Mengenal FIRE Movement: Langkah Agar Dapat Pensiun Dini

Mengenal FIRE Movement: Langkah Agar Dapat Pensiun Dini

Mandiri finansial bisa dilakukan sejak usia muda | Ilustrasi: Diller/Freepik

Memiliki banyak tabungan dan menikmati hidup tanpa memikirkan keuangan pasti menjadi dambaan setiap orang dari berbagai kalangan usia.

SohIB, mungkin masih ada yang asing dengan konsep FIRE movement, atau gerakan yang bertujuan untuk mencapai kemandirian secara finansial dan mengambil pensiun dini, kan?.

Financial Independence Retire Early (FIRE) mulai ada dan santer terdengar pada 2010 silam. Saat itu, beberapa forum diskusi, blog, bahkan podcast mulai mendiskusikan dan membentuk komunitas FIRE.

Komunitas tersebut dibentuk dari berbagai macam kondisi finansial anggotanya yang kemudian berbondong-bondong untuk menceritakan perjalanannya menuju kebebasan finansial.

Bukti Kuat Kamu Sudah Merdeka Secara Finansial

Konsep FIRE Movement

Konsep FIRE ini sebenarnya mulai dipopulerkan oleh Vicki Robin dan Joe Dominguez tahun 1992. Namun, beberapa waktu terakhir, mulai banyak orang yang mencoba untuk menerapkan FIRE movement ini.

Gerakan FIRE bertujuan untuk pensiun di usia lebih awal. Umumnya, usia pensiun berkisar pada 55-65 tahun.

Kegiatan tersebut mengajarkan bahwa setiap orang bisa mengambil pensiun di usia muda atau pensiun dini. Namun, saat seseorang berani memutuskan untuk pensiun dini, ia harus siap untuk melakukan strategi penghematan dan investasi untuk mencapai tujuan tersebut.

FIRE movement memiliki prinsip untuk berhemat, menabung dan investasi, serta manajemen keuangan yang bijaksana. Ketiganya harus dijalankan bersamaan dan terstruktur.

Sebagai informasi SohIB, FIRE movement tidak selalu berarti serta mengharuskan seseorang untuk mencapai tujuan utama gerakan ini, yakni pensiun dini.

Aktivitas ini bisa saja diartikan sebagai kebebasan finansial yang bertujuan agar seseorang tidak terbebani dengan masalah keuangan pribadinya. Namun, ada juga, loh, yang mengartikan bahwa FIRE merupakan kemampuan untuk mengejar impian yang pernah terhalang karena keterbatasan finansial.

Hal ini menunjukkan bahwa FIRE movement memiliki pandangan yang berbeda, tergantung pada latar belakang dan kondisi finansial masing-masing.

Agar lebih mudah, FIRE movement bisa disebut sebagai gerakan untuk mencapai cita-cita finansial.

Cara Menerapkan FIRE Movement

Retire early
Ilustrasi seseorang yang sedang mengalokasikan uangnya | Freepik/Pressfoto

SohIB, langkah terpenting untuk melakukan gerakan ini adalah mulai menabung, investasi, dan menentukan gaya hidup.

Dikutip dari laman resmi Ojk.go.id, setiap orang mempunyai latar belakang yang berbeda dari segi keuangan. Tidak mengherankan jika setiap individu akan memiliki cara yang berbeda untuk mencapai kebebasan atau cita-cita finansialnya.

Hal yang terpenting adalah menentukan target waktu untuk mencapai FIRE. Komunitas FIRE menyebut bahwa seseorang resmi menyandang gelar kebebasan finansial saat hartanya mencapai 25 kali lipat dari penghasilannya dalam setahun.

Misalnya, seseorang mempunyai pendapatan 4 juta/bulan. Artinya, dalam setahun ia dapat mengumpulkan 48 juta dalam kurun waktu satu tahun. Agar dapat dikatakan bebas finansial, ia harus mengumpulkan uang sebesar 1 miliar lebih. Wow!

10 Langkah Mengecek Kesehatan Keuangan Para Milenial

Dari laman prudential.co.id, terdapat beberapa strategi untuk mencapai retire early ini, diantaranya:

1. Mengurangi pengeluaran dan menabung

SohIB bisa memulai dari berhemat dan menghindari impulsive buying. Beli sesuatu yang memang diperlukan atau penting saja. Kamu juga wajib membuat alokasi dana yang realistis dan menyisihkan sebagian pendapatan untuk menabung dan investasi.

2. Investasi

Berinvestasi tidak melulu tentang uang, loh! Kamu juga bisa berinvestasi lewat pendidikan. Dengan meningkatkan keterampilan dan pendidikan, hal ini akan membuka peluang yang lebih banyak untuk masa depan. SohIB juga bisa memulai untuk mengambil investasi pasif seperti reksa dana.

3. Merencanakan pensiun dini dan kemandirian finansial

SohIB wajib memperhitungkan berapa banyak pengeluaran jika kamu pensiun nanti! Kamu juga wajib memiliki rencana keuangan jangka panjang, seperti membeli rumah atau pendidikan anak.

Aplikasi Mencari Tour Guide Wisata yang Terpercaya dari Kemenparekraf

Selain itu, menyiapkan dana darurat untuk biaya tidak terduga juga tak kalah penting. SohIB harus memiliki strategi keuangan yang jelas dan mengatur alokasi pemasukan dan pengeluaran dengan bijak.

Bagaimana? Tertarik untuk bergabung dan memulai FIRE movement? Adakah SohIB yang ingin merasakan bebas finansial dan pensiun dini di usia muda? 

 

Referensi:

  • https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20562
  • https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/fire-movement/