Daftar Delegasi yang Hadir di KTT ASEAN 2023, Ada Negara dari Luar Asia Tenggara

Daftar Delegasi yang Hadir di KTT ASEAN 2023, Ada Negara dari Luar Asia Tenggara

Delegasi negara yang hadir di KTT ASEAN 2023 | Media Center KTT ASEAN 2023/Raisan Al Farisi/aww

KTT ASEAN 2023 resmi dibuka oleh Presiden Jokowi pada hari ini (5/9).

Konferensi tingkat tinggi antar negara di Asia Tenggara ini akan digelar Jakarta hingga 7 September 2023 mendatang.

Delegasi dari tiap negara yang diundang untuk menghadiri KTT ASEAN 2023 ini juga sudah berada di lokasi tempat diadakannya konferensi tersebut.

Terdapat 22 delegasi luar negeri yang akan hadir di Jakarta untuk mengikuti pertemuan yang akan diadakan di Jakarta Convention Center.

Delegasi yang hadir tidak hanya berasal dari negara-negara yang ada di Asia Tenggara saja, namun juga terdapat beberapa negara di luar regional yang turut diundang untuk ikut dalam KTT ASEAN 2023.

KTT ASEAN 2023 Dibuka Hari Ini, Cek Rekayasa Lalu Lintas Jakarta hingga 7 September 2023

Dikutip dari Asean2023.id, masing-masing delegasi ini berasal dari 11 negara anggota ASEAN, 9 negara undangan dan dua negara tambahan lainnya.

11 negara Asean yang hadir pada KTT ASEAN 2023 adalah Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Sementara itu, 9 negara mitra yang turut diundang untuk menghadiri konferensi ini diantaranya Republik Korea, India, Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, Selandia Baru, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat.

Dua negara tambahan yang turut diundang dalam KTT ASEAN 2023 adalah Bangladesh yang menjadi Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Cook Island sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA).

Selain itu, Indonesia juga mengundang beberapa organisasi internasional, seperti Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), World Economic Forum, IORA, dan PIF dalam konferensi ini.

Sandiaga Uno Rekomendasikan Jajanan Pasar Khas Betawi untuk Delegasi KTT ASEAN 2023

Disambut Tarian Tradisional Khas Indonesia

Sambutan meriah ditampilkan Indonesia sebagai tuan rumah KTT ASEAN ke-43 kepada delegasi yang mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Tarian tradisional khas Indonesia ditampilkan untuk menyambut para tamu delegasi ketika menginjakkan kaki di Indonesia.

Salah satu contoh penyambutan terhadap delegasi yang hadir adalah penampilan Tari Walijamaliha yang ditampilkan untuk menyambut kedatangan Perdana Menteri Cook Island, Mark Brown pada Senin, 4 September 2023, seperti yang dituliskan dalam Asean2023.id.

Tarian khas dari Banten ini menggambarkan kegembiraan dalam menyambut para tamu kehormatan yang sudah hadir dan datang ke Indonesia.

Pejabat Gubernur Banten, Al Muktabar menyebutkan bahwa penyambutan para delegasi dengan tarian daerah ini diharapkan bisa menampilkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia.

Indonesia Siapkan Visi ASEAN 2045, Apa Saja?

Selain itu, Al Muktabar juga menjelaskan bahwa penyambutan ini bisa memperlihatkan keramahan orang-orang Indonesia terhadap para tamu yang hadir.

"Tentunya kita berterima kasih dengan adanya event internasional, kita bisa memperkenalkan Banten. Banyak hal yang bisa kita ceritakan kepada para kepala negara," ucap Al Muktabar, dikutip dari Asean2023.id.

Selain disambut dengan tarian tradisional, kedatangan Perdana Menteri Mark Brown yang juga menjadi delegasi pertama yang mendarat ini juga diperkenalkan dengan salah satu warisan tak benda di Indonesia, yaitu sop buah.

Al Muktabar yang mendampingi Mark Brown menyebutkan bahwa Perdana Menteri Cook Islands tersebut suka dengan minuman khas Indonesia ini.

PJ Gubernur Banten ini berharap momentum Indonesia sebagai tuan rumah KTT ASEAN 2023 bisa digunakan untuk menjalin persahabatan dengan para delegasi negara yang turut hadir dalam gelaran yang diadakan di Jakarta Convention Center ini.

Dengan demikian, diharapkan persahabatan yang sudah terjalin bisa menciptakan perdamaian dunia kedepannya.

"Maka menjadi tuan rumah KTT ASEAN dengan berbagai negara mengunjungi, kita bisa memperkuat persahabatan antarnegara yang nantinya bisa kita tuangkan dalam perdamaian dunia," jelas Al Muktabar.

 

Sumber referensi:

  • https://asean2023.id/id/news/cook-islands-the-first-guest-of-43rd-asean-summit-to-arrive
  • https://asean2023.id/id/news/traditional-indonesian-dances-welcome-asean-leaders-arrival