Dilanda Era Wang Zihao , Yuk, Kenalan Sama Tarian Krump!

Dilanda Era Wang Zihao , Yuk, Kenalan Sama Tarian Krump!

Penampilan Wang Zihao di Episode 1 | YouTube Mnet

Sohib tahu gak sih, jenis tarian krump mendadak popular nih, di YouTube. Semua itu karena acara survival idol korea, yakni Boys Planet. Wang Zihao, salah satu peserta asal Cina, berhasil mencuri perhatian netizen dengan kemampuan tarian krump sejak tayangannya yang pertama.

Dengan kemampuannya itu pula, ia memenangkan pertandingan tari antarpeserta yang membuat Raja Penari Krump menjadi panggilan lain dari Zihao. Meski telah tereliminasi, peserta dan para mentor terlanjur terserang "Era Zihao" karena terus mencoba menirukan gerakan krump miliknya itu.

Lalu, apa sih tarian krump itu? Mengapa ia membuat candu penontonnya? Apa ciri khas tarian krump itu? Bagaimana cara menarikannya? Simak penjelasan berikut ini ya, SohIB!

Pengertian Tarian Krump

Berdasarkan jurnal Music and Arts in Action oleh Sharmaine Jackson, Krump merupakan singkatan dari “Kingdom Radically Uplifted Mighty Praise”. Kalau diterjemahkan, artinya adalah “sekumpulan radikal yang menyuarakan pujian setinggi-tingginya”. Jadi, Krump itu awalnya ditarikan untuk memuji Tuhan. Hanya saja, dari tahun ke tahun, konteks pujian berkembang lebih luas menjadi pujian terhadap kebaikan, moralitas dan norma.

Oya, secara kategori, Krump masuk ke dalam tarian jalanan yang digunakan dalam mengekspresikan rasa sakit, amarah, dan trauma.

2. Sejarah Tarian Krump

Jika sekarang tarian krump ditampilkan dengan gaya maskulin, SohIB tahu gak sih, kalau pertunjukan pertamanya justru ditampilkan dengan riasan badut? Ya, benar. Dandanan badut yang menggunakan cat wajah beserta rambut kribo dan pakaian warna-warni.

Dilansir dari ulasan Kim Hewitt dari Empire State College, tarian krump pertama kali muncul di tahun 1990-an di bagian selatan Los Angeles, California, Amerika Serikat. Dia ini lahir dari sisa ketegangan rasial dan ekonomi yang udah terjadi bertahun-tahun sebelumnya.

Meski mengenakan pakaian badut, gerakan tarian ini sama sekali tidak jenaka, melainkan cenderung agresif dan emosional. Penampilan kontras itu pula yang menyebabkan di tahun 2000-an, krump mengukuhkan diri sebagai jenis tarian baru dan menjadi salah satu budaya popular di kalangan anak muda hingga saat ini.

3. Ciri Khas Tarian Krump

Ciri khas dari tarian krump itu adalah gerakan yang agresif dan penuh kekuatan. Gerakan itu bisa dengan mengayunkan lengan secara kasar disertai lompatan atau dengan degupan dada disertai hentakan kaki yang keras mengikuti ketukan tempo.

Walau penjelasannya terkesan sederhana, tapi tarian krump ini cocok banget lo, dibawakan dalam kompetisi menari individu maupun berkelompok. Gerakan Krump yang kuat bikin koreo kita menjadi lebih dinamis, keren, dan unik!

Kalau SohIB masih bingung gerakan krump itu seperti apa, bisa lihat video berikut ini, ya. Di menit 02:08, di bagian break dance, itu termasuk wujud dari gerakan krump.

4. Rekomendasi Akun Penari Krump Popular

Jika SohIB suka dan tertarik untuk ngeliat tarian ini atau justru ingin belajar krump, bisa banget kepoin akun Instagram penari krump popular berikut ini, ya!

Tommy The Clown

SohIB ingat kan, kalau krump pertama kali dibawakan dengan penampilan badut? Nah, orang yang menarikan dengan penampilan tersebut adalah Thomas Johnson atau Tommy The Clown. Sampai detik ini, ia masih aktif menari dan mengajar krump dengan mayoritas muridnya adalah anak-anak.

Tight Eyez

Jika Tommy adalah pencetus krump, Tight Eyez bersama Mijo adalah orang yang menjadikan krump sebagai aliran baru tari modern. Di Instagram miliknya, ia banyak membagikan koreo krump bersama pasangannya dengan tampilan yang estetik.

Primekingz

Primekingz merupakan grup krump laki-laki asal Korea Selatan. Mereka popular setelah mengikuti ajang kompetisi menari “Street Man Fighter”. Baik pada akun resmi mereka dan para anggotanya, mereka sering membagikan kreasi koreo krump mereka dengan musik K-pop kekinian.

Primequeenz

Terakhir, ada Primequeenz yang merupakan kelompok penari krump perempuan yang juga adik dari grup Primekingz. Terdiri dari 5 anggota, mereka aktif membagikan konten tarian krump untuk pemula.

Nah, itulah penjelasan mengenai tarian krump. Siapa sangka, tarian yang terlihat kasar ini ternyata termasuk tarian pujian dan digunakan untuk mengekspresikan trauma dan amarah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus ikuti artikel menarik lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id!