Ini 5 Prospek Karier Multimedia yang Cerah untuk Kamu!

Ini 5 Prospek Karier Multimedia yang Cerah untuk Kamu!

Prospek karier cemerlang untuk lulusan multimedia | Sumber: Unsplash (Jacob Owens)

Dengan kemajuan teknologi dan tingginya minat masyarakat terhadap konten media, hingga hari ini, jurusan multimedia memiliki prospek karier yang cemerlang, lo! Tak hanya dituntut harus kreatif, bila SohIB berprofesi di bidang ini, kamu juga harus pandai mengikuti trend terbaru. Karena itulah, tidak heran apabila para lulusannya terbilang berdaya saing tinggi dan mempunyai pilihan pekerjaan yang beragam. Apa saja, ya?

Video Editor

Pekerjaan ini adalah pilihan yang paling banyak diminati oleh lulusan multimedia. Selain kesempatannya yang sangat terbuka lebar, video editor saat ini banyak terbantu oleh berbagai macam software desain, mulai yang ringan hingga berat, untuk PC atau handphone, bahkan nonberbayar. Video editor tidak hanya akan berkutat pada pembuatan film komersial saja, tetapi juga video menikah, ulang tahun, kelahiran anak, dan momen lainnya.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Mengedit Video di PC atau Laptop, Pilih Mana?

Animator

https://unsplash.com/photos/0_Vox1kDz3U Photo by Ihnatsi Yfull on Unsplash
Indonesia memiliki animator yang tembus hingga ke Disney, lo! | Sumber: Unsplash (Ihnatsi Yfull)

Seorang animator harus menguasai penciptaan ilusi yang nantinya akan dibuat seolah bergerak sangat cepat. Estimasi salary yang kamu dapatkan bisa berbeda-beda, tetapi terbilang lumayan tinggi. Salah satu nama terkenal yang berkarier di bidang ini adalah Walt Disney. Btw guys, kamu sudah tahu belum bahwa Indonesia juga memiliki tokoh animator wanita yang mumpuni dan saat ini berkiprah hingga ke rancah internasional, lo! Ia adalah kak Griselda Sastrawinata yang juga turut menjadi bagian dari film “Moana”. Ada yang sudah nonton?

Baca juga: Griselda Sastrawinata, Animator Top Disney dari Indonesia!

Ilustrator

https://unsplash.com/photos/-FH-VMcElVM Photo by JAM on Unsplash
Siapa yang senang dengan gambar beraliran artistik seperti ini? | Sumber: Unsplash (JAM)

Bila SohIB melihat gambar-gambar yang ada di buku, majalah, iklan ataupun poster, itu adalah sebagian dari karya seseorang yang bekerja sebagai ilustrator! Yup, profesi yang satu ini memang sangat digandrungi oleh generasi milenial dan gen Z! Tak heran, di berbagai media sosial, kanal-kanal berbau trial illustration dan pelatihan gambar berbasis digital selalu ramai ditonton. Tablet-tablet dengan pen berteknologi sekarang juga banyak pilihannya untuk diperjualbelikan. Kamu suka juga?

Desain Grafis

Senada dengan ilustrator, pekerjaan ini juga memiliki peran dalam mendesain sesuatu untuk kepentingan publikasi di berbagai media atau produk. Perbedaan paling mencolok antara keduanya adalah apabila ilustrator menitikberatkan pada seni dan karya artistik, desain grafis biasanya berfokus untuk menyampaikan pesan dan promosi yang dijual.

Web Designer

https://unsplash.com/photos/hGV2TfOh0ns Photo by Domenico Loia on Unsplash
Mengedit video kini lebih mudah dengan beragam pilihan tools untuk laptop dan handphone | Sumber: Unsplash (Domenico Loia)

Pernahkah SohIB bertanya-tanya, mengapa sebuah website bisa memiliki tampilan yang begitu menarik mata? Web designer adalah seseorang di balik interface yang memukau tersebut! Untuk profesi ini, kamu tidak hanya harus bisa memahami estetika dan komposisi gambar, melainkan juga paham bahasa pemrograman dan menguasai beberapa software desain. 

Ngomong-ngomong, kamu udah tahu belum jika mulai hari ini, Kak Ibe sedang menyelenggarakan "SohIB Berkompetisi Videografi" dengan tema "Recover Together, Recover Stronger", nih! Menangkan berbagai hadiah menarik, seperti MacBook Pro 13 inch, iPad Pro (Gen 2), iPad (Gen 9), dan masih banyak lagi! Yuk, segera check dan daftar di sini!

Baca juga: Yuk, Buat Tampilan Profilmu Lebih Menarik di LinkedIn!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)