Mumpung Masih Usia 20-an, Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Menyesal!

Mumpung Masih Usia 20-an, Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Menyesal!

Jangan sia-siakan usia keemasanmu dengan kegiatan yang tidak produktif | Sumber: Unsplash (Eliott Reyna)

Usia 20-an bisa dikatakan usia keemasan seseorang. Alasannya karena kita dianggap sudah mulai cukup dewasa untuk memutuskan hal yang akan kita lakukan atau diinginkan. Orang tua juga biasanya telah memberikan kita lebih banyak kebebasan dalam menjalani kehidupan.

Singkatnya, SohIB dipersiapkan diri menuju tahap yang lebih dewasa, bertanggung jawab, dan dalam masa pencarian jati diri. Sehingga akan cukup disayangkan apabila di usia produktif seperti ini, kamu malah banyak membuang waktu dengan hal yang nggak perlu. Bersenang-senang dengan sahabat itu perlu banget. Apalagi, lambat laun kita akan semakin menyadari bahwa akan semakin sedikit teman kita dan circle kecil seperti itu akan lebih bermakna.

Nah, mumpung kita masih di usia muda seperti ini (well, angka memang doesn’t matter), lakukan 7 hal ini agar masa-masa keemasan tersebut bisa SohIB lalui dengan baik dan tidak menjadi penyesalan di kemudian hari! Check this out!

7 Bentuk Investasi pada Diri Sendiri, Siap Jadi Pribadi yang Hebat dan Berdaya!

1. Menabung

Siapa bilang masa muda harus selalu hidup hemat sampai berlebihan? Siapa juga yang mengatakan bahwa mumpung masih dibiayai orang tua, boleh menghambur-hamburkan uang? Ingat, semua hal di dunia ini perlu yang namanya keseimbangan, begitu juga dengan dirimu.

Jika memang SohIB cukup beruntung karena mendapat pembiayaan orang tua tanpa harus bersusah payah mencari penghasilan tambahan, inilah saatnya kamu bisa belajar menabung. Saat ini, banyak sekali tips dan trik menabung yang bisa kamu tiru lewat media sosial. Tinggal disesuaikan saja dengan kemampuan dan kebutuhan.

2. Gabung Organisasi atau Kepanitiaan

Di kampus, biasanya ada banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bisa kita pilih sesuai dengan minat dan bakat. Selain itu, BEM dan DEMA juga ada untuk melatih kepemimpinan SohIB. Hal tersebut berguna untuk memperlebar koneksi antar mahasiswa dan tentunya banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari sana.

Apabila kamu tidak memungkinkan untuk bergabung di organisasi dalam kampus, komunitas di luar universitas juga nggak kalah menarik, kok! Usahakan juga untuk ikut kepanitiaan suatu acara atau perlombaan, paling tidak satu kali dalam hidup. Dijamin, nggak akan menyesal, deh!

3. Temukan Kesenanganmu

Tidak banyak yang menyadari, seseorang ketika sudah semakin dewasa, akan kehilangan beberapa hal yang tadinya ia kira tidak spesial, salah satunya adalah hobi dan kesenangan.

Terkadang, ketika kita sudah bekerja atau berkeluarga, fokus kita akan lebih banyak diberikan kepada pihak eksternal dan melupakan hak diri sendiri. Bahkan, nggak sedikit lo, yang lupa apa saja hal membuatnya bahagia. Sebab, sekarang baginya yang terpenting adalah hidup mengalir dengan lancar. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang, mari kita temukan dan nikmati apapun yang membuat hati senang, sebelum itu semua memudar.

8 Pahlawan Indonesia yang Diabadikan dalam Uang Kertas, Siapa Saja?

4. Gali Pengalaman Sebanyak Mungkin

Senada dengan poin kedua, galilah pengalaman sebanyak mungkin, dengan catatan itu akan mengantarkanmu ke jalan yang lebih baik. Hindari kegiatan yang hanya mengandung kesenangan sementara, tetapi membuatmu menyesal di kemudian hari, seperti berjudi, melakukan kejahatan, seks bebas, dan lainnya.

5. Jalin Pertemanan yang Luas

Sudah bukan rahasia lagi apabila pekerjaan masa kini banyak diisi tak hanya oleh mereka yang berkompeten di bidangnya, tetapi juga yang mampu memanfaatkan jejaring pertemanan. Karena itu, sebisa mungkin bergaulah dengan banyak orang, terutama yang bisa membawa manfaat jangka panjang bagi SohIB.

Poin ini tidak menyarankan kamu berteman dengan niat yang tidak tulus. Namun, kita wajib menemukan circle yang membawa energi yang positif dan membuat kita ikut bersemangat untuk berkembang.

6. Perbaiki Pola Hidupku

Remaja masa kini banyak sekali yang suka makanan kekinian yang biasanya berkalori tinggi, terbiasa begadang, dan terjebak dalam lingkungan yang tidak sehat lainnya. Sayangnya, pola seperti ini bisa terbawa hingga dewasa, apalagi mungkin saja kesibukan kita kelak berpotensi akan semakin bertambah. Mulai dari sekarang, yuk, ubah dan perbaiki pola hidup kita agar tubuh dan mental menjadi lebih sehat.

7. Jangan Terbiasa Berhutang

Hutang piutang wajib kita hindari sejauh mungkin, sebab lebih banyak efek yang membebani dibandingkan dengan manfaatnya. Hati-hati dengan iming-iming pinjaman online yang tidak terdaftar OJK, godaan promo besar untuk Pay Later, ataupun berhutang dengan orang di sekitar kita. Akan lebih bijaksana jika kamu belajar mengelola keuangan dengan baik dan tidak membiasakan diri meminjam uang sekecil apapun itu.

5 Hal Berharga Ini Nggak Bisa Dibeli dengan Uang

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)