Mengganti SIM Card, Data Tetap Aman? Perhatikan 5 Hal Ini!

Mengganti SIM Card, Data Tetap Aman? Perhatikan 5 Hal Ini!

Sebelum mengganti nomor HP, perhatikan cara unreg SIM card-nya | Sumber: Unsplash (Brett Jordan)

Nomor kartu seluler atau yang biasa dikenal sebagai SIM card menjadi kebutuhan vital bagi setiap pemegang smartphone atau tablet. Sebab, selain merupakan identitas nomor telepon yang kita gunakan, barang berbentuk segi empat yang kecil ini juga menyimpan berbagai informasi penting seperti kunci autentifikasi, kontak HP, hingga panggilan darurat operator.

Karena sepenting ini, tentunya saat SohIB sedang ingin melakukan penggantian nomor perlu memperhatikan kaidahnya agar data tetap aman. Jangan sampai karena kelalaian atau ketidaktahuan kita membuat informasi penting dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: 5 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Kita, Nomor 3 Belum Banyak yang Tahu

3 Poin Penting Sebelum Mengganti Nomor kartu SIM

Berikut ini adalah 3 hal yang harus SohIB persiapkan sebelum mengganti nomor telepon dan mencabut SIM card dari perangkatmu! Let’s go!

1. Tidak Lagi Dipakai untuk Verifikasi Kode OTP

Beberapa aplikasi saat ini memerlukan kode OTP (One-Time Password) sebagai sandi sekali pakai yang berupa deretan angka. Biasanya, kode tersebut akan dikirimkan lewat SMS atau e-mail terdaftar. Permintaan OTP lazimnya digunakan ketika kamu sedang melakukan aktivasi akun, lupa password, sampai dengan pembaharuan informasi di suatu app.

Karena OTP ini bersifat sangat pribadi dan sebagai validasi seseorang memasuki sebuah akun, tentu saja deretan angka tersebut jangan sampai jatuh ke orang yang salah. Memastikan bahwa nomor di kartu SIM kamu tidak lagi terhubung untuk melakukan verifikasi akun.

Biasanya, pada aplikasi akan tersedia fasilitas mengganti nomor terdaftar. SohIB bisa mencobanya dan apabila menemui kendala, hubungi layanan pusat bantuan untuk memandu prosesnya!

2. Jangan Lupa Unreg SIM

Seperti yang SohIB ketahui, beberapa tahun terakhir, pemerintah mewajibkan kita untuk melakukan registrasi manakala menggunakan kartu SIM, berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 23/Kemenkominfo/10/2005. Data yang menjadi syarat pendaftarannya adalah dengan mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK).

Adapun batas data-data tersebut digunakan dalam registrasi SIM adalah sebanyak 3 kali. Sehingga, apabila kamu akan mengganti nomor telepon, tentu saja sangat disarankan untuk menghapus SIM tersebut atau kamu akan mendapatkan kesulitan saat meregistrasi SIM baru.

Cara untuk melakukan unreg memang berbeda-beda, tergantung dengan provider kartu SIM yang SohIB pilih. Oleh sebab itu, silahkan kamu mengunjungi gerai-gerai terdekat untuk menonaktifkan kartu atau menghubungi call center untuk dibantu dari rumah. Prosesnya sangat mudah dan kebanyakan selesai dengan cepat. Slot data yang sudah di-unpair bisa kamu pakai kembali, deh!

3. Tidak Terhubung dengan Fintech dan Bank

Wah, yang ini jangan sampai terlewat, lo! Sekarang bukanlah pemandangan yang asing lagi apabila cashless menjadi budaya hampir semua generasi dalam berbelanja. OVO, GO-PAY, Shopee Pay, hingga Ajaib adalah beberapa produk dari fintech yang sedang digandrungi masyarakat.

Tak hanya itu saja, kehadiran mobile banking juga angin segar bagi mereka yang senang bertransaksi ria tanpa harus keluar rumah menuju ATM atau bank lagi. So, bisa dikatakan fintech dan m-banking adalah satu kesatuan yang saling menguntungkan dan memudahkan.

Namun, tentunya keamanan dalam ponsel kita perlu lebih diperketat lagi, salah satunya dengan memastikan penggantian nomor SIM card sudah didahului dengan mengganti nomor telepon yang tertera untuk fintech dan layanan bank online. Jangan sampai, kita menerima notifikasi transaksi yang bukan kamu lakukan, tetapi menggunakan akunmu, ngeri deh!

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Pembuatan CV yang Sering Kita Lakukan

tips aman mengganti sim card
Perhatikan panduan membeli dan mengganti kartu SIM | Sumber: Indonesiabaik.id

Cara Aman Membeli SIM Card

Apabila ketiga hal di atas sudah kamu selesaikan, saatnya SohIB membeli dan mengganti nomor baru! Akan tetapi, ingat bahwa mendapatkan kartu SIM baru juga tidak boleh sembarangan. Meskipun terdengar sepele, masih banyak lo, orang-orang yang dengan asal membeli nomor handphone tanpa memperhatikan keamanan mereka. Simak cara membeli SIM card yang secure!

1. Beli di Gerai yang Resmi

Yup, langkah termudah mendapatkan kartu SIM yang terpercaya adalah dengan mengunjungi gerai resmi provider terdekat yang ada di wilayah kotamu. Selain pasti mendapatkan nomor baru dan garansinya, harga yang ditawarkan terbilang stabil dibandingkan membeli di luar sana yang mungkin terkadang suka mematok harga tinggi.

Bahkan, SohIB juga tidak perlu mengaktifkan sendiri nomor HP-nya, karena petugas biasanya akan membantu dan kita tinggal pakai saja! Oiya, persiapkan KTP, SIM, atau paspor yang menunjukkan nomor identitas dirimu dan jangan lupa membawa uang yang cukup.

Sebagai informasi, terkadang gerai yang dikunjungi ramai dan perlu mengantre. Bila kamu bekerja atau tidak memiliki waktu luang yang banyak, pertimbangkan untuk datang di jam-jam sepi atau lebih awal.

2. Jangan Memakai Nomor Orang Lain Sembarangan

Beberapa tahun lalu, mungkin membeli nomor aktif masih sering dipilih sebagai opsi untuk mendapatkan kuota murah khusus internetan saja. Ternyata, cara tersebut sangat beresiko lo, untuk kita! Sebab, kamu mungkin saja tidak tahu riwayat pengguna nomor tersebut sebelumnya, apakah digunakan untuk hal yang buruk atau tidak.

Belum lagi, SMS dan telepon penipuan berkedok meminta uang masih sering terjadi hingga sekarang. Kamu bisa saja terganggu dengan spam seperti itu. Lebih baik, gunakan nomor yang valid dan bersumber aman.

Literasi digital penting dipahami demi kebaikan bersama, apalagi internet dan gawai sudah dekat dengan keseharian kita. Menjadi bijaksana dan bersikap waspada penting untuk dilakukan, agar terhindar dari resiko buruknya. So, apakah artikel ini membantumu?

Baca juga: Mengapa Etos Kerja Penting?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)