Intip Filosofi 12 Bunga Kelahiran, Penuh Cinta!

Intip Filosofi 12 Bunga Kelahiran, Penuh Cinta!

Mawar merah yang indah | Freepik (freepic.diller)

Flowers are restful to look at. They have neither emotions nor conflicts” – Sigmund Freud.

Bunga adalah salah satu simbol keindahan dunia. Memandang cantik dan indahnya bunga dapat membuat seseorang merasa tenang. Tidak heran jika banyak yang menyukai bunga dan membudidayakannya.

Dalam berbagai perayaan, bunga acapkali dijadikan hiasan atau hadiah kepada orang terkasih. Setiap bunga memiliki filosofi dan arti yang berbeda-beda. Pada beberapa kasus, pemilihan jenis bunga dianggap sangat sakral dan menyesuaikan dengan perayaan yang ada.

SohIB, bunga dapat membuat segalanya menjadi indah dan manis. Ungkapan cinta, kasih sayang, bahkan rasa terima kasih juga bisa diungkapkan lewat bunga, Romantis, ya!

Selain itu, dalam atribut keagamaan, bunga juga digunakan sebagai simbol Tuhan (Siwa). Agama Hindu menganggap bahwa bunga yang digunakan saat sembahyang adalah lambang ketulusan dan keikhlasan yang suci. Bunga juga merupakan wujud cinta kasih Tuhan kepada umatNya.

FYI, ternyata bunga juga juga dapat menggambarkan karakter seseorang lewat bulan lahirnya, loh! Bunga-bunga ini biasanya bermekaran saat bulan tertentu. Sehingga, beberapa bunga menjadi simbol kelahiran seseorang.

Faktanya, banyak orang lebih mengetahui tentang zodiak bulan kelahiran mereka dibanding bunga lahirnya, kan? Berikut 12 jenis bunga kelahiran yang wajib kamu ketahui:

bunga
Bunga-bunga yang cantik | Freepik (wirestock)

1. Januari – Bunga Anyelir

Bunga anyelir memiliki makna kebanggaan, kekaguman, dan kecantikan. Bunga ini juga memiliki simbol elegan.

Di periode Yunani Kuno, anyelir diartikan sebagai “flower of the Gods” atau bunganya para dewa. BTW, SohIB bisa memberikan bunga anyelir merah jika ingin menyatakan perasaan kepada seseorang. Warna merah pada bunga ini adalah simbol cinta yang mendalam.

Mengapa Semangka Menjadi Simbol Mendukung Palestina?

2. Februari – Bunga Violet

Bunga violet bermakna kerendahan hati, kesetiaan, cinta abadi, dan kepolosan. Sama seperti bunga anyelir, violet juga lambang untuk menunjukkan kesungguhan atau niat yang tulus kepada orang yang kamu sayang.

Bunga violet bermekaran di bulan Februari dan berwarna ungu cantik. Bentuk kelopaknya yang seperti hati sangat cocok untuk menggambarkan rasa cinta di bulan kasih sayang.

3. Maret – Bunga Daffodil

Di luar negeri, bunga daffodil dijadikan simbol untuk menyambut musim semi. Warnanya yang cerah merupakan simbol kebahagiaan, kebaikan, dan awal yang baru. Uniknya, nih, daffodil juga menjadi simbol keberuntungan.

SohIB, di Prancis, bunga ini bermakna harapan yang baik. Namun, hal ini hanya berlaku saat memberi seseorang lebih dari satu batang. Ada sebuah kepercayaan, jika kamu memberi orang terdekatmu dengan satu tangkai daffodil, orang tersebut akan bernasib buruk. Waduh!

4. April – Bunga Daisy

Daisy bermakna kepolosan, persahabatan, dan kemurnian cinta. Bunga ini dianggap sangat baik dan memiliki sifat positif karena menggambarkan karakter baik seseorang yang gemar menolong dan menjaga rahasia.

Fun fact, nih, konon, orang yang lahir di bulan ini memiliki karakter seperti bunga daisy yang cerah, polos, dan beruntung. Adakah SohIB yang lahir dan memiliki karakter manis seperti bunga daisy?

5. Mei – Bunga Lily

Bunga lily bermakna manis dan kemurnian cinta. Di era Ratu Victoria, bunga ini adalah simbol untuk kembali ke kebahagiaan. Bunga ini juga memiliki makna harapan yang baik. Bunga lily memiliki ukuran yang kecil dan aroma yang sangat harum.

Ada sebuah cerita legenda saat Siti Hawa menangis setelah diusir Tuhan dari surga. Bunga lily adalah perwujudan dari air matanya. Ada juga mitos yang mengatakan bahwa bunga lily tumbuh saat darah dari St. Leonard jatuh ke tanah saat melawan naga. Unik, ya!

6. Juni – Bunga Mawar

Siapa, sih, yang tidak mengenal mawar? Mawar merupakan simbol cinta, elegan, kecantikan, dan persahabatan. Saat kamu mendapatkan buket bunga mawar, artinya orang yang memberikan bunga itu sangat tulus.

SohIB pasti sudah tidak asing dengan bunga mawar yang kerap dijadikan bunga saat melamar seseorang. Bunga ini memang cocok untuk menggambarkan perasaan cinta yang murni kepada seseorang. Duh! Lucunya!

The Cosmological Axis of Yogyakarta, Warisan Dunia Baru Asal Indonesia

7. Juli – Bunga Lotus

Lotus menggambarkan kemurnian dan martabat. Bunga ini menunjukkan harapan yang indah. Harapan yang terpatri merupakan harapan yang tumbuh dari penderitaan. Tidak heran jika lotus memiliki simbol yang sangat positif.

Di beberapa budaya, lotus dikaitkan dengan kelahiran kembali dan pencerahan. Ibaratnya, walaupun lotus berada di air yang kotor, lotus tetap menghasilkan bunga yang cantik.

8. Agustus – Bunga Poppy

Poppy bermakna damai, kuat, dan kenangan. Bunga ini memiliki warna cerah yang sangat menarik. Setiap warnanya memiliki arti tersendiri, loh!

Di negeri Tirai Bambu, bunga poppy bermakna cinta yang mendalam. Saat mekar, bunga ini melambangkan kekayaan, kesuksesan, dan kemakmuran.

9. September – Bunga Morning Glory

Bunga morning glory menggambarkan kasih sayang yang mendalam. Selain itu, bunga cantik ini juga bisa kamu berikan kepada seseorang sebagai bentuk dukungan agar ia diberikan kekuatan dan mampu mewujudkan harapan dan mimpinya.

Warnanya yang cantik membuat bunga ini menjadi salah satu bunga favorit banyak orang. Ada yang tertarik untuk menghadiahi seseorang dengan morning glory?

10. Oktober – Bunga Cosmos

Bunga cosmos berarti ketenangan, kedamaian, dan cinta. Dalam bahasa Yunani, bunga ini berarti keteraturan dan harmoni.

SohIB, cosmos sering digambarkan sebagai perasaan cinta yang mendalam, loh! Hal ini dikarenakan aroma wangi dan warna-warnanya yang cerah dan indah.

11. November – Bunga Krisan

Bunga krisan identik dengan warna cerah yang ceria dan sangat cantik. Saat mekar, bunga ini bermakna kebahagiaan. Bahkan di Jepang, terdapat “festival kebahagiaan”, yang dirayakan untuk menghormati bunga ini.

Krisan warna merah bermakna cinta dan kasih yang dalam. Sementara itu, warna putih bermakna kepolosan dan kuning berarti cinta yang tak terbalas.

12. Desember – Bunga Poinsettia

Bunga poinsettia bermakna murah hati dan keceriaan. Seseorang yang lahir di bulan Desember dianggap seperti bunga ini karena diberkati dengan kemurahan hati.

Uniknya, nih, di luar negeri, poinsettia dikenal sebagai “Bintang Natal” karena bermekaran saat periode Natal. Warnanya merah dan hijau serta berbentuk seperti bintang menjadikan bunga satu ini identik dengan perayaan Natal.

Jumlah Pengangguran di Indonesia Terus Menurun, Kabar Baik!

Itu tadi bunga-bunga yang menjadi simbol kelahiran setiap orang. Semua bunga memiliki arti yang bagus dan indah, ya, SohIB.

Kamu bisa memberikan hadiah ulang tahun bunga yang sesuai dengan bulan lahirnya kepada seseorang yang kamu cintai agar semakin bermakna. Good luck!

#Makin Tahu Indonesia

 

 

 

Referensi:

https://s-kin.com.au/blogs/s-kin-studio-diaries/your-flower-according-to-your-birth-month

https://simpleanddainty.com/blogs/guides/birth-flowers-their-meanings