Film Jiwa Jagad Jawi Raih Penghargaan di Ajang Internasional di Spanyol, Menparekraf Apresiasi Tinggi

Film Jiwa Jagad Jawi Raih Penghargaan di Ajang Internasional di Spanyol, Menparekraf Apresiasi Tinggi

Film Jiwa Jagad Jawi yang menenangkan banyak penghargaan di Indonesia | Sumber: Cuplikan YouTube Wonderful Indonesia

Dalam ajang The 35th World Tourism Film Awards yang diselenggarakan oleh The International Committee of Tourism Film Festival (CIFFT) di Valencia, Spanyol, film lokal, Jiwa Jagad Jawi, meraih posisi kelima untuk Countries Promotion World’s Best Tourism Film, Rabu (22/11/2023).

CIFFT merupakan malam penganugerahan bergengsi untuk film pariwisata terbaik dunia. Kali ini, sebanyak lebih dari 3000 video promosi dari 50 negara berpartisipasi dalam acara tersebut.

Ditilik dari rilis Kemenparekraf, (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya, Kamis  (23/11/2023), mengapresiasi keberhasilan film “Jiwa Jagad Jawi” yang sukses meraih apresiasi ini.

Sandiaga mengatakan, kemenangan itu menjadi penanda promosi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang semakin mendunia dan teramplifikasi. 

10 Kota Tua di Indonesia yang Cocok untuk Liburan dan Belajar Sejarah

“Seluruh tim di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sangat senang menerima pengakuan dari The 35th World Tourism Film Awards. Indonesia selalu menjadi negara yang dinamis dan berbudaya dengan banyak destinasi indah, dan kami bangga menampilkan negara indah kami melalui film,” sebut Menparekraf Sandiaga. 

Film Jiwa Jagad Jawi menangkan penghargaan internasional
Film Jiwa Jagad Jawi menangkan penghargaan internasional | Sumber: Kemenparekraf

Jiwa Jagad Jawi Borong Penghargaan di JWTFF

Sebelumnya, pada April 2023, di Japan World Tourism Film Festival (JWTFF), film Jiwa Jagad Jawi juga menyabet banyak penghargaan pada perhelatan itu. Total ada empat penghargaan yang diraih, yakni Gold Award kategori Asian Competition, Gold Award kategori Country Destination, Art & Craft Winner,  dan Grand Prix Winner 2023.

Adapun JWTFF adalah festival yang bekerja sama dengan CIFFT dan Wakayama University. Juri yang ditunjuk untuk memberikan penilaian ada sembilan orang dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Dalam ajang itu tahun ini, ada 1286 konten pariwisata dari 105 negara yang berpartisipasi.

Negara di Eropa yang Bebaskan Visa untuk Pemegang Paspor Indonesia, Akhir Tahun Liburan?

Sinopsis Film Jiwa Jagad Jawi

Dirilis oleh kanal YouTube Wonderful Indonesia pada Februari 2022, film Jiwa Jagad Jawi mengambil latar belakang berbagai tempat di Indonesia yang kaya akan budaya, khususnya candi-candi. Dikisahkan seorang gadis muda, Putu Bulan, sedang melakukan perjalanan budaya dan spiritual di Jawa Tengah. Dalam eksplorasinya itu, Putu merasakan kesadaran akan kebudayaan dan leluhur di Jawa. Film ini tidak hanya sarat akan makna budaya, tetapi juga indah karena perpaduan alunan lagu tradisional dan narasi yang dibawakan.

Kesuksesan film yang berdurasi sekitar 8 menit 11 detik itu tak lepas dari kepiawaian Ivan Handoyo sebagai penulis naskah film, Anter Asmorotedjo (pengarah seni tari), Viki Sianipar (direktur musik), Retno Damayanti (desainer kostum), Arvid Nicolas (sinematografer), dan pihak lainnya.

Adapun, narator Putu Bulan diisi dengan ciamik oleh Dominique Diyose (artis dan model) dan Butet Kertaradjasa sebagai pengisi suara Hyang Semar. Sosok tokoh Putu juga dimainkan dengan mendalam, sehingga penonton akan sangat terbuai dalam setiap menit film.

Ivan Handoyo, dalam Fimela mengungkapkan bahwa dalam proses penyusunan naskah, ia sangat hati-hati ketika mengisahkan keluhuran Tanah Jawa. Karena itu, bersama Viki Sianipar dan Julius Bramanto selaku projek inisiator dan produser, mereka melakukan napak tilas dan riset. Proses itu dibantu dengan Bagyo Indrijanto dan Dian Kusumaningtyas sebagai penasehat budaya Jawa.

“Proses ini merupakan bagian dari keniscayaan, dimana tema yang kita angkat adalah epicentrum tradisi tanah jawa dan nusantara di masa itu, yakni kemegahan Borobudur dan Keluhuran Jawa, kita melakukan dengan penuh seksama,” sebut Ivan sebagaimana yang dituliskan dalam Fimela.

Indonesia jadi Bahasa Resmi di UNESCO, Bangga Banget!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

#Makin Tahu Indonesia

 

Sumber:

  • https://www.fimela.com/lifestyle/read/5257434/mengenal-sang-maestro-film-jiwa-jagad-jawi-peraih-4-penghargaan-prestius-di-jwtff-2023?page=3
  • https://katadata.co.id/intan/lifestyle/6451ab7729994/sinopsis-film-jagad-jawi-hingga-meraih-4-penghargaan-internasional
  • https://mediaindonesia.com/hiburan/578292/filmjiwa-jagad-jawi-raih-4-penghargaan-internasional
  • https://www.suara.com/entertainment/2023/04/11/230500/sinopsis-jiwa-jagad-jawi-film-pariwisata-indonesia-yang-borong-4-penghargaan-di-jwtff-2023
  • https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-film-jiwa-jagad-jawi-raih-5th-place-countries-promotion-worlds-best-tourism-film-di-valencia-spanyol