Indonesia Siapkan Visi ASEAN 2045, Apa Saja?

Indonesia Siapkan Visi ASEAN 2045, Apa Saja?

KTT ke-43 ASEAN di Jakarta akan menghasilkan ASEAN Concord IV | Sumber: (Tangkapan layar FMB9ID-IKP)

KTT ke-43 ASEAN di Jakarta akan menghasilkan ASEAN Concord IV. Hal ini disampaikan oleh Direktur Kerja Sama Politik dan Keamanan ASEAN, Kementerian Luar Negeri RI, Rolliansyah Soemirat, di Jakarta, Kamis (31/8/2023). 

Dilansir dari press release, Rolliansyah mengatakan, "Salah satu yang terpenting dari hasil KTT ke-43 adalah ASEAN CONCORD IV yang saat ini sedang dibahas.”

Tak hanya itu, ia juga menambahkan bahwa Indonesia pada masa kepemimpinannya di KTT ke-43 ini akan menyiapkan visi ASEAN 2045 berikut juga panduannya melalui piagam tersebut.

KTT ASEAN 2023: TNI-Polri Pastikan Acara Berlangsung dengan Aman

Sebagai informasi nih SohIB, negara kitalah yang memang mengusulkan adanya penyusunan ASEAN Concord IV. Nah, visi baru tadi akan menjadi impian baru bagi ASEAN setelah 2025 ke depan.

ASEAN Pernah Menghasilkan Dua Deklarasi

 Para Menteri Luar Negeri ASEAN sepakat untuk mulai membahas ASEAN Concord IV.  Harapannya, draf terakhir ini akan disampaikan saat KTT ke-43, yang akan berlangsung pada 5ー7 September mendatang. Hal itu agar mendapatkan persetujuan para pemimpin ASEAN.

Oiya SohIB, buat informasi aja, ASEAN sebelumnya sudah pernah menghasilkan dua deklarasi, loh! Keduanya dikenal sebagai Bali Concord I (1976) dan Bali Concord II (2003). Apakah itu?

  • Bali Concord I merupakan Treaty of Amity and Cooperation (TAC) yang mengatur pola perilaku antarnegara anggota untuk mengedepankan cara-cara damai dalam menyelesaikan sengketa di antara mereka, dan bukan menggunakan aksi kekerasan.
  • Bali Concord II merupakan kesepakatan ASEAN untuk membangun komunitas berdasarkan pilar politik dan keamanan, pilar ekonomi, dan pilar sosial budaya. Deklarasi tersebut menghasilkan ASEAN Charter yang mengukuhkan perhimpunan sebagai organisasi berbasis aturan, sekaligus cikal bakal bagi pembentukan Komunitas ASEAN.

Sekadar mengingat kembali, Indonesia pernah menjadi tuan rumah bagi KTT ASEAN 2011, tepatnya di Nusa Dua, Bali.

KTT ASEAN 2023 Dibuka Hari Ini, Cek Rekayasa Lalu Lintas Jakarta hingga 7 September 2023

Dalam pertemuan itu, KTT ASEAN 2011 di Nusa Dua menghasilkan Bali Declaration on ASEAN Community in a Global Community of Nations, yang lalu disebut sebagai Bali Concord III.

Semangat dari deklarasi tersebut adalah memastikan partisipasi dan kontribusi aktif ASEAN dalam mengatasi berbagai permasalahan fundamental global yang terjadi di masa-masa sekarang. Gitu deh, SohIB.

Isu Lain yang Akan Diangkat di KTT ASEAN 2023

Isu Myanmar juga bakal dibahas secara terukur dalam KTT ke-43 ASEAN. Sebab, bagaimana pun juga, Myanmar adalah bagian dari ASEAN juga. Tentunya, organisasi ini juga ingin membantu adanya perdamaian dan suasana stabil bagi masyarakat di Myanmar.

"ASEAN memperhatikan dinamika di Myanmar dengan tetap menghargai kedaulatan mereka," ujar Rolliansyah.

ASEAN Ingin Menjadi Menjaga Perdamaian dan Mengatasi Tantangan Global

Diinformasikan dari rilis ASEAN 2023,  pada Juli lalu, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengatakan bahwa ASEAN terus bekerja keras dan berupaya untuk menjadi kontributor utama bagi perdamaian dan stabilitas kawasan.

Ia merujuk pada kemampuan ASEAN untuk melakukan perubahan yang cepat terkait mengatasi tantangan pembangunan global dan regional. Menlu menggunakan istilah convening power untuk menegaskan perlunya mengutamakan budaya komunikasi dan dialog.

Sandiaga Uno Rekomendasikan Jajanan Pasar Khas Betawi untuk Delegasi KTT ASEAN 2023

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)