Angkatan Laut Indonesia Terkuat Nomor 4 di Dunia, Bikin Bangga!

Angkatan Laut Indonesia Terkuat Nomor 4 di Dunia, Bikin Bangga!

Pasukan Denjaka sedang diberi arahan untuk menjaga keamanan laut | Sumber: Pelopor Wiratama

Siapa SohIB yang sudah tahu, belum lama ini, Direktori Dunia Kapal Perang Militer Modern atau World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) merilis daftar Peringkat Kekuatan Angkatan Laut Global 2023.

Dalam daftarnya, Indonesia menduduki peringkat ke-4 setelah Amerika Serikat, Tiongkok, dan Rusia, lo! Wow, membanggakan banget! Yuk, intip informasi lebih detailnya di artikel ini!

Download Aplikasi Jangan Sembarangan, Waspada Sniffing!

Indonesia Miliki 243 Armada Tempur Laut

TNI-AL menduduki posisi keempat terkuat di dunia
TNI-AL menduduki posisi keempat terkuat di dunia | Sumber: Indonesia Baik

WDMMW menyurvei 36 negara untuk mendapatkan data angkatan laut terkuat di dunia. Hasilnya, Amerika Serikat menempati peringkat pertama dengan nilai True Value Rating (TvR) sebanyak 323,9 poin. Disusul kemudian China dengan TvR 319.8 dan Rusia yang mendapatkan TvR 242M3.

Adapun Indonesia berada di posisi keempat dengan skor TvR-nya yakni 137,3. Dalam data yang dirilis oleh World Directory of Modern Military Warships, Angkatan Laut milik negara kita mempunyai 243 inventaris aktifnya, yaitu:

  • 4 kapal selam,
  • 7 fregat (kapal perang yang biasa digunakan untuk patroli samudra, pengawalan armada dagang dan tanker di daerah rawan),
  • 25 korvet (kapal perang kecil),
  • 9 kapal peledak/penyapu ranjau (mine warfare),
  • 168 kapal patroli lepas pantai,
  • 30 kapal tempur amfibi.

Namun, angka tersebut belum termasuk dengan kapal patroli yang lebih kecil, kapal bantu/survei, kapal pengisian ulang, dan jenis seremonial bersejarah.

Tinjauan WDMMW memperhitungkan kategori kapal perang tertentu yang mencakup desain serangan, pertahanan, dan dukungan umum. Nomor inventaris dan jenis unit terkait disediakan apa adanya dan berasal dari informasi/sumber yang tersedia secara publik.

Aset milik TNI Angkatan laut saat ini
Aset milik TNI Angkatan laut saat ini | Sumber: Indonesia Baik
Cara Membuat Paspor Prioritas, Sehari Langsung Jadi!

Fakta Menarik tentang Denjaka, Pasukan Istimewa TNI AL Indonesia

Di usia berapa kamu tahu, kalau TNI Angkatan Laut (TNI-AL) punya sebuah pasukan istimewa yang sangat rahasia dan beranggotakan orang-orang super cerdas?

Yup, Detasemen Jala Mangkara atau Denjaka namanya. Dikutip dari Tempo,  Denjaka adalah pasukan anti-teror khusus yang terdiri dari gabungan personel Komando Pasukan Katak dan Batalyon Intai Amfibi. Saking hebatnya, mereka sering dijuluki ‘Hantu Laut’ karena kemampuan satu orangnya setara dengan 12 prajurit tempur biasa.

Kelompok mematikan itu didirikan atas instruksi Panglima TNI kepada Komandan Korps Marinir no. Isn 01/pIV/1984 pada 13 November 1984. Tugas utamanya yaitu membina kemampuan anti-teror, anti-sabotase, serta berbagai operasi klandestin lainnya.

Mereka beroperasi tepat di bawah Panglima TNI. Katanya, pasukan yang masuk Denjaka benar-benar cerdas dan punya kemampuan terbaik dalam perang darat, laut, dan udara, lo!

Anggota Denjaka yang cerdas dan mematikan
Anggota Denjaka yang cerdas dan mematikan | Sumber: Pelopor Wiratama

Anggotanya Orang-Orang Jenius dan Ber-IQ Tinggi

Karena akan sering melakukan operasi penyusupan, anggota Denjaka harus punya kecerdasan yang di atas rata-rata dan fisik yang kuat. Pada proses penggemblengan prajuritnya, kelas praktiknya sendiri mencapai 80 persen, baik itu di hutan, laut, dan udara.

Punya Senjata yang Mematikan

Namanya juga pasukan istimewa dan sering menjalankan misi yang berbahaya nan misterius, nggak mungkin mereka tidak dibekali dengan senjata-senjata canggih dan mematikan.

Kelas Fisik yang Sangat Keras

Nggak ada waktu untuk bersantai-santai, calon prajurit Denjaka wajib menyelesaikan pelatihan Penanggulangan Teror Aspek Laut (PTAL) yang berlangsung selama empat bulan.

Tempo menuliskan, pada latihan yang diselenggarakan tahun 2014 lalu, materi latihan berlangsung di Kawah Candradimuka, Situbondo. Di sana, mereka harus menghadapi ganasnya ombak di lautan, bisa hidup di hutan Alas Purwo, sampai terjun bebas di malam hari. Selain itu, mereka sering dilatih misi penyelamatan, meskipun tangan dan kakinya terikat sekalipun. Duh, pasti yang lulus tangguh-tangguh banget, ya?

Mumpung Masih Usia 20-an, Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Menyesal!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, Indonesia Baik juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)