Ini Pahlawan Indonesia yang Namanya Diabadikan di Luar Negeri!

Ini Pahlawan Indonesia yang Namanya Diabadikan di Luar Negeri!

Keindahan alam di pedesaan Indonesia | Sumber: Unsplash (Dikaseva)

Salam merdeka, SohIB!

Kita telah memasuki bulan Agustus, bulan kelahiran tanah air. Beberapa hari lagi menuju 17 Agustus, masyarakat biasanya sudah mempersiapkan diri menyambut perayaan nasional tersebut. Contohnya, mengadakan upacara malam kemerdekaan, membuat lomba yang menyenangkan khas “Agustusan”, dan lainnya.

Btw, guys, berbicara tentang Indonesia merdeka, biasanya identik dengan para pahlawan yang berjuang demi kemenangan negara kita. Bahkan, tak jarang juga mereka rela gugur di medan perang untuk mengibarkan bendera merah putih.

Namun, apakah kamu pernah tahu, bahwa tokoh nasional Indonesia ternyata tak hanya diabadikan di negara kita saja, melainkan juga negara lainnya, lo! Wah, siapa saja dan mengapa negara lain juga ikut mengabadikan mereka? Yuk, kita check faktanya bersama-sama!

Baca juga: 8 Pahlawan Indonesia yang Diabadikan dalam Uang Kertas, Siapa Saja?

R.A Kartini

Raden Ajeng Kartini adalah pejuang wanita yang sangat ikonik dengan gagasan emansipasinya. Dengan kecerdasannya, ia berhasil mengangkat semangat perempuan untuk belajar dan meraih impiannya. Terlebih lagi, kala masa penjajahan dulu, wanita memang masih sering dipandang remeh oleh laki-laki yang secara fisik juga lebih kuat.

Kartini lahir di Jepara, 21 April 1879. Hari-hari mudanya, ia senang menulis surat-surat yang berisikan pikirannya tentang kemajuan kaum hawa di Indonesia kepada sahabat-sahabatnya di Belanda. Oleh J.H Abendanon, tulisannya dikumpulkan menjadi satu. Terdapat satu karyanya yang terus dikenang oleh masyarakat Indonesia hingga kini, yakni “Habis Terang Terbitlah Gelap”.

Wajah Kartini dapat kita temukan di Indonesia dan Belanda, sebagai nama jalan di kota Harleem, Amsterdam, Venlo, dan Utrecht.

Baca juga: 5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO (Part II)

Ir. Soekarno

Nama Ir. Soekarno tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Sebagai presiden pertama Republik Indonesia, jasa-jasanya dalam kemerdekaan negara sangat patut untuk diharumkan namanya melalui momentum tertentu. Tak hanya di Indonesia, ternyata sejumlah negara juga mengabadikan sosok Ir. Soekarno pada beberapa tempat, lo!

Di Aljazair, Afrika, ia dijadikan patung monumen lantaran membantu kemerdekaan negara itu dari penjajahan Perancis. Kemudian, Mexico memiliki taman bernama “Soekarno Parque” atas apresiasinya sebagai sosok perdamaian dunia. Satu lagi, di Maroko, mereka memiliki nama jalan Rue Soekarno.

Mohammad Hatta

Selain presiden Soekarno, Wakil Presiden RI ke-1, Mohammad Hatta juga diabadikan menjadi sebuah nama jalan di kota Haarlem, Belanda, “Mohammed Hatta Straat”. Ia dikenang sebagai pahlawan yang punya andil dalam kemerdekaan negaranya dan membantu komunikasi Indonesia-Belanda sehingga hubungan kedua negara itu menjadi baik dan terjalin panjang.

Jenderal Sudirman

Pria kelahiran Januari 1916 ini adalah seorang perwira tinggi saat revolusi nasional Indonesia yang dianugerahi Anumerta oleh negara. Ia adalah seseorang yang dikenal religius dan siswa yang rajin belajar. Cerita perlawanan gerilyanya di masa perang sangat heroik, apalagi Sudirman dikabarkan hanya memiliki satu paru-paru untuk bernapas.

Kala kematian pria tersebut, seluruh warga bersedih, dan memadati lokasi upacara pemakamannya. Bahkan, bendera setengah tiang dikibarkan saat itu. Selain namanya menghiasi universitas, museum, jalan, dan lainnya, di Jepang sendiri, ia dibuatkan patung perunggu yang diletakkan di kantor Kementerian Pertahanan Jepang, kota Tokyo.

Baca juga: 5 Keunikan Indonesia yang Negara Lain Jarang Miliki

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)