Cek Hasil UTBK-SNBT 2023 Hari Ini, Udah Tau Caranya?

Cek Hasil UTBK-SNBT 2023 Hari Ini, Udah Tau Caranya?

Dashboard utama SNPMB Kemdikbud | Sumber: SNPMB BPPP Kemdikbud

Good day, SohIB! Apa kabar?

Hasil UTBK-SNBT 2023 akan diumumkan hari ini, lo! Sejumlah surat kabar mewartakan bahwa pengumuman kelulusan calon mahasiswa yang mendaftarkan diri ke PTN dengan jalur tersebut bakal disebarluaskan pada 30 Juni 2023, tepatnya pukul 15.00 WIB.

Btw, diinformasikan dari CNN Indonesia, pengumuman ujian berbasis komputer tersebut merupakan hasil dari pelaksanaan tes gelombang I (8-14 Mei 2023) dan gelombang II (22-28 Mei 2023). Namun, keduanya serempak diumumkan kelulusannya pada hari ini. So, make sure kamu nggak lupa untuk mengeceknya!

Cara Mengecek Hasil UTBK-SNBT 2023

Jadwal UTBK-SNBT 2023
Jadwal UTBK-SNBT 2023 | SNPMB BPPP Kemdikbud

SohIB yang mengikuti SNBT dapat mengecek hasilnya nanti di portal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (SNPMB BPPP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Untuk alternatif lainnya, telah tersedia juga mirror link dari 37 PTN di Indonesia.

Di sini, kamu perlu memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir. Apabila lolos, maka yang akan muncul pada layar adalah namamu, nomor peserta, tanggal lahir, nama PTN yang diterima dan jurusannya. Akan tetapi, jika belum lolos, maka yang akan tertera di website hanyalah nama dan nomor peserta.

Namun, SohIB jangan terlalu bersedih ya, apabila belum beruntung di SNBT. Sebab, kamu masih memiliki kesempatan masuk PTN impian dengan jalur mandiri yang diadakan oleh masing-masing universitas.

6 Freelance yang Cocok untuk Mahasiswa, Kamu Wajib Tahu!

Apa Itu UTBK-SNBT?

Ujian tertulis masuk PTN kini berbasis komputer
Ujian tertulis masuk PTN kini berbasis komputer | Sumber: Unplash (Nguyen Dang Hoang Nhu)

Hingga tahun 2022 kemarin, kita masih mengenal dengan istilah SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri untuk masuk ke universitas negeri di Indonesia.

Secara singkat, SNMPTN adalah jalur masuk PTN yang mempertimbangkan bobot nilai mata pelajaran peserta selama mengenyam di bangku pendidikan SMA. So, peserta SNMPTN nggak perlu mengikuti tes tertulis apapun dan langsung masuk universitas yang dituju apabila lolos. 

Sedangkan SBMPTN adalah tes masuk PTN yang mewajibkan seluruh pesertanya mengikuti serangkaian tes tertulis dengan soal-soal akademik, bahasa Inggris, dan Tes Potensi Skolastik.

Nah, sejak tahun ini, pemerintah telah mengganti kedua nama ujian ini menjadi SNBP (jalur prestasi sebagai pengganti SNMPTN) dan SNBT (jalur tes bersama untuk menggantikan SBMPTN). Karena SNBT kini berbasis teknologi komputer, maka ujiannya dinamakan dengan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

SNBT adalah Seleksi Nasional Berbasis Tes yang merupakan menjadi salah satu jalur utama calon mahasiswa untuk masuk pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN). Atau lebih mudahnya lagi, SNBT ini adalah versi terbaru dari SBMPTN, guys!

Nah, untuk tahun ini, UTBK-SNBT 2023 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).

5 Universitas Tertua di Dunia, Sudah Tahu?

Apa Tujuan dari UTBK-SNBT 2023?

Tujuan dari UTBK SNBT 2023, apa saja?
Tujuan dari UTBK SNBT 2023, apa saja? | Sumber: Unsplash (Mikael Kistenson)

Berdasarkan situs Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru dari Kemdikbud, inilah tujuan dari adanya UTBK-SNBT 2023:

  1. Memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu; dan
  2. Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel yaitu memilih lokasi dan waktu tes.
  3. Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN secara lintas wilayah; dan
  4. Menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN.

Materi Apa saja yang Diujikan di UTBK 2023?

Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.

Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Penalaran Matematika

Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Biaya UTBK 2023 dan Jurusan yang Dipilih

Salah satu sudut kampus ITB di Bandung
Salah satu sudut kampus ITB di Bandung | Sumber: Unsplash (Zayyinatul Millah)

Kemdikbud menuliskan, biaya yang harus dikeluarkan peserta UTBK tahun ini adalah sebesar Rp200 ribu dan bisa dibayarkan pada bank pilihan, yakni bank Mandiri, BRI, BTN, BNI, dan BSI. Harap diingat bahwa uang yang sudah ditransaksikan, nggak bisa ditarik kembali dalam alasan apapun, ya. So, kamu harus berhati-hati agar tidak salah mengetikkan nominal transfer atau lainnya.

Untuk jurusan kuliahnya, SohIB diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN (Merdeka Bertanggung jawab). Gimana, kamu udah ada gambaran dan nggak bingung lagi, kan?

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Lulus Kuliah, Jangan Sampai Menyesal!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)