Ekonomi Digital Indonesia Tumbuh Pesat, Sambut Indonesia Emas 2045

Ekonomi Digital Indonesia Tumbuh Pesat, Sambut Indonesia Emas 2045

Ilustrasi Kemajuan Ekonomi Digital Indonesia | Freepik.com (rawpixels)

Ekonomi digital Indonesia terus mengalami pertumbuhan pesat beberapa tahun belakangan. Kementerian Keuangan Indonesia menyebut bahwa ekonomi digital Indonesia tumbuh sangat pesat kurang dari sepuluh tahun, loh, SohIB!

Indonesia bahkan diprediksi akan menjadi pemimpin ekonomi digital ASEAN di masa depan. Pertumbuhan yang signifikan ini berkontribusi terhadap PDB Indonesia. Pada 2030 nanti, ekonomi digital diproyeksikan akan menyumbang 18% dari total Rp24 ribu triliun PDB yang masuk di Indonesia.

Kemajuan digital lewat sektor ekonomi ini didukung dengan semakin melek dan banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan keuangan digital. Banyak UMKM yang turut menggunakan berbagai macam platform online yang memudahkan penggunanya untuk bertransaksi.

Di sisi lain, keberadaan industri fintech juga turut membantu masyarakat mengakses berbagai produk keuangan. Fintech turut membuat layanan keuangan menjadi lebih mudah dijangkau oleh berbagai jenis kalangan masyarakat.

Pasti SohIB juga sudah familiar dengan menjamurnya startup e-commerce di Indonesia, kan? Mungkin juga banyak di antara SohIB yang sering berbelanja ataupun bertransaksi via mobile. Saat ini berbagai platform digital juga berlomba-lomba untuk menarik hati masyarakat dengan memberikan berbagai penawaran menarik.

Perubahan pola yang menjadi serba mudah ini tentu saja mempermudah produsen dan juga para penggiat UMKM untuk memasarkan produknya hingga menembus pasar internasional. Hal ini tentu saja turut membantu UMKM untuk menaikkan tingkat pendapatan mereka.

Tak hanya di Indonesia, maraknya bisnis e-commerce ini juga turut dirasakan di negara-negara ASEAN. Menteri Keuangan, dikutip dari laman resmi Kemenkeu, menyebut bahwa akhir 2022 lalu, Asia Tenggara berhasil mencapai Gross Merchandise Value sebesar 200 miliar US Dollar, atau tiga tahun lebih cepat dari proyeksi awal berkat masifnya penggunaan platform keuangan online.

Ekonomi digital ini juga turut menciptakan lapangan pekerjaan bagi berbagai kalangan masyarakat, sehingga menaikkan pendapatan domestik. Semakin berkembangnya ekonomi digital di era ini benar-benar membuka jalan bagi seluruh pelaku usaha untuk menjual produk mereka dengan teknologi digital.

Selain itu, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia juga menuliskan bahwa pemerintah turut mendukung penguatan infrastruktur digital dengan memperluas jaringan 4G di berbagai daerah di Indonesia, penerapan teknologi 5G, pemanfaatan Low Earth Orbit Satellite, sampai berbagai program yang mendukung inklusivitas masyarakat untuk memanfaatkan teknologi digital.

Ditambah lagi dengan prediksi kelompok usia produktif Indonesia yang akan mendominasi beberapa tahun ke depan. Sektor ekonomi digital sangat memungkinkan menjadi lahan untuk menaikkan tingkat pertumbuhan ekonomi dan peluang kerja.

Bonus demografi ini diharapkan dapat membantu Indonesia semakin menunjukkan taringnya di kancah internasional lewat berbagai sektor, salah satunya ekonomi digital ini, SohIB. Dengan adanya ledakan populasi usia produktif di masa depan, Indonesia digadang-gadang akan menjadi salah satu negara dengan peringkat ekonomi nomor sepuluh sampai lima besar di dunia, wow!

Menuju Indonesia Emas 2045 dan Net Zero 2060: Inovasi, Kolaborasi, dan Aksi

Ilustrasi generasi muda calon pemimpin Indonesia Emas 2045 mendatang | Freepik.com (jcomp)

Namun, perlu diingat, SohIB, bonus demografi yang akan terjadi nanti harus disikapi dengan bijak jika ingin mewujudkan mimpi Indonesia sebagai negara maju yang berpengaruh di dunia. Seluruh elemen harus mempersiapkan SDM yang unggul, terutama dengan pemerataan pendidikan bagi seluruh anak Indonesia.

Pemerintah juga mendorong adanya inovasi berbasis digital. Dikutip dari Antara News, Kementerian Komunikasi dan Informasi sudah menginisiasi berbagai program untuk membantu mengembangkan potensi ekonomi digital Indonesia, seperti Literasi Digital Indonesia, Makin Cakap Digital, Progra, Cyber Kreasi, Digital Talent Scholarship, dan Digital Leadership Academy bagi generasi muda.

Di masa depan, dengan adanya SDM yang unggul ini, Indonesia dapat optimis untuk membangun perekonomian dunia. Dan bukan tidak mungkin jika Indonesia akan menjadi negara adidaya yang disegani negara lain.

Sebagai calon-calon pemimpin negeri 2045 nanti, jangan lupa persiapkan diri SohIB untuk membantu membangun negeri tercinta ini, ya! Mari belajar dan upgrade SDM anak muda agar dapat mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045 kelak.