Peranan Humas Pemerintah di Era Digital

Peranan Humas Pemerintah di Era Digital

Aktivitas humas pemerintah pada saat liputan di lapangan

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel 

Di era digitalisasi saat ini, peran humas pemerintah sangatlah penting, yakni bagaimana seorang humas bisa memadukan kemampuan dalam pengelolaan media komunikasi publik dan informasi serta tekhnologi sekaligus, untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat terlebih lagi masyarakat yang tinggal ditempat terpencil. Termasuk penguasaan framing atau membingkai berita untuk kemudian disalurkan melalui beberapa kanal media sosial baik media konvensional maupun media baru.

Menjadi humas pemerintah bukan hanya sekedar liputan dan membuat rilis berita, humas juga bisa menjadi reporter di lapangan
sumber : dok.mmc diskominfo kobar

 

Adapun tugas humas pemerintah yaitu harus menginformasikan sesegera mungkin apa yang sedang dan telah dilakukan oleh pemerintah setempat. Baik segala capaian maupun catatan kinerjanya. Hal ini penting diberitakan, Karena masyarakat pasti juga ingin tahu, apa saja yang dikerjakan pemerintah di daerahnya. Pastinya, setiap dinas atau instansi di masing-masing pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah hendaklah mempunyai data yang sama dan sinkron sehingga semua data dapat terkoordinasi dengan baik.

Di sisi lain, humas pemerintah hendaklah memberlakukan sistem jejaring komunikasi yang seimbang, baik dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah maupun sebaliknya, melalui pembangunan infrastruktur komunikasi yang bagus. Infrastruktur dalam bentuk hardware juga software. Misalnya, pengaturan sistem komunikasi publik, regulasi hukum yang bertujuan menciptakan lingkungan pembangunan sistem komunikasi dan literasi media. Sehingga dapat membangun kesadaran masyarakat untuk menciptakan komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat.

Aktivitas humas pemerintah daerah pada saat liputan di lapangan
Sumber : mmc diskominfo kobar

Dalam menyampaikan informasi di era digital, seorang humas tidak lepas dari berbagai macam tantangan. Diantaranya, ujaran kebencian, perundungan siber, pornografi, disinformasi, malinformasi, misinformasi, radikalisme, hingga penipuan on-line. Oleh karena itu, humas pemerintah harus membekali diri dengan berbagai kompetensi sehingga dapat memilah mana informasi yang harus disampaikan ke masyarakat  dan yang tidak perlu disampaikan.

Humas Pemerintah Daerah

Seiring dengan perkembangan zaman, humas dituntut untuk bekerja secara efektivitas dan efisiensi, mengikuti perkembangan teknologi digital. Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi mendorong humas pemerintah yang ada di daerah untuk mengubah kebiasaan kerjaan baru mengikuti proses transformasi digital.

Menjadi humas pemerintah bisa juga menjadi host podcast
Sumber : Tim Podcast Ngulik Diskominfo Kobar

 

Tuntutan kerja Humas di daerah menjadi lebih kompleks, tidak hanya sekadar liputan media dan membuat rilis semata tetapi juga sebagai komunikator Pemerintah Daerah dalam menyampaikan informasi publik terkait program kegiatan dan kebijakan Pemerintahan Daerah serta melakukan diseminasi melalui berbagai kanal di media digital.

Seperti yang terjadi di salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah tepatnya di Kabupaten Kotawaringin Barat. Humas di pemerintahan daerah mengalami penyetaraan dari jabatan struktural menjadi jabatan fungsional sesuai dengan semangat penyederhanaan birokrasi yang merupakan salah satu visi Presiden Joko Widodo.

Penyetaraan tersebut merupakan salah satu bentuk transformasi humas agar bekerja lebih efektif dan efesien. Akan tetapi yang terjadi di daerah terutama di Kabupaten Kotawaringin Barat malah sebaliknya, belum bisa efektif, SDM yang menjadi pranata humas masih belum siap, hanya beberapa orang yang memang basic ilmunya sesuai dengan jabatan fungsional tersebut menjalankan tupoksi sebagai pranata humas. Salah satu kendalanya karna basic ilmu yang didapat di bangku kuliah tidak menunjang pekerjaannya sebagai pranata humas pemerintah.

Dikarenakan penyetaraan itulah, fungsi jabatan fungsional pranata humas di Kabupaten Kotawaringin Barat belum maksimal. Tahun ini masih dalam masa transisi jabatan struktural ke fungsional jadi kegiatan yang telah di rancang tahun kemaren masih dijalankan pranata humas tersebut.

Agar fungsi dari jabatan fungsional pranata humas dapat maksimal, pemerintah daerah akan memaksimalkan kinerja SDM nya untuk dapat memiliki kompetensi dan keahlian dengan memberikan pelatihan terkait kehumasan yang sesuai dengan tuntutan di era digitalisasi.