12 Makanan Paling Viral Tahun 2022, Kamu Pernah Coba?

12 Makanan Paling Viral Tahun 2022, Kamu Pernah Coba?

Makanan Paling Viral Tahun 2022 | Sumber: Instagram (firafooddiary)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Setiap detik, bukan hanya tren yang kian berganti. Makanan-makanan baru nan unik pun kerap menampakkan diri. Dengan bantuan media sosial, kuliner tersebut menjadi viral dan semakin dikenal banyak orang.

Makanan yang viral pun bukan hanya berasal dari Indonesia, tetapi kerap dipengaruhi oleh budaya negara lain, seperti Korea Selatan maupun Jepang. Penasaran ada apa saja makanan paling viral tahun 2022Yuk, langsung simak daftarnya berikut ini!

1. Corndog

Makanan Paling Viral Tahun 2022: Corndog
Corndog versi Korea Selatan begitu populer di Indonesia. | Sumber: Flickr (Marco Verch Professional Photographer)

Makanan paling viral tahun 2022 pertama adalah corndog. Sebenarnya, panganan ini sudah populer di Tanah Air sebelum 2022. Akan tetapi, keberadaannya masih tetap eksis hingga sekarang.

Buat yang belum tahu, corndog adalah camilan sejenis hot dog. Bedanya, sosis dari corndog dibalur dengan adonan tepung cornmeal yang kemudian digoreng. Kudapan sosis ini sebenarnya berasal dari Amerika Serikat. Namun, yang terkenal di Indonesia adalah corndog versi Korea Selatan.

Nah, ciri khas corndog Korea adalah variannya yang beraneka ragam, mulai dari isian keju mozarella, cumi-cumi, hingga dibaluri potongan kentang. Bukan hanya asin, tapi ada juga varian manis corndog, lo! Cocok, nih, buat kamu yang punya sweet tooth.

2. Mi Pedas

Akhir-akhir ini, orang nampaknya tergila-gila dengan kuliner bercita rasa pedas. Ada yang memang benar-benar suka, tetapi ada pula yang sekadar ingin menantang diri saja. Makanan yang dibuat pedas pun beraneka ragam. Nah, yang paling digemari masyarakat Indonesia adalah mi.

Kemungkinan besar, tren makan mi pedas bermula dari meledaknya popularitas mi Korea Samyang di Indonesia. Selepas itu, produsen-produsen mi lokal pun mulai mengeluarkan produk serupa, contohnya Pop Mie Pedes Dower dan Indomie Hype Abis.

Bukan hanya mi instan, SohIB juga dapat menemukan sejumlah rumah makan yang menyajikan mi pedas dengan level tertentu. Contohnya adalah Mie Abang Adek. Di sini, kamu bisa memesan mi goreng yang menggunakan 100 biji cabai! Waduh, bukan cuma membakar lidah, lambung pastinya bakal mampus, tuh!

3. Risol Mayo Margo

Siapa yang suka makan gorengan? Beberapa waktu yang lalu, ada gorengan yang sempat menghebohkan jagat TikTok, lo! Namanya adalah risol mayo Margo.

Dilansir Bisnis.com, sesuai namanya, risol mayo yang satu ini dijual oleh keluarga salah seorang influencer TikTok bernama Margo Stefy. Dirinya sering mengunggah konten tentang kehidupannya sehari-hari. Salah satu yang ia bagikan adalah momen ketika ia membantu ibunya membuat dan menjajakan risol mayones.

Nah, seiring berjalannya waktu, Margo pun semakin populer di TikTok. Alhasil, risoles buatan keluarganya pun menjadi salah satu makanan paling viral tahun 2022. Karena saking viralnya, orang yang datang begitu banyak dan mereka bahkan rela mengantre sejak subuh!

Kalau dilihat-lihat, risol mayo Margo tampak seperti risoles pada umumnya. Bagian luarnya yang crispy berpadu dengan isian mayones dan dagingnya yang yummy. Menurut mereka yang sudah mencoba, kudapan yang satu ini benar-benar menggoyang lidah.

Selain risol mayo, juga ada jajanan lainnya yang bisa dibeli, seperti pastel, lemper, panada, dan tahu goreng. SohIB sudah ada yang pernah coba makan risol mayo Margo, kah?

Baca Juga: 7 Makanan Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

4. Seblak Cocol

Makanan Paling Viral Tahun 2022: Seblak Cocol
Bukan pakai kuah, seblak yang satu ini disantap dengan cara dicocol bersama sambal. | Sumber: Instagram (its.byra_)

Ketika ngomongin seblak, yang langsung terlintas di pikiran adalah kuahnya yang panas nan pedas. Namun, tidak untuk seblak yang satu ini. Meskipun sama-sama berbahan kerupuk yang direbus, cara makannya bukan disantap dengan kuah, melainkan dicocol dengan sambal pedas.

Bahan sambalnya sendiri nggak beda dengan yang digunakan untuk membuat seblak biasa, yaitu hanya ada cabai rawit, kencur, bawang putih, dan penyedap. Buat SohIB yang pencinta seblak, sudah pernah coba makan versi yang viral ini?

5. Chicken Steak Pak Madi

Makanan paling viral tahun 2022 berikutnya adalah Chicken Steak Pak Madi. Hmm, padahal cuma bistik ayam biasa, tapi kenapa bisa viral, ya? Nah, yang membuat popularitas bistik ayam ini meroket adalah karena cita rasa dan harganya yang terjangkau.

Meskipun dijual ala pedagang kaki lima, kualitas chicken steak buatan Pak Madi benar-benar diperhatikan. Merujuk laman detikfood, daging ayam dan bumbu yang digunakan dibeli dari supermarket premium sehingga hidangan ayam yang disuguhkan begitu empuk dan kaya rasa.

Lebih-lebih lagi, sang koki sendiri, Pak Madi, merupakan mantan chef yang sudah lama bergelut di dunia katering dan pernah melayani pejabat-pejabat tinggi. Jadi, soal rasa, nggak perlu diragukan lagi, deh!

Hanya ada dua menu yang ditawarkan, yaitu chicken steak dan chicken black pepper. Meskipun begitu, dagangan Pak Madi bisa habis kurang dari dua jam setelah ia membuka gerai makanannya.

6. Nasi Bakar

Mirip dengan hidangan sebelumnya, mungkin nggak ada yang terlalu spesial dari nasi bakar. Namun, berbeda dengan yang dijajakan di kedai Kuali Kuning Nasi Bakar.

Berlokasi di kawasan Kramat Jaya Baru, Johar Baru, kedai berkonsep angkringan ini jadi ramai dikunjungi pelanggan karena sang pemiliknya adalah mantan anggota JKT48. Ia adalah Melati Putri Rahel Sesilia.

Adapun makanan yang bisa SohIB santap di sini antara lain nasi bakar ikan teri, nasi bakar ayam, hingga nasi bakar cumi. Hanya dengan Rp15 ribu, kapan lagi kamu bisa mencoba hidangan nasi bakar buatan member JKT48?

7. Natto

Makanan Paling Viral Tahun 2022: Natto
Natto merupakan makanan tradisional Jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. | Sumber: Maxpixel

Nggak mau kalah dari Korea Selatan, ada juga kuliner khas Negeri Matahari Terbit yang sempat viral di Tanah Air. Itu adalah natto, makanan tradisional Jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai.

Tampak luar, natto memang kelihatan seperti kedelai biasa. Namun, karena difermentasi, makanan ini jadi berlendir dan memiliki bau mirip kaus kaki lama ataupun keju. Itulah mengapa banyak orang yang enggan dan malah muntah ketika memakannya.

Kebanyakan orang mungkin langsung melahap natto langsung dari kemasannya. Padahal, cara makan yang benar adalah melumuri natto dengan saus mustar yang telah disediakan, lalu menyantapnya bersama nasi hangat.

8. Jajanan Lawson

Makanan paling viral tahun 2022 selanjutnya berasal dari minimarket asal Jepang, Lawson. Ramai orang menyerbu minimarket ini untuk mencoba odeng-nya yang ikonik.

Bukan cuma itu, SohIB pastinya juga bisa mencicipi jajanan lain di Lawson, mulai dari sandwich, sate, dan aneka gorengan. Pokoknya, tinggal siapin duit aja, kamu sudah bisa kenyang menikmati beragam makanan di Lawson.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Buruk Setelah Makan, Jangan Langsung Tidur!

9. Fruit Sando

Makanan Paling Viral Tahun 2022: Fruit Sando
Sandwich di Jepang memiliki isian whipped cream dan buah-buahan segar. | Sumber: Wikimedia Commons (Kykk wiki)

Bukan Jepang namanya kalau nggak unik. Kalau sandwich pada umumnya berisi sayuran dan daging, roti isi di Jepang malah memiliki isian krim dan buah. Namanya adalah fruit sando alias roti isi buah.

Jadi, dua lembar roti tawar dibaluri dengan krim kocok yang lembut. Di atasnya, diberi buah-buahan segar, seperti stroberi, anggur, dan jeruk. Setelah itu, kedua lembar roti disatukan, dibungkus dalam plastik rapat, lalu dimasukkan ke dalam kulkas.

Nah, kalau sudah didinginkan, sando lantas dibelah menjadi dua. Tampilan roti isi ini jadi begitu cantik, yakni tampak seperti bunga. Rasanya so pasti menggoyang lidah karena lembutnya krim bercampur dengan segarnya buah-buahan. Oishii!

10. Souffle Pancake

Masih dari Negeri Matahari Terbit, souffle pancake khas Jepang juga sempat trending di Indonesia. Berbeda dengan panekuk pada umumnya, souffle pancake ala Negeri Matahari Terbit tidaklah tipis, melainkan tebal layaknya kue.

Meskipun begitu, tekstur pancake ini sangat lembut. Saking lembutnya, souffle pancake khas Jepang bisa bergoyang-goyang apabila diguncang. Nah, karena karakteristiknya yang berbeda dari panekuk kebanyakan itu, orang-orang jadi penasaran dengan rasa dan sensasinya.

11. Ayam Utuh

SohIB pastinya pernah makan ayam goreng, kan? Kalau setiap beli, kamu mungkin akan memilih antara bagian sayap, paha, dan dada. Namun, pernahkah kamu mencoba makan satu ekor ayam utuh?

Nah, tren makan ayam utuh pernah viral selama tahun 2022. Kemungkinan besar, tren kuliner ini dipengaruhi oleh budaya makan orang Korea Selatan yang ditampilkan dalam drama-drama Korea.

For your information, masyarakat di sana sering kali menyantap ayam secara utuh, tanpa dipotong-potong. Ketika makan, setiap orang pun biasanya mendapat porsi satu ekor ayam dan mereka sanggup menghabiskannya.

Adapun contoh gerai makanan di Indonesia yang menyediakan sajian ayam utuh adalah Geprek Bensu dan Richeese Factory. Kalau ayamnya utuh begitu, mungkin nggak bakal habis dimakan sendiri, deh.

12. Oreo x Blackpink

Last but not least, makanan paling viral tahun 2022 terakhir adalah Oreo Blackpink. Yup, sesuai namanya, varian yang satu ini diluncurkan atas kolaborasi Oreo dengan salah satu girl group ternama asal Korea Selatan, Blackpink. Pastinya, kamu sudah tahu mengapa jajanan ini viral, kan?

Para Blink, sebutan penggemar Blackpink, lantas menyerbu supermarket, minimarket, hingga olshop untuk bisa mendapatkan varian oreo ini. Bukan hanya karena penasaran dengan rasanya, tapi juga karena photo card yang bisa ditemukan di kemasan Oreo Blackpink ukuran besar.

Karena bertema Blackpink, maka biskuitnya pun juga seperti itu. Ada yang berwarna merah jambu dengan krim hitam dan ada pula yang sebaliknya, yakni biskuit berwarna hitam dengan krim merah jambu.

Untuk krim hitam, rasanya seperti dark chocolate, sedangkan krim merah jambu memiliki cita rasa stroberi. SohIB yang ngaku Blink, sudah beli belum?

Baca Juga: 6 Tren Paling Viral Tahun 2022, Ada NFT sampai Citayam Fashion Week

Selama tahun 2022, ada banyak kuliner yang populer di media sosial, mulai dari corndog, seblak cocol, sampai dengan Oreo Blackpink. Dari semua makanan paling viral tahun 2022 di atas, SohIB sudah pernah coba yang mana ajanih?

Takut ketinggalan berita tren terkini? Tenang! Kamu tetap bisa update dengan membaca artikel di sohib.indonesiabaik.id. Bukan cuma itu, kamu juga bisa bergabung ke komunitas SohIB, sebuah persembahan dari Indonesia Baik.

Di sana, kamu bisa bertemu dengan teman-teman baru dan mendapatkan informasi mengenai workshop dan talk show yang bermanfaat untuk pengembangan skill-mu. Menarik bangetkan? Makanya, langsung gabung sekarang, kuy!

Editor: Firdarainy Nuril Izzah