Etika Bersilaturahmi dengan Kerabat Saat Lebaran, Jangan Katakan Ini!

Etika Bersilaturahmi dengan Kerabat Saat Lebaran, Jangan Katakan Ini!

Lebaran adalah masa di mana berkumpul dan bermaafan bersama keluarga | Sumber: Unsplash (Mufid Majnun)

Lebaran sejatinya adalah momen di mana kita berkumpul bersama keluarga dan saling bermaaf-maafan. Namun, apa jadinya kalau sehabis berjabat tangan dan minta maaf, kita malah melontarkan kalimat-kalimat tidak mengenakkan dan membuat orang lain nggak nyaman? Duh, jangan sampai kita sudah suci dan fitrah kembali, malah sudah mulai menyakiti hati orang!

Berikut ini adalah sikap-sikap menyebalkan yang jangan diucapkan ketika bersilaturahmi dengan teman-teman dan keluarga saat berlebaran. Yuk, biasakan menjadi pribadi yang berbudi dan menghargai!

Maraknya Kasus Perilaku Negatif dari Turis Asing, Jangan Ditiru

“Kapan Menikah?”

Bagi SohIB yang dianggap sudah memasuki usia matang untuk menikah, poin pertama ini memang acap kali terdengar di telinga. Memang, untuk sebagian orang, mungkin pertanyaan tentang status dan pernikahan bukanlah sesuatu yang menyinggung. Namun, ada baiknya kamu hindari saja.

Body Shaming

Body shaming itu salah satu bentuk bully terhadap orang
Body shaming itu salah satu bentuk bully terhadap orang | Sumber: Unsplash (Allgo-an-app-for-plus-size-people)

“Eh, kamu kok, gendutan?”

“Perasaan kulitmu nggak segelap ini, deh. Main terus pasti ini!”

Hayo, siapa yang masih suka melontarkan kalimat yang menyinggung fisik seperti ini? Kuy, stop lakukan hal tersebut, sebab selain tidak enak didengar, tentu saja kata-kata itu malah membuat malu yang dikatain seperti itu. Kita tidak pernah tahu perjuangan orang lain yang mungkin sedang struggle dengan fisiknya. Bahkan, ciptaan Tuhan semuanya indah, siapa kita yang berhak menilai siapa menawan atau tidak?

“Kapan Punya Anak, atau Adik?”

Senada dengan “Kapan menikah?”, pertanyaan kapan punya anak dan adik biasanya juga tidak jarang diucapkan oleh orang-orang, terutama yang sudah lebih tua. Sekali lagi, tidak semua individu nyaman ditanya seperti ini. Lebih baik doakan saja dalam hati agar mereka segera dimudahkan dalam mendapatkan keturunan dan bahagia.

Ngomongin Masalah Politik

Di masa-masa seperti ini, terutama ketika menjelang Pilkada, isu-isu politik bisa jadi ‘tema panas’ yang sebaiknya tidak dibahas. Terlebih lagi, tidak sedikit orang yang sampai mengalami kerenggangan dalam keluarga atau kerabat dekat karena masalah perbedaan prinsip dan pilihan kandidat.

Cuti Lebaran Tahun 2023 Terbaru, Lebih Panjang!

Membahas Gaji

Jangan membahas hal yang terlalu pribadi saat lebaran
Jangan membahas hal yang terlalu pribadi saat lebaran | Sumber: Unsplash (Sargent Seal)

“Eh, gajimu berapa? Lo, tinggian punyaku, dong!”

C’mon, tidak semua hal sesuai dengan bayangan kita atau tampak seindah yang kelihatannya. Ada yang masih merasa bersyukur punya penghasilan, meski tak seberapa, sebab baru pertama kali diterima kerja atau selesai mengalami PHK. Ada yang salary-nya tinggi, tapi tidak punya cukup waktu untuk diri sendiri.

Apapun itu, berhentilah membandingkan dengan orang lain dan jangan pula sampai dibahas terlalu spesifik. Lebih baik tanyakan sesuatu yang lebih umum, misalnya apa saja job desk-nya, lokasi pekerjaan, atau meminta saran untuk pengembangan karier.

Sombong dengan Pencapaian

Siapa SohIB di sini yang sering bertemu orang di momen Lebaran yang suka pamer? Entah menyombongkan pencapaian pribadi atau keluarganya, intinya individu yang seperti ini harus diantisipasi dengan hati yang lapang dan tidak perlu berlama-lama mendengarkan ‘ocehannya’ tersebut. Namun, kita pun juga jangan sampai menjadi tipe pamer seperti itu juga.

Once again, orang tidak perlu mendefinisikan betapa sukses dirinya dengan ucapan sendiri. Karena sesungguhnya langit pun juga tidak pernah menunjukkan setinggi apa ia, tetapi orang juga tahu langit itu tinggi. 

Kepo Soal Pribadi Lainnya

“Kamu nggak kerja kenapa?”

“Emangnya nggak bosan jomblo terus?”

“Kok nggak lulus-lulus, sih?”

Stop, stop, stop untuk kepo maksimal dengan urusan pribadi orang. Terlebih lagi jika kita tidak cukup akrab dengan yang ditanyai. Bertegur sapalah sewajarnya dan usahakan untuk tidak mencampuri ke ranah pribadi.

Lantas, berarti semua hal nggak boleh ditanya, dong? Tentu saja kamu dipersilakan untuk bertanya, selama tetap menjaga intonasi berbicara, memilih tema yang baik, dan tidak memaksakan pertanyaan atau opini pribadi. Selamat berkumpul dengan keluarga!

Sebagai informasi, arus mudik diperkirakan akan dimulai sejak tanggal 11ー20 April 2023. Adapun untuk arus balik adalah 25 Aprilー4 Mei 2023. Untuk itu, SohIB jangan lupa jaga stamina, cek selalu kondisi dan keamanan kendaraan yang digunakan. Jangan sampai kamu terkendala saat sudah di jalan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah meluncurkan buku panduan lebaran tahun 2023 “MUDIK AMAN BERKESAN” berbentuk digital yang dapat kamu unduh dengan mudah. Di sana, informasinya super lengkap, dari booklet panduan lebaran secara umum, prediksi puncak arus mudik, peta kuliner, tarif dan jalur untuk jalan bebas hambatan Trans Jawa, nomor-nomor penting mudik, titik lokasi posko siaga, bahkan pemantauan lalu lintas dari CCTV. Untuk keterangan lebih lanjut soal mudik, kamu bisa mengunjungi website tersebut melalui link ini.

Tarif Jalan Tol Trans Jawa 2023, Kamu Siap Liburan ke Mana?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)