Hindari Kebiasaan Buruk Ini Saat Bekerja!

Hindari Kebiasaan Buruk Ini Saat Bekerja!

Hindari melakukan ini di saat bekerja | Sumber: Unsplash (Amy Hirschi)

Bekerja tidak hanya bertujuan untuk mencari pengalaman dan menambah penghasilan. Ada tanggung jawab di balik apa yang sedang dikerjakan, baik untuk diri sendiri, rekan kerja, profesi, dan perusahaan. Namun, nggak jarang orang melakukan beberapa kebiasaan ini di lingkungan kantor, padahal bukan kebiasaan yang baik. Sadar atau tidak menyadarinya, SohIB harus segera merubahnya agar tidak mengganggu orang sekitar dan mempengaruhi kinerjamu. Apa saja, ya?

1. Work Life Balance Bukan Hal Penting!

Hayo, siapa yang masih berpikir jadi workaholic itu bagus? Ada perbedaan mendasar tentang menjadi gila kerja dengan bekerja keras, ya! Ketika seseorang sudah hard work selama jam kerja berlangsung, waktu istirahat pun dapat dimanfaatkannya dengan baik untuk diri sendiri. Berbeda dengan orang yang workaholic, mungkin office hours usai pun dia ingin tetap bekerja dan melupakan keseimbangan hidupnya. Hmm… bahaya juga, ya?

SohIB, ingat ya, bahwa kita tidak bisa memutar waktu kembali. Jangan sampai kamu menyesal telah menghabiskan masa mudamu hanya untuk perusahaan, tetapi melupakan hak tubuh. Sesekali kamu perlu lo, yang namanya me time, misalnya membeli buku, bergaul dengan teman-teman, atau bermain game.

Iya sih, kita butuh uang dan harus terus berusaha agar jenjang karier meningkat. Namun, apakah kamu tidak merasa rugi bila di kemudian hari, SohIB baru menyadari bahwa sudah kehilangan ‘banyak kesenangan yang berharga’ karena terlalu sibuk dengan urusan kantor? Padahal, perusahaan juga nggak selamanya bisa menjadi ‘tempat bersandarmu’ yang selalu bisa diandalkan dan stabil, lo!

Baca juga: 5 Realita Bekerja di Startup, Kerjanya Hanya Main?

2. Menunda-nunda Pekerjaan

Poin kedua ini sebenarnya tidak hanya sering terjadi di lingkungan profesional, tetapi bahkan di bangku sekolah sekalipun. Coba pikirkan, apa sih, enaknya menunda tugas untuk dibebankan di tenggat waktu? Bukannya justru kemungkinan merasa stres akan meningkat dan hasilnya jadi kurang maksimal, ya? Lagipula, ketika kita mendahulukan hal lain yang sebenarnya kurang penting, sepertinya bersantai pun jadi kurang nikmat karena terus teringat pekerjaan yang belum kelar. Bagaimana menurutmu?

3. Bergosip tentang Kantor

Hindari menggosipkan teman sesama kantor dengan pihak internal lainnya | Sumber: Unsplash ( Ben White)

Mungkin memang kita mendapatkan kelegaan sesaat, tetapi hal ini jangan terus dibiasakan.

C’mon guys, bergosip tentang atasan yang super ribet, pekerjaan yang menggunung, atau partner kerja yang cuek itu nggak akan menyelesaikan masalah, lo! Belum lagi, bila SohIB salah memilih tempat curhat. Resiko tersebarnya berita bahwa kamu sedang ‘menjelek-jelekkan’ individu atau perusahaan bisa sangat berbahaya karena dianggap tidak profesional dan tidak memiliki tata krama.

Bila memang kita sedang ingin menumpahkan segala rasa yang tersimpan, salurkan pada kegiatan yang lebih positif atau pilihlah teman yang sebisa mungkin bukan dari kalangan kantor. Ceritakan masalah tanpa perlu menyebutkan objek yang sedang dibicarakan. Hal ini agar kerahasiaan tetap terjaga.

4. Sulit Mengatur Waktu

Sulit memanaj waktu di sini bisa berarti banyak hal, ya. Sebagai contoh, sering terlambat berangkat ke kantor, pekerjaan belum selesai sampai deadline, istirahat terlalu lama, dan lainnya. Yuk guys, semakin dewasa kita, tugas dan tantangan lainnya di depan telah menanti. So, jangan biarkan apa yang bisa diselesaikan sekarang menjadi ‘beban tertunda’ di masa mendatang.

Baca juga: Liburan Sebentar Lagi, Ini Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi!

5. Kurang Fokus

Siapa nih, yang sering kehilangan fokus? Lagi Zoom Meeting, tetapi sambil main HP. Mencari inspirasi konten, kelamaan scrolling medsos. Waduh, ini nggak boleh dibiarkan, ya! Biasakan diri untuk tidak berusaha menjadi ‘multitasking’ dan fokus kepada satu pekerjaan hingga selesai. SohIB bisa mengontrol hasrat kita akan distraksi dengan beberapa cara sederhana, seperti mengaktifkan mode hape senyap selama beberapa jam, tidak menyentuh barang apapun saat sedang rapat virtual, hingga memberikan alarm pengingat saat membuka smartphone di waktu istirahat.

6. Sering Mengeluh

Siapa nih, yang sering mengeluh tetapi tidak lihat-lihat situasi? | Sumber: Unsplash (Mimi Thian)

Kamu pernah nggak sih, menemukan teman kerja yang hobi sekali mengeluh? Seolah-olah kesulitan dan problematika kerja semua diborong oleh dia? Okay, ingat ya, kita sudah dewasa. Di masa-masa tertentu, mungkin kita memang sedang menghadapi masa yang sulit. Namun, menggerutu-lah secukupnya kemudian temukan cara untuk berdiri lagi.

Tidak semua orang senang lo, menjadi pendengar orang yang sedang bersungut-sungut. Bisa saja sebenarnya temanmu juga mengalami masalah, tetapi berusaha tetap positif agar bersemangat. Lihatlah waktu dan perhatikan ekspresi wajah sahabatmu selama kamu bercerita, apakah dia masih nyaman mendengarkan curhatanmu atau sudah saatnya menyudahi obrolan.

7. Mengabaikan Jam Istirahat

Penting, tetapi paling sering dilewatkan! Siapa nih, SohIB yang sering menunda jam makan siang karena pekerjaan belum rampung? Siapa yang suka begadang karena tugas-tugas yang dikejar tenggat? Hal terkecil saja, apakah kamu sering mengabaikan ‘alarm tubuh’ sekadar ingin ke toilet?

Please, jangan gadaikan kesehatanmu selama menjadi ‘pejuang cuan’ lo, guys! Tubuh adalah aset pemberian Tuhan yang wajib dijaga. Kamu nggak akan mendapatkan ‘pengganti’ di toko bangunan ketika kamu kehilangan nikmat sehat. Once again, jangan menjadi egois pada diri sendiri.

Dengan menghindari 7 kebiasaan buruk ini, semoga SohIB akan menjadi individu yang lebih positif, bersemangat, dan cemerlang. Tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan perubahan dalam waktu yang singkat, karena konsistensi adalah kuncinya. Bersabarlah dengan diri dan lalui masa-masa menjadi pribadi baru dengan penuh rasa syukur!

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Cacar Monyet, Waspada!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)