Intip 5 Cara Seru Agar Suka Makan Sayur

Intip 5 Cara Seru Agar Suka Makan Sayur

Ilustrasi orang yang benci makan sayur | Freepik (freepik asset)

“Aduh, sayuran ga enak! Rasanya aneh,”

Wah, adakah SohIB di sini yang tidak suka makan sayur?

Sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang mampu menangkal berbagai macam penyakit. Sayur juga berfungsi sebagai antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal senyawa berbahaya.

Serat yang terkandung dalam sayur juga membuat perut merasa lebih cepat kenyang. Cocok bagi SohIB yang ingin melakukan diet.

Sayangnya, walaupun sayur memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi tubuh, banyak orang yang cenderung tidak suka mengonsumsi sayur dalam kehidupan sehari-hari.

Sebuah Riset Kesehatan Dasar menunjukkan, 95.5% masyarakat Indonesia masih sangat kurang dalam mengonsumsi sayuran. Rendahnya tingkat kepekaan masyarakat terhadap sayur ini dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pentingya manfaat sayuran.

Mau Berbadan Bugar? Begini Gaya Hidup Sehat yang Harus Kamu Coba!

Cara Agar Mulai Suka Makan Sayur

Agar kebutuhan gizi seimbang tetap terpenuhi, tentu saja SohIB wajib mulai memasukkan sayuran ke dalam daftar makanan SohIB. Berikut adalah beberapa cara seru yang dapat kamu lakukan agar dapat memulai hidup sehat dengan sayur:

1. Masak dengan rempah-rempah

Sayur kaya akan rempah
Ilutsrasi sayuran yang dimasak dengen rempah | Freepik (wirestock)

Beruntung rasanya tinggal di Indonesia yang memiliki berbagai macam rempah. Rempah bisa membantu untuk memberikan rasa gurih dan sedap dalam masakan.

Saat memasak sayuran, kamu bisa menambahkan rempah-rempah seperti ketumbar, lada, bawang putih, atau cabai untuk menambah cita rasa. Penambahan bahan masak ini dapat membuat sayuran yang kamu masak menjadi lebih enak.

2. Buat sayuran menjadi smoothie

green smoothies
Smoothie sayuran hijau | Freepik (racool_studio)

Beberapa sayuran cenderung memiliki rasa yang pahit. Untuk mengatasi ini, SohIB bisa membuat olahan dengan sayuran, loh!

Kamu bisa menambahkan buah-buahan agar dapat menetralisir rasa sayuran. Misalnya, blender buah kesukaan kamu dan campur dengan bayam.

Namun, mengutip dari hallosehat.com, memblender sayuran akan mengurangi kandungan seratnya. Walaupun kamu tetap akan mendapat asupan vitamin dan mineral, jadikan smoothie sayuran ini sebagai selingan saja, ya!

3. Olah sayuran menjadi snack

kue sayur
Cake sayuran | Freepik (chandlervid85)

Bagi pecinta makanan atau snack, mengolah sayuran menjadi makanan ringan adalah opsi terbaik. SohIB bisa membuat jajanan yang mengandung sayur, seperti martabak sayur, atau membuat keripik bayam. Memasak muffin dengan tambahan sayuran juga bisa menjadi alternatif, loh!

4. Coba bereksperimen dengan sayuran

wortel
Ilustrasi mengolah wortel | Freepik (stoccking)

SohIB bisa memilih sayuran berwarna mencolok seperti bayam merah, wortel, brokoli, dan lainnya. Sayuran berwarna mencolok akan membuat mata segar saat memandangnya. Selain itu, warna dan penampilan sayuran juga mempengaruhi nafsu makan, loh!

Mengutip dari National Council on Aging, untuk semakin menambah semangat makan, kamu bisa bereksperimen dengan membuat sayuran menjadi bentuk yang ‘unik’. SohIB bisa menggunakan pisau yang dijual di pasaran.

Sederhananya, saat kamu ingin memasak wortel, kamu bisa memotong wortel dengan pisau yang berbentuk gelombang untuk menciptakan potongan yang menarik. Setelah itu, potongan sayuran ini dapat dicampurkan dalam sup atau bahkan dibuat menjadi salad sayur. Wah, patut dicoba!

10 Buah Tropis Khas Indonesia Banget, Kamu Suka yang Mana?

5. Mulai dari sedikit sayur yang disukai

sayuran
Ilustrasi sayuran sehat | Freepik (kamranaydinov)

Rasanya mustahil jika langsung memaksakan diri untuk memakan sayuran yang tidak disuka. Nah, SohIB bisa memulai makan sayuran dari yang kamu suka. Misalnya, memasak olahan ayam dengan brokoli dan pakcoy.

Mencoba variasi lain juga sangat penting. Sebagai contoh, SohIB suka bayam hijau, untuk mengenal jenis dan rasa bayam yang lain, kamu bisa mencoba bayam merah.

Nah, itu tadi cara-cara seru yang bisa kamu lakukan untuk mengolah sayuran. Jangan lupa untuk mulai mengonsumsi sayuran agar nutrisi tubuh terpenuhi, ya

Referensi:

Mandagie, V. P., Adam, H., & Ratag, B. T. (2023). Gambaran Pengetahuan dan Sikap tentang Konsumsi Buah dan Sayur pada Peserta Didik SMA Katolik Rex Mundi Manado. Jurnal Kesmas, 12(1), 86-89.

National Council on Aging. (8 May 2022). ncoa.org. Diakses tanggal 14 September 2023, dari https://www.ncoa.org/article/10-tips-to-help-an-older-adult-eat-more-vegetables/TanpaPenulis

Setiaji, R. B. (2020, 12 18). Hello Sehat. Retrieved from hellosehat.com: https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/cara-suka-makan-sayur/