Berapa Lama Screen Time yang Direkomendasikan?

Berapa Lama Screen Time yang Direkomendasikan?

Screen time Indonesia termasuk tinggi, lo | Sumber: Unsplash (Jamie Street)

SohIB tahu nggak, kalau masyarakat Indonesia berada di ranking teratas secara global sebagai pengguna internet terlama di dunia tahun 2022?

Berdasarkan sebuah laporan firma riset data.ai, “State of Mobile 2023”, diketahui, kita memiliki durasi screen time dengan rata-rata 5,7 jam per hari dan angka tersebut termasuk tinggi, lo! Bahkan, sedikit lebih tinggi bila dibandingkan dengan Brasil dan Arab Saudi yang mempunyai waktu sekitar 5,3 jam tiap harinya, disusul Korea Selatan dan Singapura.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Indonesia Baik, screen time kita memang meningkat tajam sejak pandemi COVID-19 di tahun 2020 lalu. Nggak tanggung-tanggung, kenaikannya mencapai 5,56% sendiri, lo!

Kereta Tercepat di Dunia, Siapa yang Paling Sat Set?

Memang sih, fakta di atas mempunyai banyak alasan dan tidak melulu karena masyarakat bermalas-malasan saja. Seiring dengan maraknya beraktivitas dari jarak jauh atau rumah (work from home dan sekolah online), praktis memang kehidupan kita banyak lebih bergantung dengan yang namanya internet.

Hitung saja, jika normalnya SohIB bekerja selama 8 jam sehari, kemungkinan untuk berlama-lama di gadget memang besar bukan?

Siapa yang Paling Sering Main Hape?

Jika membahas siapakah generasi yang paling betah berselancar ria di dunia maya, kamu mungkin sudah bisa menebak dengan benar. Yes, data dari Kementerian Kominfo dalam laporan survei Status Literasi Digital di Indonesia 2022 menuliskan tentang pola perilaku digital masyarakat kita (salah satunya ketika menggunakan internet) dan inilah hasilnya!

screen time indonesia
Durasi screen time masyarakat Indonesia | Sumber: Indonesia Baik

Bila kamu melihat grafik di atas, SohIB dapat melihat bahwa Gen Z adalah kelompok tertinggi yang lama melakukan screen time-nya, yakni mencapai 35%, disusul oleh Gen Y atau milenial sebanyak 26%, dan selebihnya Gen X dan Boomers yang hanya 19%. 

Btw, yang dinamakan dengan Gen Z adalah mereka yang lahir sekitar tahun 1996 hingga 2010. Kemudian Gen Y diisi oleh bayi yang lahir di 1980-1995, dan Boomers yang lebih tua lagi daripada keduanya. Adapun untuk anak-anak yang lahir di era terkini, yaitu mulai tahun 2010 ke atas, banyak yang menyebutnya sebagai generasi Alpha, meskipun belum paten.

Ini 5 Prospek Karier Multimedia yang Cerah untuk Kamu!

Durasi Screen Time yang Aman

Diinformasikan dari Indonesia Baik, para ahli merekomendasikan durasi tertentu bagi kita untuk ber-screen time ria. Hal tersebut berdasarkan kelompok usianya, sehingga tidak mengganggu perkembangan diri seseorang. Bagaimana?

0-24 bulan

SohIB mungkin tidak lagi kaget dengan ilmu parenting di mana anak-anak di bawah usia 5 tahun, terutama bayi, dilarang terpapar oleh gadget.

Well, bayi di bawah 24 bulan, pada dasarnya memang tidak diperbolehkan untuk terpapar layar elektronik sama sekali. kecuali melakukan panggilan video dengan keluarga, yang itupun juga dibatasi.

2-3 tahun

Meskipun sudah ‘mulai’ diizinkan untuk anak dalam kelompok usia ini memanfaatkan gadget, para ahli merekomendasikan screen time tidak lebih dari 30 menit. Namun, pastikan hanya konten-konten yang edukatif yang diberikan kepada batita.

Durasi screen time yang baik
Durasi screen time yang baik | Sumber: Indonesia Baik

3-5 tahun

Sedikit lebih lama dari kelompok umur sebelumnya, anak dalam kategori usia balita cukup diberikan waktu tak lebih dari 60 menit. Dalam waktu yang singkat tersebut, orang tua diharapkan mampu menyediakan konten-konten visual yang sesuai dengan kebutuhan.

Lebih dari 5 tahun

Pada poin keempat ini, sebetulnya nggak ada standar tertentu terkait screen time yang direkomendasikan. Apalagi, anak dengan kelompok usia tersebut diasumsikan sudah lebih aktif dan mungkin sedikit sulit terhindar dari kebutuhan gadget.

Namun, sebaiknya jangan sampai mengganggu proses pembelajaran, interaksi dengan teman dan keluarga, aktivitas fisik, waktu istirahat, hingga kesehatan mental. Sudah banyak lo, kasus anak-anak kecanduan HP di umur-umur ini.

Remaja dan dewasa

Dan di sinilah kita, SohIB! Waktu ideal untuk melakukan ber-scrolling ria dalam sehari yang direkomendasikan yakni 257 menit atau sekitar 4 jam 17 menit. Tentu lebih tinggi karena tidak hanya smartphone saja yang kemungkinan kita gunakan. Bisa laptop, tablet, hingga televisi.

Oleh karena itu, SohIB harus lebih bijaksana dalam menggunakan kesempatannya dalam screen time. Ingat, dunia itu sangatlah indah di luar sana. Kamu nggak akan rugi kok, mengurangi waktu bermain gadget, dan memprioritaskan diri melakukan hal lainnya.

Banyak hobi dan potensi yang bisa digali. Banyak pengalaman dan kesempatan yang menunggu untuk dijemput. Dan terkadang, bukan duduk dan scrolling medsos yang mempunyai jawabannya. So, bagaimana menurutmu?

Screen Time Indonesia Tinggi, Ini lo, Efek Buruknya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)