Tim WFH, Ini 5 Aplikasi Absensi Online Untuk Kamu!

Tim WFH, Ini 5 Aplikasi Absensi Online Untuk Kamu!

Saat ini, bekerja bisa di mana saja sehingga absensi online semakin dibutuhkan | Sumber: Unsplash (Ant Rozetsky)

Saat ini, hampir sebagian sektor pekerjaan tidak memerlukan pegawainya untuk hadir secara fisik ke kantor alias bisa bekerja dari mana saja. Bahkan, sejak pandemi COVID-19 melanda, work from home (WFH) semakin banyak dilakukan oleh para perusahaan. Tak ayal, dengan dinamisasi ini, absensi kehadiran berbasis online sudah mulai diperhitungkan.

Namun, bukan berarti absensi daring hanya bisa kita manfaatkan untuk yang WFH saja. Company-company juga memanfaatkan teknologi ini karena selain lebih simpel dan mudah diakses, cost yang dikeluarkan untuk mesin absensi ‘konvensional’ lebih bisa ditekan.

Bayangkan saja SohIB, dahulu kita sudah cukup senang dengan kehadiran absen berbasis fingerprint, magnetic card, mesin pendeteksi wajah atau iris mata, dan lain sebagainya. Kini, dengan kecanggihan digital, bahkan kita bisa mendata kehadiran kita via handphone saja.

Yup, saat ini sudah banyak tersedia aplikasi absensi online yang memudahkan perusahaan dalam mendata kedisiplinan karyawannya tanpa harus membeli alat pengoperasiannya. Data bisa otomatis tersimpan dan perhitungan gaji menjadi lebih valid karena jarang dimanipulasi. Yang terpenting, kemudahan untuk diakses tanpa batas lokasi adalah hal paling utama.

Meski demikian, ada beberapa kelemahan dari teknologi tersebut. Kendala internet yang buruk dan kemampuan gadget masing-masing mungkin bisa berbeda-beda. Tak ayal, bila sedang ada pemadaman bergilir di tempat karyawan tinggal, maka hal tersebut bisa menjadi kesulitan tersendiri.

Nah, terlepas dari pro dan kontranya, berikut ini adalah 5 aplikasi absensi online yang bisa SohIB coba atau rekomendasikan kepada kantor tempat kamu bekerja. Yuk, kita simak bersama-sama!

Baca juga: Teknologi 5G, Apa Kelebihannya?

Clockify

Clockify bisa diunduh dari smartphone, lo! | Sumber: Clockify

Dikembangkan oleh developer COING Inc, aplikasi ini bisa mengatur jam kerja kita, melacak kegiatan selama bekerja (apakah produktif atau tidak), pelaporan projek, dan lain sebagainya. Clockify tidak mengambil data privasi kita, karena informasi yang di-input ditentukan oleh kita sendiri.

App tersebut memiliki tampilan yang simple, bersih, dan mudah digunakan. Telah diunduh oleh ratusan ribu orang, Clockify bisa kita dijalankan dengan Android maupun iOS. Biayanya? Free dan tanpa iklan. SohIB tertarik?

When I Work Employee Scheduling

Aplikasi ini memiliki free trial untuk penggunanya | Sumber: When I Work Employee Scheduling

Aplikasi bernuansa putih hijau ini memiliki berbagai fitur menarik seperti memanaj shift karyawan, men-setting waktu kerja, dan monitoring kehadiran.

Oiya, When I Work Employee Scheduling juga bisa mengirimkan pesan kepada tim tanpa harus menuliskannya satu per satu, lo! Singkat kata, aplikasi ini sudah cukup lengkap untuk kebutuhan absensi online. Hanya saja, produk dari When I Work, Inc ini memiliki batas untuk penggunaan free-nya, yaitu sampai 75 nama yang didaftarkan. Selebihnya, kita dibebankan biaya.

Hadirr

Hadirr adalah aplikasi absensi online yang berasal dari Indonesia | Sumber: Hadirr

Kebanyakan, aplikasi absensi daring menawarkan layanannya dengan bahasa Inggris saja. Hal tersebut lumrah karena selain biasanya dibuat oleh pihak pengembang luar negeri, bahasa Inggris universal untuk digunakan sebagai komunikasi antarnegara.

Nah, bila SohIB ingin mencari absensi berbasis Android yang menggunakan bahasa Indonesia, bisa banget nih, mencoba Hadirr. Di bawah naungan Fast-8, aplikasi ini menggunakan website dan handphone sebagai medianya. Hadirr tidak hanya memantau karyawan yang WFO dan WFH saja lo, tetapi juga para sales di lapangan.

Selain monitoring employee, app dengan warna khas abu-abu dan kuning ini juga memiliki fitur Reimbursement Online (mengkoordinasi sistem pembayaran karyawan), Client Visit (mencatat kunjungan klien bagi mereka yang bekerja di lapangan dan sales), hingga Lend App (menggunakan gadget yang bukan miliknya untuk pengisian absen). Btw, aplikasi ini juga bisa mendeteksi wajah sebagai data kehadiran ya, guys!

Hadirr telah dipercaya oleh banyak perusahaan ternama di Indonesia seperti Xi Bo Ba, djp, Lion Parcel, Siloam Hospitals, hingga Inalum. 

Baca juga: SEO Tools yang Sering Digunakan Untuk Optimasi Website, Sudah Tahu?

Talenta.co

Talenta.co bisa memonitoring performa dan lembur karyawan | Sumber: Talenta.co

Talenta.co merupakan aplikasi absensi daring berbasis GPS yang menyediakan fitur selfie untuk memantau para pekerja. Dengan app ini, pengguna tidak hanya mendapatkan fasilitas monitoring dan time checker, tetapi juga dilengkapi dengan fitur asuransi karyawan, penilaian performa, lembur, dan lain sebagainya.

Talenta.co menyediakan uji coba gratis yang tersedia hingga di atas 700 karyawan. Namun, untuk  selanjutnya, SohIB harus membayar mulai dari Rp. 20.000 untuk per karyawan selama satu bulan.

Fingerspot.iO

Fingerspot.iO memiliki tampilan yang bersih dan simple | Sumber: Fingerspot.iO

Sebagai salah satu brand terkemuka di Indonesia, Fingerspot.iO sudah menjadi penyedia berbagai macam mesin absensi sejak 19 tahun yang lalu, lo! Sebut saja seperti sidik jari, kartu, telapak tangan, wajah, hingga melalui software untuk online web dan ponsel.

Fitur yang tersedia sangat lengkap nih, SohIB! Website-nya pun sangat mudah diakses dan memberikan kita kemudahan untuk memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kita.

Dari beragam absensi daring yang telah tersedia, mana yang sudah pernah SohIB coba? Apakah kebermanfaatannya benar-benar lebih terasa dibandingkan dengan mesin absensi konvensional?

Baca juga: Memulai Karier Sebagai Desain Grafis? Pastikan 5 Hal Ini!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)