusi Indonesia untuk ASEAN, Kamu Wajib Tahu!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)