Sandiaga Uno Rekomendasikan Jajanan Pasar Khas Betawi untuk Delegasi KTT ASEAN 2023

Sandiaga Uno Rekomendasikan Jajanan Pasar Khas Betawi untuk Delegasi KTT ASEAN 2023

Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat mencicipi jajanan khas DKI Jakarta | Kemenparekraf (kemenparekraf.go.id)

Ibukota Jakarta didapuk sebagai tempat resmi penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN yang akan berlangsung mulai hari ini, Selasa, (5/9/2023) sampai Rabu, (7/9/2023). SohIB pasti sudah sangat familiar jika Jakarta memiliki segudang daya tarik wisata yang menarik, kan? Tidak hanya tempat wisata saja, produk ekonomi kreatif seperti jajanan pasar juga tidak boleh ketinggalan.

Uniknya, dalam momentum konferensi ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) merekomendasikan beberapa jajanan khas ibukota untuk para delegasi, loh, SohIB! Hidangan khas Jakarta ini disajikan di sela-sela atau selama mereka menghadiri KTT ASEAN di Jakarta.

KTT ASEAN 2023 Dibuka Hari Ini, Cek Rekayasa Lalu Lintas Jakarta hingga 7 September 2023

Jajanan yang direkomendasikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno ini memiliki cita rasa yang sangat otentik dan unik. Banyak jajanan tradisional yang sudah ada sejak dahulu dan diturunkan dari generasi ke generasi.

Dilansir dari press release yang diterbitkan di laman indonesia.go.id, Sandiaga berharap para delegasi KTT ASEAN ini menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner khas Betawi agar kunjungan selama konferensi di Indonesia ini menjadi lebih berkesan.

SohIB, kuliner khas Betawi ini dapat disajikan sebagai makanan pembuka hingga makanan penutup, termasuk jajanan pasar itu sendiri. Bahkan hingga saat ini, jajanan pasar yang murah meriah nan lezat ini bisa dengan mudah SohIB temukan di pasar-pasar tradisional Jakarta. Seiring perkembangan waktu, supermarket maupun pusat perbelanjaan modern juga turut menjajakan makanan-makanan lezat ini.

Nah, ini dia rekomendasi jajanan pasar khas Jakarta yang direkomendasikan Sandiaga Uno kepada para delegasi KTT ASEAN 2023:

Kerak Telor

Siapapun pasti sudah mengenal makanan ikonik ini, ya! Jajanan legendaris khas Betawi ini sangat mudah ditemui di berbagai sudut ibukota. Kerak telor berbahan dasar telur bebek yang dicampur dengan beras ketan putih, bawang goreng, dan ebi yang sudah disangrai.

Bumbu-bumbu yang membuat makanan ini semakin lezat seperti cabai merah, kencur, jahe, serundeng, merica, garam, dan gula juga wajib ditambahkan. Uniknya, saat adonannya dimasak setengah matang, wajan yang digunakan akan dibalik dan diarahkan ke arang sampai benar-benar matang. Wah, lezatnya!

Kerak TelorKhas DKI Jakarta
Kerak Telor Khas Betawi | Kemenparekraf (kemenparekraf.go.id)

Selendang Mayang

Jajanan populer lainnya adalah selendang mayang yang berbahan dasar tepung beras yang ditambah dengan pewarna makanan warna-warni. Makanan ini dipadukan dengan sirup, santan, dan es. Sangat cocok dikonsumsi sebagai hidangan penutup.

Selendang Mayang khas Betawi
Penjual Selendang Mayang di DKI Jakarta | Kemenparekraf (kemenparekraf.go.id)

Bir Pletok

Ikon kebudayaan Betawi yang lain adalah bir pletok. Eh, SohIB jangan khawatir! Meskipun namanya tersemat nama ‘bir’, tapi minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Bahkan bir pletok ini bisa menghangatkan tubuh karena terbuat dari rebusan rempah-rempah.

Minum bir pletok dianggap akan menyegarkan tubuh, loh, SohIB! Berbagai rempah seperti kayu secang, kayu manis, jahe, sereh, jahe merah, kunyit, lada hitam, daun pandan, biji pala, daun jeruk, kembang lawang, kapulaga, dan cengkeh dimasak hingga larut. Ditambahkan dengan gula dan garam agar semakin nikmat.

Bir Pletok
Penjual Bir Pletok DKI Jakarta | Kemenparekraf (kemenparekraf.go.id)

Kue Cincin

Kue ini berbentuk seperti cincin yang berwarna kecoklatan karena berasal dari gula merah. Biasanya, kue ini disajikan saat acara-acara khusus seperti pernikahan dan sunatan. Selain itu, bahan lain yang digunakan adalah tepung beras dan kelapa.

Kue Cincin
Kue Cincin | Kemenparekraf (kemenparekraf.go.id)

Kembang Goyang

Nama "kembang goyang" diambil dari bentuknya yang menyerupai sebuah kembang. Uniknya, teknik pembuatannya juga digoyang-goyangkan hingga adonan terlepas dari cetakan. Wah, keren, ya!

Kembang Goyang
Kembang Goyang | Kemenparekraf (kemenparekraf.go.id)

Talam Pandan

Kue ini berbentuk bunga teratai dengan dua lapisan berbeda. Lapisan bagian bawah biasanya terbuat dari adonan beras ketan yang putih dan kenyal. Sementara lapisan atasnya terbuat dari adonan berwarna hijau dari tepung beras, gula, santan, dan daun pandan. Kue ini juga lumrah ditemui di luar Jakarta, loh, SohIB!

Dorong Net Zero Emission 2060, Ratusan Kendaraan Listrik Dukung Helatan KTT ke-43 ASEAN
Talam Pandan
Talam Pandan | Kemenparekraf (kemenparekraf.go.id)

Putu Mayang

Putu mayang adalah camilan tradisional Betawi yang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa. Rupanya seperti mi yang dibentuk bulat. Biasanya putu mayang dihidangkan dengan gula merah cair yang kental sehingga memberikan rasa manis khas yang sangat gurih.

Putu Mayang
Putu Mayang | Kemenparekraf (kemenparekraf.go.id)

Itu tadi rekomendasi jajanan Betawi untuk para delegasi KTT ASEAN 2023. Semoga mereka suka, ya, SohIB!

 

Referensi:

https://indonesia.go.id/kategori/siaran-pers-asean-2023/7431/siaran-pers-rekomendasi-jajanan-pasar-khas-jakarta-untuk-delegasi-ktt-asean-2023?lang=1