7 Tools AI yang Memudahkan Perkuliahan, Mahasiswa Wajib Tahu!

7 Tools AI yang Memudahkan Perkuliahan, Mahasiswa Wajib Tahu!

Tools AI - IStock

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Perkembangan teknologi berupa tools AI (Artificial Intelligence) telah membawa banyak kemudahan dalam segala aspek kehidupan. Teknologi ini mampu melakukan berbagai hal yang biasa dihadapi manusia. Mulai dari berpikir secara kritis, mengambil keputusan, hingga meningkatkan produktivitas.

Tidak hanya dunia kerja, keberadaan AI juga sangat bermanfaat dalam menyelesaikan berbagai macam tugas dari kampus. Nah, berikut adalah 7 tools AI yang berguna dalam perkuliahan dan tentunya memudahkan hidup mahasiswa.

SlideAI.io

Tools AI pembuat presentasi | Sumber: SlideAI.io

Tools AI pertama yang sangat memudahkan hidup mahasiswa yakni SlideAI.io. Hampir seluruh dosen sepertinya pernah memberikan tugas berupa presentasi. Namun, tak perlu khawatir! Sekarang SohIB tidak perlu lagi mengerjakan slide demi slide secara manual melalui Power Point. SlideAI.io akan membantumu dalam membuat project presentasi dengan mudah dan cepat.

Adapun cara menggunakan tools ini sangatlah mudah. Kamu dapat mengaksesnya melalui situs SlideAI.io. Selanjutnya, cukup tuliskan poin-poin utama yang menjadi bahan presentasimu. Melalui SlideAI.io, kamu dapat mengatur presentasi agar terlihat lebih menarik dan profesional.

Fireflies.id

Tools AI untuk notulensi | Sumber: Fireflies.id

Meski pandemi Covid-19 telah berlalu, metode kuliah online terkadang masih diterapkan oleh sebagian dosen di beberapa kampus. Namun, tidak semua mahasiswa dapat memahami penjelasan dosen saat video conference berlangsung.

Nah, melalui situs Fireflies.id, kamu dapat merekam video dan mengubahnya menjadi tulisan sehingga kamu dapat membaca ulang serta memahami kembali materi yang telah disampaikan oleh dosen.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang hobi organisasi dan sering melakukan meeting secara daring, tools AI yang satu ini sangat berguna untuk membuat notulensi dari apa yang telah kamu diskusikan.

ChatGPT

ChatGPT untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan | Sumber: OpenAI.com

Sesuai namanya, ChatGPT merupakan chatbot yang dapat menjadi asisten pribadi mahasiswa. Melalui tools AI ini, SohIB dapat mengajukan pertanyaan, meminta berbagai saran, bahkan membantu dalam mengerjakan penugasan akademik.

Cara menggunakan ChatGPT pun sangat mudah, yakni dengan mengunjungi situs OpenAI.com. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk log in atau mendaftar terlebih dahulu menggunakan akun e-mail. Jika sudah selesai, ChatGPT bisa langsung digunakan dengan mulai mengajukan pertanyaan pada kolom percakapan.

ShortlyAI

Tools AI untuk membuat esai | Sumber: ShortlyAI.com

ShortlyAI merupakan salah satu tools AI yang mampu membantu kamu untuk mengerjakan tugas kuliah berupa esai, mengarang cerita, dan berbagai jenis tulisan lainnya. Melalui situs ini, SohIB juga dapat mengembangkan konsep yang telah kamu miliki sehingga tak perlu khawatir mengalami writer’s block atau kehabisan ide saat mengerjakan tugas.

Adapun untuk menggunakan tools ini, cukup kunjungi situs ShortlyAI.com, lalu lakukan pendaftaran. Selanjutnya, kamu akan diberi pertanyaan mengenai apa yang ingin kamu tulis. Pada halaman tersebut, ShortlyAI akan menampilkan dua pilihan, yakni “I’m writing an article/blog” dan “I’m writing a story”.

Setelah memilih salah satu, kamu dapat langsung memasukkan judul dan ShortlyAI akan memproses artikel atau cerita sesuai topik tersebut.

Tools AI Knowt

Tools AI pembuat flashcard | Sumber: Knowt.io

Tools AI kelima yang dapat memudahkan hidup mahasiswa yakni Knowt.io. Situs ini dapat membantu kamu untuk membuat flashcard materi perkuliahan, sehingga proses belajar menjelang ujian menjadi lebih efektif dan menarik.

Cara menggunakan tools ini juga cukup mudah, kamu dapat mengunjungi situs Knowt.io dan melakukan pendaftaran menggunakan akun e-mail. Jika sudah berhasil masuk pada halaman Knowt.io, masukkan materi perkuliahan kamu dalam bentuk teks dan klik “creat flashcard”. Selanjutnya, rangkuman materi yang semula hanya berbentuk tulisan kini telah menjadi flashcard yang menarik.

Humata AI

Humata untuk review jurnal | Sumber: Humata AI

Siapa di sini yang selalu dapat tugas review jurnal? Tenang! Mulai sekarang kamu bisa memanfaatkan tools AI bernama Humata untuk memudahkan kamu dalam mengerjakan review jurnal.

Tidak hanya itu, apabila kamu mendapat tugas berupa menjawab soal, Humata dapat membantu kamu untuk mencari jawabannya pada sebuah jurnal atau buku elektronik.

Bahkan, tools ini juga menampilkan secara lengkap halaman dari referensi tersebut. Oleh karena itu, kamu tidak perlu membaca keseluruhan jurnal atau buku elektronik. Cukup ketikkan pertanyaanmu dan Humata akan menampilkan jawaban beserta halamannya.

Resume.io

Tools AI pembuat resume | Sumber: Resume.io

Tools AI ketujuh yang dapat membantu hidup mahasiswa yakni Resume.io. Sesuai namanya, tools ini sangat berguna bagi freshgraduate yang ingin melamar pekerjaan. Melalui situs resume.io kamu dapat membuat CV dan resume profesional dengan memanfaatkan berbagai template yang telah disediakan.

Penggunaan tools ini tidaklah sulit, kamu hanya perlu berkunjung ke laman Resume.io dan klik “Creat My Resume”. Nantinya, kamu akan diberi pilihan mengenai tipe resume yang kamu inginkan, mulai dari resume yang simple, creative, modern, hingga resume profesional.

Menariknya lagi, kamu juga bisa membuat cover letter atau surat lamaran pekerjaan menggunakan situs ini. Jika kamu masih bingung dalam membuatnya, kamu bisa melihat terlebih dahulu berbagai contoh resume dan cover letter yang telah disediakan sesuai dengan profesi yang akan kamu lamar.

Itulah 7 tools AI yang dapat membantu kamu dalam menyelesaikan tugas kuliah. Yuk, cari tahu tentang AI lebih dalam lagi di sini!