Fakta Unik Stanford University, Bakal Bangun Cabang di IKN Nusantara!

Fakta Unik Stanford University, Bakal Bangun Cabang di IKN Nusantara!

Stanford University | News Stanford (Andrew Brodhead)

Siapa, sih, yang tidak mengenal Stanford University? Salah satu kampus di Amerika Serikat yang sarat akan sejarah dan prestasi.

Kampus top ini didirikan pada tahun 1885 oleh Leland Stanford dan istrinya, Jane Stanford. Uniknya, Stanford didirikan sebagai dedikasi Leland dan istrinya untuk putra tunggal mereka, Leland Stanford Jr, yang sudah meninggal di usia 15 tahun.

Pasangan suami istri tersebut bertekad untuk mewujudkan mimpi anak-anak lain agar dapat tumbuh dan berkembang lewat pendidikan tinggi yang baik. Dengan seluruh harta yang mereka punya, keluarga Stanford terus mengembangkan kampus dan perlahan tumbuh menjadi salah satu universitas paling bergengsi di dunia.

Menurut survei dari QS World University Rankings 24: Top Global Universities, Stanford menduduki peringkat kelima di seluruh dunia setelah Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of Cambridge, University of Oxford, dan Harvard University. Stanford memiliki poin 98,1 dari total 9 kriteria yang ada. Keren!

SohIB, di balik kisah pendirian Stanford yang mengharukan, terdapat berbagai fakta unik soal universitas swasta yang berhasil mencetak berbagai prestasi lewat alumni yang luar biasa. Berikut beberapa fakta unik Stanford dikutip dari berbagai sumber:

1. Fountain Hopping

fountain hopping
Fountain Hopping di Stanford | News Stanford (Andrew Brodhead)

Salah satu hal unik yang ada di Stanford adalah Fountain Hopping. Mengutip dari california.com, tradisi ini dilakukan oleh para mahasiswa dengan melompat di air mancur yang ada di berbagai sudut kampus. 

Namun, tidak semua mahasiswa Stanford melakukan tradisi ini, ya! Mahasiswa baru atau calon mahasiswa baru biasanya sudah mengetahui adanya tradisi unik ini.

Terjun di air mancur kampus juga bertujuan untuk mendinginkan badan dari panasnya matahari di California. Wah, menarik banget!

Universitas Top Dunia yang Akan Buka Cabang di Indonesia, Siapa Saja?

2. Stanford Memorial Church 

stanford memorial church
Stanford Memorial Church | Live Stanford | live.stanford.edu

Dari laman resmi facts.stanford.edu, salah satu bangunan tua bersejarah di kampus ini adalah Gereja Peringatan Stanford. Gereja ini didirikan oleh Jane Stanford untuk mengenang suaminya yang meninggal pada 21 Juni 1893.

Pendirian gereja ini juga bertujuan untuk selalu mengingat komitmen keluarga Stanford yang mengutamakan pendidikan yang berlandaskan agama, nilai spiritual, moral, dan etika.

FYI, SohIB, Stanford Memorial Church dapat menampung 1.200 kursi untuk umum, loh!

3. Menyediakan Beasiswa Fully-Funded

Mahasiswa Stanford
Mahasiswa Stanford di salah satu sudut kampus | Palo Alto Online (Micaela Go)

SohIB, kalau kamu bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Stanford, kamu bisa mencoba beasiswa Knight-Hennessy (KHS). 

KHS ditujukan kepada seluruh calon mahasiswa Stanford dari seluruh dunia yang memberikan tunjangan uang perkuliahan, perjalanan, bahkan biaya hidup dan penelitian secara penuh atau fully-funded.

SohIB, saat ini Stanford masih membuka beasiswa KHS, loh! Batas waktu pendaftaran beasiswa dibuka sampai 11 Oktober 2023 pukul 01.00 Waktu Pasifik. Informasi lebih lanjut bisa kamu akses di laman resmi Knight-Hennessy Stanford, ya!

4. Cetak Alumni Luar Biasa

deretan alumni stanford
Jajaran alumni Stanford | Stanford Alumni (stanford alumni association)

Sebagai universitas kenamaan dunia, Stanford berhasil mencetak banyak sekali alumni yang sukses di berbagai bidang. Sejak tahun 1930-an, setidaknya ada 39.000 perusahaan yang sudah didirikan oleh alumninya.

Stanford sudah berhasil mencetak puluhan tokoh peraih Nobel. Pada 6 November 1952, Felix Bloch menjadi penerima Nobel pertama dari Stanford. Dari data Stanford’s Fall 2022 Community of Scholar, terdapat 21 penerima Nobel dan 36 penghargaan Nobel sejak pendirian perguruan tinggi ini. Luar biasa, kan?

FYI, Larry Page dan Sergey Brin, dua pendiri Google juga merupakan alumni Universitas Leland Stanford Jr, nih. Sebagai tambahan, aktris Indonesia, Maudy Ayunda turut lulus dengan gelar dua Master di bidang bisnis dan pendidikan. Mantap!

5 Top Kampus Asia Timur yang Sediakan Beasiswa: Siap Daftar?

5. Buka Kampus Cabang di Indonesia

LoI stanford dan IKN
LoI Signing Ceremony oleh IKN dan Stanford Doerr School of Sustainablity | Infopublik (Pasha Yudha Ernowo)

Sebuah angin segar bagi seluruh mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan berkuliah di Stanford! Perguruan tinggi ini akan membangun sebuah sekolah berkelanjutan di IKN Nusantara.

Pada September 2023, Stanford mengajukan Letter of Intent (LoI) sebagai bentuk keseriusan untuk membangun Stanford Doerr School of Sustainability.

SohIB, pembangunan sekolah keberlanjutan ini merupakan wujud komitmen pemerintah Indonesia bersama Stanford University untuk bersama-sama mencapai zero emission tahun 2060 nanti. Wow!

Nah, itu tadi fakta-fakta unik kampus Stanford. Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi kamu di sini, SohIB?

 

Referensi:

https://www.california.com/8-fun-facts-about-stanford-university/

https://www.topuniversities.com/universities/stanford-university

https://knight-hennessy.stanford.edu/admission

https://facts.stanford.edu/

https://live.stanford.edu/plan-your-visit/venues/memorial-church

https://www.infopublik.id/kategori/nasional-ekonomi-bisnis/776540/otorita-ikn-kerja-sama-dengan-stanford-doerr-school-of-sustainability