9 Jalan Tol Baru Siap Dibuka, Gratis untuk Mudik Nataru 2023

9 Jalan Tol Baru Siap Dibuka, Gratis untuk Mudik Nataru 2023

Sebanyak 9 jalan tol fungsional baru akan dibuka gratis selama nataru 2023 | Sumber: Unsplash (Aleksandr Popov)

Wah, sudah mulai masuk waktu liburan, nih! Bagaimana rencana SohIB dalam menyambut perayaan Natal dan berwisata selama rehat ini? Apakah kamu tim di rumah saja atau sudah membuat plan untuk bepergian? Apapun itu, semoga semua menjadi lancar tanpa hambatan, ya.

Oiya, tahukah kamu bila Menteri PUPR, Bapak Basuki Hadimuljono, telah memastikan kesiapan fasilitas jalan tol untuk digunakan dalam pulang kampung di akhir tahun ini? Nggak tanggung-tanggung, total ada 9 jalan tol baru fungsional yang dibuka dan semuanya bisa kita manfaatkan secara gratis, lo!

Baca juga: Berlibur Ke Bali? Ini Daftar yang Wajib Dikunjungi!

Menurut CNBC Indonesia, jalan tol tersebut tersebar di 7 titik area Pulau Jawa dan 2 ruas jalan tol fungsional di Pulau Sumatera. Bahkan, pembangunan konstruksi jalan-jalan tersebut sudah akan dihentikan H-10 sebelum arus mudik perayaan Natal dan Tahun Baru 2023. Hal ini dilakukan demi kelancaran dan kenyamanan kendaraan yang lewat. Waduh, terharu banget!

So, inilah daftar jalan tol baru yang siap kita gunakan untuk pulang kampung Nataru 2023 ini! Let’s go! 

Jalan Tol Fungsional Pulau Sumatera

  1. Tol Sigli-Banda Aceh (Seksi 5 dan 6 Blang Bintang-Kutobaro-SS Baitussalam). Panjangnya adalah 12,3 km.
  2. Tol Kuala Tanjung Tebing Tinggi-Parapat (Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura). Panjangnya adalah 20,4 km.

Baca juga: Liburan Sebentar Lagi, Ini Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi!

Jalan Tol Fungsional Pulau Jawa

  1. Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) (Seksi 2 dan 3 Rancakalong-Sumedang-Cimalaka) dengan panjang 21 km.
  2. Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) (Seksi 2A ruas Jaka Sampurna-Kayuringin) dengan panjang 4,8 km.
  3. Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) sampai tahap 1 Ramp Junction Wringinanom dengan panjang 7,4 km.
  4. Tol Semarang-Demak (Seksi 2 Sayung-Demak) panjangnya 16,3 km.
  5. Tol Jakarta-Cikampek Selatan II(Japek Selatan) (Seksi III Sadang-Kutanegara) sepanjang 8,5 km.
  6. Tol Cinere-Jagorawi (Seksi 3A Kukusan-Cinere) dengan panjang 3 km.
  7. Tol Ciawi-Sukabumi (Seksi 2 Cigombong-Cibadak) segera dioperasikan.

Btw, meskipun beberapa tol bersifat fungsional, nggak berarti kamu bisa bebas jalan tanpa tap kartu e-money, ya! SohIB harus tetap menempelkan kartu elektronik ketika melewati gerbang tol tanpa dikenai biaya.

Untuk kamu yang belum tahu, jalan tol fungsional adalah jalan bebas hambatan darurat dan dibuka hanya karena kondisi tertentu. Tujuannya agar arus lalu lintas yang dilewati lancar, sebelum akhirnya jalan tersebut ditutup kembali.

Di Indonesia, sejauh ini terdapat 2.578 km jalan tol yang sudah digunakan sejak beberapa tahun lalu. Adapun untuk jalan nasional non tol tersedia hingga 46.690 km. Namun, ini merupakan pilihan pengemudi, apakah akan memanfaatkan jalur bebas hambatan (tol) atau menghendaki memilih jalan biasa. Yang harus diperhatikan adalah jangan sampai melanggar peraturan lalu lintas dan berkemudi dengan aman.

Peraturan Mudik Nataru 2023

peraturan mudik nataru 2023
Liburan kali ini, kamu mau ke mana nih, SohIB? | Sumber: Indonesiabaik.id

Umumnya pemudik di Indonesia menggunakan 4 transportasi utama sebagai pilihan bepergian antarkota dan provinsi, yakni kendaraan umum, kereta api, bus, dan pesawat terbang. Namun, ada pula sebagian lagi yang memanfaatkan jalur laut, yakni kapal sebagai transportasi pulang kampung.

Sebagaimana yang telah kita ketahui, peraturan mudik dan liburan untuk perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 melalui transportasi umum kereta api telah ditetapkan sejak tahun ini. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menekan kenaikan potensi COVID-19 yang masih ada di sekitar kita.

Melansir dari Surat Edaran Kemenhub Nomor 84 Tahun 2022, berikut adalah ringkasannya:

  1. Penumpang wajib mematuhi 6M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama, serta menggunakan hand sanitizer, serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku;
  2. Mematuhi protokol kesehatan sesuai standar yang ditetapkan, seperti menggunakan masker lapis 3, menjaga kesehatan dan kebersihan diri, serta menghindari kerumunan;
  3. Pemudik berusia 18 tahun ke atas wajib sudah mendapatkan 2 kali vaksin dan booster, serta tidak wajib menunjukkan kartu hasil negatif tes COVID-19;
  4. Pemudik berusia di bawah 17 tahun wajib sudah memiliki 2 kali vaksin dan tidak wajib menunjukkan kartu hasil negatif tes COVID-19;
  5. Pemudik berusia di bawah 6 tahun mendapat pengecualian vaksin dan tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes COVID-19, tetapi wajib ada pendamping;
  6. Pemudik komorbid yang tidak bisa menerima vaksin karena kondisi kesehatan tidak wajib melampirkan bukti vaksin, tetapi harus mendapatkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19;
  7. Dan lain-lain.

So, itulah tadi serba-serbi yang perlu SohIB ketahui mengenai mudik di perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Tak sampai seminggu lagi nuansa liburan sudah semakin dekat, nih! Di mana kamu akan menghabiskan waktu untuk healing dan berkumpul bersama keluarga? Komentar di bawah, dong!

Baca juga: Paspor Kini Berlaku 10 Tahun. Yay, Bisa Liburan Panjang!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)