6 Tren Paling Viral Tahun 2022, Ada NFT sampai Citayam Fashion Week

6 Tren Paling Viral Tahun 2022, Ada NFT sampai Citayam Fashion Week

Tren Paling Viral Tahun 2022 | Sumber: Instagram (sipengarahgaya)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Di zaman sekarang, media sosial telah memainkan peranan penting dalam kehidupan. Bukan hanya sebagai sarana hiburan, keberadaannya juga berpengaruh dalam memopulerkan sesuatu. Hanya berawal dari sebuah video dari Instagram atau TikTok, postingan tersebut bisa langsung diketahui banyak orang bahkan dalam hitungan menit saja.

Dengan kekuatan media sosial yang seperti itu, nggak heran kalau kamu banyak menjumpai tren-tren kekinian yang viral selama tahun 2022. Apakah kamu masih ingat semuanya?

Nah, kali ini SohIB bakal diajak kilas balik sebentar untuk melihat sejumlah tren paling viral tahun 2022. Penasaran ada apa saja? Berikut informasinya!

1. Tren NFT

Tren Paling Viral Tahun 2022: Tren NFT
Berkat Ghozali, tren NFT di Indonesia meroket pada awal tahun 2022. | Sumber: Instagram (ghozaliphoto)

Awal tahun 2022 disambut dengan berita heboh seorang pemuda yang mampu meraup miliaran rupiah lewat foto selfie-nya. Ia adalah Ghozali Everyday. Pria asal Semarang ini telah mengambil swafoto dirinya sejak tahun 2017 silam.

Hasil foto yang telah diambil lantas ia jadikan sebagai NFT (Non-Fungible Token), yakni sejenis aset digital tanda kepemilikan suatu barang. Dilansir detikinet, Ghozali lantas menjual tiap fotonya dengan harga 0,001 ETH atau sekitar Rp48 ribu di OpenSea, sebuah marketplace NFT global.

Swafoto yang Ghozali tawarkan sendiri nggak terbilang wow. Hanya berupa dirinya yang duduk di depan layar komputer. Herannya, banyak orang yang tertarik mengunduh NFT miliknya itu. Bahkan, Chef Arnold Poernomo pernah membeli hingga 20 NFT! Alhasil, hanya bermodalkan foto selfie biasa, Ghozali telah mengantongi setidaknya lebih dari Rp12 miliar.

Kesuksesan Ghozali tersebut lantas mendongkrak tren NFT di Tanah Air. Masyarakat Indonesia berbondong-bondong terjun ke dunia NFT dengan harapan bisa bernasib sama seperti pemuda Solo itu. Ramai orang mengikuti jejak Ghozali dengan juga menjual karya foto mereka di situs seperti OpenSea.

Hanya saja, nggak semua masyarakat Indonesia paham betul tentang cara kerja aset digital yang satu ini. Sebagian orang malah menjadikan foto KTP mereka sebagai NFT. Padahal, hal tersebut begitu membahayakan karena berpotensi mengundang kejahatan siber.

2. Baju Turun Naik

"Kau tinggal turun naik, kau tinggal turun naik"

Lirik di atas mungkin sempat terngiang-ngiang di pikiran SohIB. Penggalan dari lagu yang dibawakan oleh Fresh Boy ft. Blasta Rap Family tersebut sempat digunakan dalam video-video baju turun naik. Tren apa itu?

Buat SohIB yang nggak tahu, baju turun naik merupakan sejenis daster yang terbuat dari plisket premium. Nah, bahan tersebut cenderung elastis sehingga mampu bergerak naik-turun apabila tubuh orang yang mengenakan bergoyang.

Berdasarkan laman Viva, tren fesyen ini diketahui bermula dari unggahan TikTok oleh akun @kareenboutique. Awalnya, warganet mengira kalau daster yang bisa bergerak naik-turun tersebut hanyalah sebatas filter. Padahal, sebenarnya tidak.

Sejak saat itu, orang-orang ramai membeli baju tersebut untuk ikut merasakan sensasi turun-naiknya. Kalangan artis, seperti Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, juga turut membagikan pengalaman mereka mengenakan pakaian unik yang satu ini.

Walau nggak sedikit warganet menganggap tren viral tahun 2022 ini nyeleneh, banyak juga yang cukup terhibur melihat aksi kocak orang-orang yang bergoyang dengan baju turun naik. Apakah SohIB pernah membeli daster ini?

Baca Juga: 5 cara Ikut tren Spotify Wrapped 2022, Yuk, Cobain!

3. Citayam Fashion Week

Tren Paling Viral Tahun 2022: Citayam Fashion Week
Citayam Fashion Week kerap dikaitkan dengan Harajuku di Jepang. | Sumber: Instagram (sipengarahgaya)

SohIB pastinya nggak asing dengan Citayam Fashion Weekdong? Berlokasi di Dukuh Atas-Sudirman, Jakarta Pusat, sebelum viral, kawasan ini mulanya merupakan tempat nongkrong para muda-mudi yang berasal dari daerah penyangga Jakarta, seperti Citayam, Depok, dan Bojonggede.

Remaja-remaja tanggung tersebut kerap membagikan aktivitas mereka selama di kawasan Dukuh Atas ke TikTok. Pakaian yang nyentrik dan tingkah laku mereka yang "unik" begitu menarik perhatian sehingga pada akhirnya membuat tempat nongkrong mereka itu menjadi viral.

Mereka yang mendatangi Dukuh Atas bukan sekadar duduk-duduk saja. Lebih dari itu, mereka berlenggak-lenggok di atas zebra cross sembari melakukan peragaan busana ala Paris Fashion Week.

Nah, karena kegiatan tersebutlah, akhirnya muncul istilah Citayam Fashion Week yang merujuk kegiatan "pamer" busana di kawasan Dukuh Atas. Pastinya, kalangan influencer dan artis papan atas nggak mau ketinggalan memeriahkan fashion week dadakan yang satu ini.

Bukan cuma itu, Citayam Fashion Week juga kerap dikaitkan dengan fashion street yang ada di Harujuku, Jepang. Alasannya tentu karena di kedua tempat tersebut, banyak orang dengan gaya berpakaian nyentrik nan unik. Alhasil, muncul pula istilah lain, yakni Haradukuh sebagai plesetan dari Harajuku.

4. Latto-latto

Tren paling viral tahun 2022 berikutnya adalah latto-latto. Meskipun baru populer di tahun ini, latto-latto sebenarnya sudah ada lama, lo! Berasal dari bahasa Bugis, barang yang satu ini merupakan sejenis permainan tradisional dari era 90-an.

Menurut laman suara.com, permainan ini berasal dari Amerika. Memiliki bentuk berupa dua bola berbahan plastik yang dikaitkan tali, latto-latto memiliki nama asli clankers dan sudah muncul sejak tahun 1960-an.

Barang ini sempat dilarang dimainkan pada tahun 1970-an. Pasalnya, mainan tersebut mudah pecah dan pecahannya dikhawatirkan mampu melukai wajah anak-anak. Namun, latto-latto kembali eksis di tahun 2022.

Cara memainkan latto-latto terbilang gampang. SohIB cuma perlu menggerak-gerakkannya hingga kedua bola berbenturan. Benturan dari kedua bola tersebut menghasilkan bunyi klak-klak yang begitu khas.

Sangat khas sampai-sampai bisa terngiang-ngiang di kepala. Bahkan, ada salah seorang warganet di Twitter yang berharap mainan ini hilang dari dunia. Duh, se-nyebelin itukah, permainan ini?

5. Makan di Karen's Diner

Tren Paling Viral Tahun 2022: Karen's Diner
Bukannya diperlakukan seperti raja, kamu malah bakal diperlakukan kasar oleh semua pelayan di Karen's Diner yang judes. | Sumber: Instagram (bengkelburger)

Restoran yang satu ini berbeda dari yang lain. Namun, bukan karena menu yang disajikan, melainkan pelayanannya yang nggak biasa. Adalah Karen's Diner, sebuah restoran asal Australia yang berdiri pada Oktober 2021 silam.

Kalau di tempat makan lain pelanggan adalah "raja", jangan harap kamu bakal diperlakukan seperti itu di sini. Yang ada, kamu malah bakal dibentak, dijuteki, dan bahkan dimaki oleh setiap pelayannya yang berperangai bak seorang Karen. Konsep restoran yang unik ini tentu saja membuatnya viral. Bahkan, kesuksesan Karen's Diner mengantarkannya untuk membuka cabang di Indonesia.

Berkolaborasi dengan Bengkel Burger, Karen's Diner Indonesia sudah buka sejak pertengahan Desember 2022 yang lalu. Ramai orang datang untuk mencicipi sensasi perlakuan kasar dari para pelayan restoran ini. Buat SohIB yang belum siap "makan hati" di Karen's Diner, lebih baik kamu pilih tempat lain saja, ya.

6. Filter AI Manga TikTok

Tren paling viral tahun 2022 terakhir berasal dari TikTok, yakni filter AI manga. Lewat filter ini, kamu dapat mengubah wajahmu menjadi tampilan seperti tokoh dari anime maupun manga.

Banyak orang yang mencoba filter ini untuk membuat tampilan mereka menjadi lebih menawan. Namun, nggak jarang artificial intelligence dari fitur ini malah mengubah jenis kelamin dari orang aslinya. Jadi, alih-alih berubah menjadi cowok anime, kamu malah bertransformasi menjadi seorang gadis cantik. SohIB pernah menggunakan fitur ini?

Baca Juga: Strategi Melihat Trend dan Menjadi FYP di TikTok

Dari NFT sampai filter anime di TikTok, semuanya merupakan beberapa contoh tren paling viral tahun 2022. Saking viralnya, semua kalangan, mulai dari masyarakat sampai artis papan atas, ikut serta dalam memeriahkannya.

Takut ketinggalan berita tren terkini? Tenang! Kamu tetap bisa update dengan membaca artikel di sohib.indonesiabaik.id. Selain itu, kamu juga bisa bergabung ke komunitas SohIB, sebuah persembahan dari Indonesia Baik.

Di sana, kamu bisa bertemu dengan teman-teman baru dan mendapatkan informasi mengenai workshop dan talk show yang bermanfaat untuk pengembangan skill-mu. Menarik banget, kan? Makanya, langsung gabung sekarang, kuy!

Editor: Firdarainy Nuril Izzah