Memulai Karier Sebagai Desain Grafis? Pastikan 5 Hal Ini!

Memulai Karier Sebagai Desain Grafis? Pastikan 5 Hal Ini!

Sebelum memulai karier impian sebagai desain grafis, perhatikan beberapa hal ini! | Sumber: Unsplash (Smartworks Coworking)

Dunia desain grafis memang enggak ada matinya! Bayangkan saja, dari yang awalnya ‘hanya’ berupa gambar statis pada media cetak, kini seiring dengan berkembangnya teknologi, merambah hingga ke multimedia dan elektronik. SohIB bisa menemukan berbagai macam profesi yang membutuhkan para desainer ini dengan banyak style.

Btw, desain grafis enggak hanya melulu soal menggambar lo, SohIB! Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum menetapkan karier di salah satu pekerjaan populer di kalangan millenial ini. So, are you ready?

Pahami Prinsip Desain Grafis

https://unsplash.com/photos/ubIWo074QlU Photo by NordWood Themes on Unsplash
Sudahkah kamu tahu bagaimana prinsip dari desain grafis? | Sumber: Unsplash (NordWood Themes)

Yup, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, profesi ini tidak hanya sekadar mencorat-coret. Salah satu cabang dari ilmu seni desain ini memadukan banyak macam unsur, seperti garis, tekstur, bentuk, warna, proporsi, dan corak. Kesemuanya menggunakan teknik-teknik tertentu dan tentunya melibatkan kreativitas kita.

Meskipun seni dikatakan tidak pernah salah dan unlimited, bukan berarti kita bisa menghasilkan karya tanpa makna ya, guys! Desain grafis memiliki tujuan, salah satunya adalah menyampaikan pesan secara tersirat kepada audiens melalui media yang kita hasilkan.

Baca juga: Fakta Menarik Sang Juara Matematika Dunia, Mischka dan Devon

Tentukan Gayamu!

Setiap orang memiliki style-nya masing-masing dalam mengekspresikan karya seninya. So, mulai dari sekarang, explore gaya desain grafis SohIB agar segera menemukan langkah paling nyaman saat terjun ke dunia profesi nanti.

Memang sih, saat bekerja kita akan dituntut untuk mengikuti nilai dan misi yang diterapkan perusahaan. Meski demikian, selama masih memiliki waktu untuk berkembang dengan banyak sudut pandang, gunakan kesempatan itu untuk mencari tahu ‘gaya menggambarmu’. Bukan tidak mungkin bila suatu saat nanti, justru SohIB akan bertemu dengan company yang ‘satu kepala’ dengan kamu.

Jangan batasi perspektifmu saat sedang mencari panutan yang inspiratif. Dengan demikian, SohIB akan lebih siap dengan banyaknya ragam desain grafis, meskipun menyenangi satu dua style.

Pelajari Hard Skill dan Soft Skill yang Dibutuhkan

https://unsplash.com/photos/v9vII5gV8Lw Photo by Emily Bernal on Unsplash
Terdapat beragam tools yang lazim digunakan bagi para desain grafis | Sumber: Unsplash (Emily Bernal)

Semua pekerjaan memiliki klasifikasi tertentu yang harus kita kuasai. Berikut ini adalah hard skill yang biasanya akan sering dibutuhkan bagi perusahaan saat sedang meng-hire seorang desainer:

  • Bisa mengoperasikan beberapa tools desain grafis, seperti Adobe Photoshop, Adobe InDesign, GIMP, Sketch, Adobe Illustrator, dan lainnya.
  • Kreatif, mampu memproyeksikan pesan sesuai arahan client, dan menuangkannya dalam bentuk gambar. 
  • Paham tipografi.
  • Bisa bahasa pemrograman yang relevan dengan tampilan situs.
Baca juga: 6 Soft Skills yang Wajib Dikuasai Sebelum Usia 30

Sedangkan soft skill yang harus kita bisa adalah:

  • Memiliki time management yang baik.
  • Bisa berkomunikasi dua arah dan pendengar yang baik.
  • Berpikiran terbuka dengan segala masukan dan kritikan.
  • Menjadi problem solver dengan dirinya saat sedang overburn
  • Senang bereksplorasi dan antusias dengan tantangan baru

Bangun Relasi yang Kuat 

Kesuksesan tidak datang sendirian. Untuk itu, diperlukan networking yang luas untuk memacu kita terus berkembang. Bergabunglah dalam komunitas sesama pecinta desain grafis agar mendapatkan banyak ilmu yang mungkin tidak kita dapatkan saat belajar sendiri.

Jangan salah, bergabung saja tak cukup ya, SohIB! Banyak kelompok diskusi yang berisi orang-orang profesional di dalamnya. Jadilah member yang aktif, siapa tahu, tidak hanya ‘bekal’ ilmu saja yang didapat, tetapi juga link pekerjaan.

Belajar dan Terus Belajar

https://unsplash.com/photos/dym3_MMlJGI Photo by Thanzi Thanzeer on Unsplash
Sejatinya, seseorang perlu terus belajar untuk mengembangkan dirinya | Sumber: Unsplash (Thanzi Thanzeer)

Mempelajari teori saja akan kurang apabila tidak dibarengi dengan latihan. Bayangkan saja, bila SohIB hanya membaca buku rumus Matematika tanpa mengerjakan soal, belum tentu bisa memecahkan soal dengan lancar, kan?

Oiya, mengikuti pelatihan tentang desain grafis juga sangat disarankan. Selain bagus untuk pengalaman, portofolio penunjang tentu tidak ada salahnya, bukankah begitu?

Baca juga: 4 Manfaat Bergabung dengan Komunitas, Anak Milenial Wajib Ikut!

Beberapa saran di atas bisa banget kamu coba sebelum memulai langkah sebagai desain grafis. Tentunya, tips-tips ini dapat SohIB aplikasikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Selamat berjuang untuk menjadi seorang desain grafis yang andal, ya! Semoga kamu berhasil!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)