Keren! Indonesia Resmi Pimpin Kantor Berita Negara Asia Tenggara Lewat ASEAN Newsroom

Keren! Indonesia Resmi Pimpin Kantor Berita Negara Asia Tenggara Lewat ASEAN Newsroom

Jajaran Petinggi Kominfo dan Direktur ANTARA saat meresmikan ASEAN Newsroom | Infopublik (Amiriyandi)

Indonesia menorehkan sejarah baru dalam KTT ASEAN ke-43 dengan menggagas ASEAN Newsroom. Upaya ini adalah sebuah langkah untuk memperkuat sinergi antarkantor berita negara di kawasan Asia Tenggara sekaligus memperluas cakupan pemberitaan.

ASEAN Newsroom juga merupakan upaya untuk mendorong media yang berfokus pada People Center atau nilai-nilai masyarakat. Langkah luar biasa ini digagas oleh Indonesia melalui Lembaga Kantor Berita Negara (LKBN) Antara.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, resmi mengesahkan ASEAN Newsroom secara simbolis di Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (4/9/2023) lalu.

Budi yakin bahwa langkah ini akan meningkatkan kepedulian sekaligus partisipasi masyarakat luas dalam segala aktivitas atau agenda ASEAN. Nilai people-centered ini juga diharapkan dapat memupuk kebersamaan seluruh elemen masyarakat di kawasan Asia Tenggara.

Dikutip dari laman resmi kominfo.go.id, kerja sama antarkantor berita di seluruh negara ASEAN dalam bertukar informasi, perluasan atau pengembangan berita menjadi jauh lebih mudah.

Selain itu, ASEAN Newsroom ini juga akan menyebarluaskan beragam program, kinerja, dan capaian seluruh negara ASEAN. Tentunya berita-berita yang akan dihadirkan merupakan berita yang aktual, faktual, dan terpercaya.

SohIB, tentunya ASEAN Newsroom ini tidak hanya beroperasi sementara atau ad-hoc saat KTT ke-43 ASEAN saja, namun akan terus bekerja dalam memberitakan informasi-informasi seputar Asia Tenggara setelah perhelatan KTT ini.

Sandiaga Uno Rekomendasikan Jajanan Pasar Khas Betawi untuk Delegasi KTT ASEAN 2023

Kantor ASEAN Newsroom Corner yang berlokasi di Gedung LKBN Antara ini juga nantinya akan menjadi meeting point para jurnalis kantor berita di Asia Tenggara yang berada di Jakarta.

Saat meresmikan ASEAN Newsroom Corner secara simbolis, Menkominfo didampingi oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, serta Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong.

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik/Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah dan Direktur Utama LKBN Antara, Akhmad Munir juga turut hadir dalam agenda ini.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol oleh Menkominfo bersama Nezar Patria, Usman Kansong, Teuku Faizasyah, dan Akhmad Munir.

Usman Kansong dalam siaran persnya menambahkan jika sebelum ASEAN Newsroom ini ada, terdapat ASEAN News Exchange (ANEX) yang dibentuk Juni pada 1980-an. ANEX didirikan oleh tiga Kantor Berita Indonesia ANTARA, Kantor Berita Malaysia Bernama, dan Kantor Berita Filipina PNA. ANEX saat itu merupakan sumber utama berita peristiwa-peristiwa besar di Asia Tenggara, baik cetak maupun elektronik.

Indonesia Siapkan Visi ASEAN 2045, Apa Saja?

Selain itu, Akhmad Munir selaku Direktur Utama LKBN Antara turut menegaskan bahwa ASEAN Newsroom ini akan mendorong terciptanya kerjasama kantor berita di ASEAN untuk menyediakan informasi yang akurat dan kredibel.

Kantor Berita Antara dengan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Kementerian Luar Negeri berkomitmen untuk menghidupkan kembali semangat kerja sama antar sesama kantor berita ASEAN seperti yang pernah dijalankan melalui jaringan kerja sama ASEAN News Exchange (ANEX),” tegas alumni FISIP UNEJ ini.

SohIB, dalam jangka panjang nanti, ASEAN Newsroom diproyeksi akan memiliki potensi untuk menjadi sebuah newsroom bersama ASEAN yang dapat dikembangkan sebagai sebuah bank data ASEAN yang dapat dimanfaatkan banyak pihak di luar ASEAN.

 

Referensi:

  • https://www.kominfo.go.id/content/detail/51338/siaran-pers-no-276hmkominfo092023-tentang-asean-newsroom-inisiatif-indonesia-untuk-pemberitaan-terpercaya-di-asia-tenggara/0/siaran_pers
  • https://www.kominfo.go.id/content/detail/51339/asean-newsroom-wujud-asean-yang-berpusat-pada-masyarakat/0/rilis_media_gpr