Hari Persahabatan Sedunia 2023, Begini Cara Merayakannya!

Hari Persahabatan Sedunia 2023, Begini Cara Merayakannya!

Persahabatan adalah salah satu hal terindah di dunia | Sumber: Unsplash (Melissa Askew)

Selamat Hari Persahabatan Sedunia, SohIB!

Yup, setiap tanggal 30 Juli, dunia memperingati Hari Persahabatan Internasional atau yang juga bisa disebut sebagai International Friendship Day, lo! PBB mengesahkan hal tersebut sebagai momentum dan ajakan bagi seluruh orang di dunia, termasuk anak muda sebagai pemimpin selanjutnya, untuk merayakan pertalian dan persahabatan antarmanusia di dunia.

Sebagaimana yang kita ketahui, perdamaian menjadi salah satu tantangan saat ini. Terlebih lagi, banyak isu, baik sensitif dan nonsensitif, dapat memicu pertengkaran di antara orang. Padahal dengan adanya perbedaan, baik secara budaya, ras, suku, kepercayaan, potensi, dan lainnya, seyogyanya itu membuat kita bisa saling menghormati.

Mengenal Flexing, Budaya Pamer di Medsos yang Kurang Baik

Makna Hari Persahabatan Sedunia

Memaknai Hari Persahabatan Sedunia
Memaknai Hari Persahabatan Sedunia | Sumber: Unsplash (Tyler Nix)

International Friendship Day bisa menjadi reminder kita, bahwa pada dasarnya, setiap orang akan selalu punya perbedaan, bahkan meskipun ada kesamaannya sekalipun. Dibutuhkan rasa kasih sayang, kesadaran untuk bisa menghormati, dan peduli dengan sesama untuk menciptakan jalinan yang kita sebut sebagai “pertemanan dan persahabatan”.

Dengan demikian, SohIB akan mendapatkan ketenangan yang tak hanya bisa dirasakan dalam hati, tetapi juga ketentraman lingkungan. Rasa syukur pada diri akan semakin besar, terlepas dari segala kekurangan. Bahkan, kita bisa saling melengkapi satu sama lain.

Dilansir dari Liputan6, Hari Persahabatan Internasional lahir karena adanya inisiatif dari proposal UNESCO. Dalam ‘bukunya’ organisasi tersebut mendefinisikan Budaya Damai sebagai seperangkat nilai, sikap, dan perilaku yang menolak kekerasan.

Tak hanya itu saja, inisiatif itu sebagai upaya pencegahan konflik dengan mengatasi akar penyebabnya dengan tujuan untuk memecahkan masalah.

Atas dasar inilah SohIB, Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB mengesahkannya di tahun 1997.

Cara Merayakan Hari Persahabatan Sedunia

Cara merayakan Hari Persahaban Sedunia
Cara merayakan Hari Persahaban Sedunia | Sumber:  Unsplash (Sam Mcnamara)

Bersyukurlah pada mereka yang mempunyai sahabat di dunia ini! Sebuah harta yang tak bisa tergantikan maknanya, bahkan sulit didefinisikan keindahannya. Persahabatan dapat terjalin dengan baik, menimbulkan perasaan yang nyaman, ada rasa siap berkorban, bahkan tanpa pertalian darah sekalipun. Wow, menakjubkan sekali, ya!

So, inilah beberapa cara yang bisa SohIB lakukan untuk merayakan International Friendship Day!

Katakan Bahwa Kamu Bersyukur Mempunyai Sahabat Seperti Dia

Tidak ada hal yang lebih indah daripada lantunan kalimat yang mengatakan betapa bersyukurnya kamu mempunyai sahabat seperti dia.

Bagi beberapa orang, mungkin jarang sekali untuk sekadar mengatakan rasa syukur dan terima kasihnya karena merasa beruntung berteman dengan orang tersebut. Mumpung sekarang ada kesempatan, coba deh, lakukan!

Berbincang dengan Sahabat

Persahabatan bisa terus terjalin, meskipun berada di tempat yang berjauhan sekalipun. Menelepon teman dekatmu bisa menjadi ‘tempat alternatif’ untuk saling melepas kerinduan. Terlebih lagi, dengan kecanggihan perangkat gadget, kamu bisa dengan mudah bertatap muka dengan temanmu via video call.

7 Alasan Cyberbullying Itu Buruk, Stop Lakukan!

Mengirimkan Bingkisan atau Barang Kesukaannya

SohIB bisa mengejutkan temanmu dengan mengirimkan hadiah yang merupakan kesukaannya. Lagipula, saat ini untuk mengirimkan sesuatu dengan cepat tidaklah sulit. Jika kamu belum bisa menyiapkan kejutan tersebut jauh-jauh hari, manfaatkan layanan ojek dan toko online untuk mengantarkan bingkisan itu.

Keluar Bersama ke Tempat Favorit

Ada waktu untuk pergi bersama ke cafe atau tempat favorit kalian? Lakukan saja! SohIB dapat mengalokasikan waktu khusus untuk bertemu sahabatmu di tengah-tengah kesibukan. Bagi mereka yang sudah tidak terlalu sering hangout bareng teman dekat, momen ini sangatlah mahal!

Disarankan untuk memilih tempat yang kondusif (tidak bising) agar berbincang-bincang bisa nyaman. Kemudian, pertimbangan jam operasional tempat kalian bertemu. Bisa saja kan, SohIB molor waktu karena terlalu asyik mengobrol?

Bernostalgia tentang Cerita Masa Lalu yang Menyenangkan

Hari Persahabatan Dunia ada sejarahnya, begitu juga dengan persahabatan kalian. Dengan mengingat momen dan alasan SohIB akhirnya bisa menjadi bestie dengan dia, dapat memupuk rasa hangat di dalam hati, lo!

Kita bisa menggali perasaan-perasaan dan waktu yang telah berjalan dan mungkin terlupakan hingga saat ini. Banyak orang merasakan semakin tingginya rasa cinta mereka kepada sesuatu atau seseorang, dengan mengingat peristiwa lama yang menyenangkan.

Refleksi Kekurangan Masing-Masing Selama Menjadi Sahabat

“Dear sahabatku, maaf ya, selama ini aku masih suka cuek sama kamu..”

Sebagai seorang teman, mungkin saja ada banyak kealpaan yang disebabkan oleh diri kita. Terkadang, ada juga perasaan bersalah karena tidak benar-benar bisa berada di samping sahabatmu ketika ia sedang bersedih atau terpuruk.

Permintaan maaf dan refleksi diri, biar pun sahabat tidak benar-benar ingin kita merasa bersalah akan hal itu, dapat semakin merekatkan hubungan SohIB dengan bestie. Ia jadi tahu, bahwa kamu ternyata memang selalu memikirkannya, meskipun secara fisik sedang terpisah karena jarak dan waktu.

Selamat Hari Persahabatan Sedunia semuanya!

5 Kebiasaan Buruk di Pertemanan yang Sering Dilakukan, Please Stop!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)