Wujudkan Desa Merdeka Sinyal, Kominfo Perkuat Infrastruktur Digital di Desa

Wujudkan Desa Merdeka Sinyal, Kominfo Perkuat Infrastruktur Digital di Desa

Indonesia sedang membangun kabel serat optik palapa ring | Sumber: Unsplash (NASA)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berkomitmen untuk memperkuat infrastruktur digital di desa, sebagai bagian dari program pemerataan transformasi digital di Indonesia.

Oleh sebab itu SohIB, berbagai upaya sudah dilakukan, salah satunya adalah  pembangunan base transceiver station (BTS) 4G yang dipasang mereka yang tinggal di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Program ini mendapatkan atensi penuh dari Presiden Joko Widodo, lo!

Menkominfo Budi Arie Setiadi, dalam dialog dengan masyarakat Riau mengenai “Peningkatan Kompetensi UMKM dan Pemuda untuk Inklusivitas Digital” di Gedung Daerah Balai Serindit Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, Riau, Jumat (25/8/2023), mengatakan bahwa pelaksanaan tersebut (pembangunan infrastruktur digital) adalah agar pemerataan digitalisasi berjalan dengan lancar.

Kasus Penipuan Digital Makin Ramai, Begini Modusnya!

Sasaran Pembangunan BTS di Wilayah 3T

Dilansir dari Indonesia.go.id, data yang diambil dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo pada 2021 menyebutkan, terdapat 7904 desa/kelurahan wilayah 3T yang belum mendapatkan akses layanan 4G selama kurun waktu dua tahun, yaitu 2021 dan 2022.

Adapun wilayah yang dimaksud adalah 4.200 desa/kelurahan pada 2021 dan di 3.704 desa/kelurahan pada 2022.

Karena itulah, BTS akan dibangun dan dibagi ke dalam lima paket, yakni:

  • Paket 1 sebanyak 1.364 desa/kelurahan yang meliputi area 1 Sumatra (132), area 2 Nusa Tenggara (456), dan area 3 Kalimantan (776).
  • Paket 2 sebanyak 1.336 desa/kelurahan yang meliputi area 4 Sulawesi (536) dan area 5 Maluku (800).
  • Paket 3 sebanyak 1.795 desa/kelurahan yang meliputi area 6 Papua Barat (824), area 7 Papua bagian tengah barat (971).
  • Paket 4 sebanyak 1.879 desa/kelurahan yang mencakup area 8 Papua bagian tengah utara (1.819).
  • Paket 5 sebanyak 1.590 desa/kelurahan yang mencakup area 9 Papua bagian timur selatan (1.590).

Berdasarkan data yang di-update terakhir pada 16 Juli 2023, dari target 5.618 BTS, total sebanyak 4.341 menara BTS 4G sudah dibangun dan beroperasi di wilayah sasaran.

Sisanya masih dalam tahap pembangunan (743 lokasi), persiapan on air (513 lokasi), dan 534 tempat belum dimulai pembangunan karena masalah keamanan dan atau sulitnya kondisi geografis.

Indonesia sedang mengupayakan percepatan digital di desa-desa
Indonesia sedang mengupayakan percepatan digital di desa-desa | Sumber: Unsplash (Gilles Rolland Monnet)
7 Soft Skill yang Diperlukan di Era Digital

Kemkominfo Bangun Kabel Serat Optik Palapa Ring untuk Perlancar Konektivitas Digital

Upaya percepatan digital yang merata di 3T juga nggak berhenti di sini aja ya, SohIB! Bersama dengan pembangunan base transceiver station (BTS) 4G, Kemkominfo juga membangun 12.229 kilometer kabel serat optik Palapa Ring di darat dan di bawah laut.

Bagi yang belum tahu, satelit Palapa Ring adalah proyek infrastruktur telekomunikasi pembangunan serat optik sebagai backbone bagi telekomunikasi nasional yang terbentang sepanjang 36.000 km.

Satelit ini menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku menjadi satu backhaul yang saling terhubung.

Selain itu, satelit digunakan agar konektivitas digital di area 3T juga berjalan dengan lancar alias no lag-lag.

Sebelumnya diberitakan, sebuah satelit milik Indonesia, yaitu Satelit Indonesia Raya (SATRIA)-1, sukses diluncurkan ke angkasa dari Cape Canaveral Space Launch Complex 40 (SLC 40), Florida, Amerika Serikat pada Senin (19/6/2023) pukul 18.21 waktu setempat atau Selasa (20/6/2023) pukul 18.21 WIB.

Untuk saat ini, satelit itu sedang menempuh jalur menuju orbit. SATRIA-1 diproyeksikan akan mulai melayani lokasi blank spot pada akhir tahun 2023.

“Kesenjangan, bukan ketiadaan. Jadi ini pentingnya pemerintah ikut campur, intervensi, turut serta dalam proses percepatan pembangunan khususnya di wilayah pedesaan yang dinilai kurang menguntungkan bagi swasta karena itulah pemerintah hadir,” kata Menkominfo Budi Arie dalam Indonesia.go.id.

Ekonomi Digital Indonesia Tumbuh Pesat, Sambut Indonesia Emas 2045

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

Sumber referensi:

https://indonesia.go.id/kategori/editorial/7521/mewujudkan-desa-merdeka-sinyal?lang=1