Indonesia jadi Bahasa Resmi di UNESCO, Bangga Banget!

Indonesia jadi Bahasa Resmi di UNESCO, Bangga Banget!

Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi di UNESCO | Sumber: Wikimedia Commons (Pinerineks)

Hei, SohIB, udah tahu belum kalau bahasa Indonesia akhirnya diresmikan sebagai bahasa resmi konferensi umum atau official language general conference di UNESCO? Yup, dilansir dari situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, keputusan ini ditandai dengan diadopsinya Resolusi 42 C/28 secara konsensus dalam sesi Pleno Konferensi Umum ke-42 UNESCO pada Senin (20/11/2023) di Markas Besar UNESCO yang bertempat di Paris, Prancis.

Dalam momen itu, ditetapkan bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa ke sepuluh yang akan digunakan dalam general conference UNESCO dengan bahasa Hindi, Italia, dan Portugis. Adapun bahasa resmi yang selama ini digunakan oleh konferensi tersebut sebelumnya berjumlah enam, yakni bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Prancis, Spanyol, dan Rusia).

Bahasa Indonesia sendiri telah memiliki lebih dari 275 juta penutur di seluruh dunia dan kurikulum bahasa Indonesia juga sudah diterapkan oleh 52 negara.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (Dubes LBBP RI) untuk Republik Prancis, Kepangeranan Andorra, Kepangeranan Monako dan Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Mohamad Oemar, mengatakan bahwa bahasa Indonesia sudah menjadi penyatu bangsa negara kita sejak pra kemerdekaan.

Oleh karena itu, dengan adanya pengakuan dari UNESCO sebagai bahasa resmi, akan berdampak baik bagi perdamaian dan pembangunan berkelanjutan di tingkat nasional dan dunia.

Mengenal UKBI, Uji Kompetensi Bahasa Indonesia

Proses Pengusulan Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Resmi UNESCO

Btw nih, SohIB, usulan bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi di konferensi umum UNESCO mengalami proses yang cukup panjang, nih.

Dilansir dari Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, awalnya, ada diskusi antara Dubes RI untuk Prancis dengan Wakil Delegasi Tetap (Wadetap) RI untuk UNESCO pada Januari 2023. Di situ, mereka melakukan rekognisi potensi bahasa kita menjadi bahasa resmi UNESCO. Pembahasan tersebut kemudian disampaikan ke pihak Kemendikbudristek.

Dari sini, pada Februari 2023, diadakanlah pertemuan antara Wadetap untuk UNESCO, Kementerian Luar Negeri dan Kemendikbudristek untuk membicarakan peluang dan strategi pengusulan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi di UNESCO. Mereka juga menyusun proposal pengajuan ini ke pihak organisasi dunia tersebut.

Setelah mengalami beberapa prosesnya, pada bulan November 2023, Dewan Eksekutif UNESCO menyetujui proposal pemerintah Indonesia sebagai bagian dari agenda Sidang Umum ke-42 UNESCO yang berlangsung dari tanggal 7–22 November 2023.

Perwakilan Indonesia, yakni Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Wadetap untuk UNESCO, dan Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa kemudian maju mempresentasikan proposalnya di hadapan Legal Committee di pertemuan tersebut. Well, hasil keputusan sidangpun menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi di UNESCO, SohIB!

Disetujuinya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi UNESCO tentu merupakan kabari baik bagi kita semua. Dikutip dari situs kemdikbud.go.id, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), E. Aminudin Aziz, mengatakan bahwa dengan hasil tersebut, posisi bahasa Indonesia akan semakin meningkat.

Sebelumnya, bahasa Indonesia telah dikukuhkan menjadi bahasa persatuan pada Sumpah Pemuda tahun 1928, bahasa Indonesia juga ditetapkan sebagai bahasa negara dalam Undang-Undang Dasar 1945. 

“Sejauh ini, pengakuan internasional ini merupakan penegasan bahwa bahasa Indonesia memang layak dikategorikan sebagai sebuah bahasa di tengah perdebatan terkait bahasa Melayu dan bahasa Indonesia,” ujar Aminudin Aziz dalam kemdikbud.go.id.

Dari sini, mari SohIB, sebagai generasi bangsa, kita terus melestarikan pembiasaan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, di tengah tren penggunaan bahasa asing lainnya.

Mengenal Diaspora Indonesia, Migrasi ke Seluruh Dunia?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

 

#Makin Tahu Indonesia

Sumber:

  • https://setkab.go.id/bahasa-indonesia-jadi-bahasa-resmi-konferensi-umum-unesco/
  • https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/11/bahasa-indonesia-disetujui-menjadi-bahasa-resmi-sidang-umum-unesco