IKN Nusantara Mau Jadi Smart City, Pemerintah Perlu Perkuat Keamanan Siber

IKN Nusantara Mau Jadi Smart City, Pemerintah Perlu Perkuat Keamanan Siber

Keamanan siber Indonesia perlu diperkuat lagi | Sumber: Unsplash (Mika Baumeister)

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang masih dalam tahap pembangunan memang diarahkan akan menjadi kota yang cerdas atau smart city. Ini artinya, IKN Nusantara akan memanfaatkan teknologi sebagai aktivitas vitalnya sehari-hari, baik untuk pemerintahan maupun masyarakat.

Itu artinya, keamanan siber skala nasional akan menjadi perhatian utama agar rencana ini terdukung dengan maksimal. Dengan strategi yang kuat, maka cyber security akan juga akan berjalan dengan optimal.

Awas Bahaya Hacker, Amankan Handphone dengan 5 Cara Ini!

Pada Dialog Forum Merdeka barat 9 (FMB9), Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), Sulistyo, mengatakan bahwa BSSN akan membantu Presiden dalam menjalankan keamanan siber, termasuk juga pembaruan regulasi. Hal ini dikutip dari pernyataan laman Kominfo, Jumat (03/11/2023).

Dalam statement-nya, BSSN akan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan menyiapkan sumber daya manusia yang memadai. Terlebih lagi, ancaman siber masih terus membayang-bayangi negara kita. Bahkan, sekitar 42 persen–62 persen kasus kejahatan dunia maya terancam oleh malware.

Nah SohIB, untuk pedoman keamanan siber nasional, pemerintah sendiri telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 47 Tahun 2023 tentang Strategi Keamanan Siber Nasional dan Manajemen Krisis Siber pada Mei 2023 lalu. Peraturan tersebut sebagai bagian dari upaya perlindungan infrastruktur informasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kelak.

Mengapa Indonesia Rentan dengan Kejahatan Siber?

Well SohIB, dilansir dari laman Kominfo, ada beberapa alasan mengapa negara kita masih sangat mudah terkena kebocoran data. Dan lebih mengejutkannya lagi, sebetulnya ini terjadi karena andil kita juga loh, guys!

Diketahui masih banyak perusahaan, pemerintahan, dan individu yang suka menggunakan perangkat lunak atau software yang bajakan. Sehingga, ketika ada patching atau updating operasi sistem, ini membuat software menjadi nggak bisa digunakan kembali. Belum lagi jika lisensinya telah habis. Hal itu berdampak pada keamanan data yang ada punya potensi untuk dibobol.

CekRekening.id, Upaya Bersama Memberantas Kejahatan Siber Penipuan Online

"Itu banyak terjadi, penyebab kebocoran data, terutama di pemerintahan itu adalah habisnya lisensi untuk bisa melakukan proses patching terhadap software yang dipakai. Tidak hanya di perimeter security, firewall dan juga software-software yang digunakan bekerja," sebut Sulistyo dalam Kominfo.

Kemudian, perilaku masyarakat yang seringkali menampilkan informasi pribadi atau orang lain di media sosial juga menjadi masalah serius. Sebab, ini seolah-olah kita sedang ‘mempersilakan’ pelaku kejahatan siber untuk melakukan profiling data penting kita yang bisa-bisa dimanfaatkan untuk tindak kriminal. Waduh!

Inilah mengapa, SohIB perlu berhati-hati ketika akan menampilkan konten yang bersifat pribadi ke media sosial. Karena tidak semua orang bisa bijaksana menyikapi hal informasi yang kamu berikan.

Salah satu konten bisa diwaspadai adalah fitur ‘Add your story’ di Instagram yang biasanya memuat pertanyaan dan kita repost jawabannya dengan gambar atau video. Beberapa waktu lalu, banyak orang yang menjadi korban phising karena menampilkan foto kartu identitas penduduknya atau menyebutkan nama panggilan orang-orang di sekitarnya.

Foto KTP menyimpan sejumlah data diri yang penting, misalnya nama lengkap, alamat rumah, dan nomor NIK. Adapun nama panggilan ini dapat digunakan oleh penjahat siber untuk melakukan telepon penipuan yang modusnya seolah-olah adalah teman dekat SohIB.

Yuk, mulai dari sekarang, kita menjadi pengguna media sosial dan internet yang bijaksana! Ikut-ikutan trend boleh saja, asalkan kamu bisa mengukur porsinya dan sebisa mungkin hindari menyebarkan informasi yang mengundang orang lain tahu tentang kita terlalu banyak.

Heboh Isu Kejahatan Siber, Ini Tips Jaga Data Diri Kamu!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

#Makin Tahu Indonesia

 

Sumber:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/52710/keamanan-siber-jadi-kunci-membangun-kota-cerdas-ikn/0/berita