Sudah tidak Perlu Memakai Masker? Yuk Simak 3 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Endemi!

Sudah tidak Perlu Memakai Masker? Yuk Simak 3 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Endemi!

Pencabutan Kebijakan Penggunaan Masker di Transportasi Umum | Sumber: Kominfo

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Saat pandemi menyerang kita semua, siapa yang menyangka bahwa kita akan menghadapi perubahan besar dalam kehidupan kita akibat pandemi COVID-19? Mulai dari bekerja dari rumah, belajar secara daring, hingga beribadah melalui online, semuanya berubah total.

Selama ini, kita telah berusaha keras dengan berbagai upaya, seperti melakukan vaksinasi massal, pembatasan kegiatan sehari-hari, serta melakukan protokol selalu memakai masker dan menjaga jarak.

Setelah melalui 3 tahun masa beradaptasi, akhirnya negara kita mendapatkan angin segar, lo! Indonesia diharapkan dapat bertransisi dari pandemi menjadi endemi pada akhir Juni 2023 ini, seperti yang diumumkan oleh Presiden kepada awak media pada tanggal 14 Juni 2023.

Hal ini tentunya membawa harapan baru bagi kita semua untuk memulihkan kembali kehidupan sebelumnya. Meskipun begitu, kebiasaan kita untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan harus tetap dipertahankan ya, SohIB!

Bangganya Indonesia Berhasil Menjadi Juara Umum ASEAN Para Games 2023 untuk keempat Kali!

Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi tentang apa dan mengapa kebijakan memakai masker dicabut serta apa saja tips menjaga kesehatan di masa endemic nanti. Yuk, simak bersama-sama!

Resminya Dicabut Kewajiban Memakai Masker oleh Kementerian Perhubungan

Kebijakan Penggunaan Masker di Transportasi Umum Resmi di Cabut
Kebijakan Penggunaan Masker di Transportasi Umum Resmi di Cabut | Unsplash (Bo Kim)

Kita tahu bahwa salah satu kewajiban yang harus kita lakukan saat keluar rumah adalah memakai masker. Bahkan standar masker yang perlu dipakai sehari-hari oleh kita, sudah diatur oleh WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia.

Standar masker yang perlu masyarakat pakai adalah Masker Bedah yang memiliki 2 atau 3 lapis, Masker N95, atau Masker Kain yang bisa dipakai berulang (reusable).

Namun, tepat pada tanggal 9 Juni 2023, terbit Surat Edaran (SE) dari Kementerian Perhubungan bahwa pemakaian masker terutama saat menggunakan kendaraan umum sudah tidak berlaku lagi, lo, SohIB!

Bagi kamu yang akan berpergian menggunakan transportasi umum baik itu darat, laut, maupun udara, kamu tidak perlu menggunakan masker lagi! Tentunya ini adalah kabar menggembirakan bagi masyarakat, karena kita selangkah lebih dekat ke masa endemi.

Alasan Kenapa Tidak Diwajibkan Menggunakan Masker di Transportasi Umum

Perencanaan Transisi Indonesia ke Masa Endemi
Perencanaan Transisi Indonesia ke Masa Endemi | Sumber: setkab.go.id

Alasan kenapa pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Kemenhub nomor 1 tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan pada Masa Transisi Endemi untuk Mencegah Penularan Covid-19, karena kondisi penularan COVID-19 kita sudah jauh menurun, lo!

Tingkat kekebalan masyarakat juga semakin tinggi berkat kita semua saling bekerja sama untuk mengikuti anjuran vaksin! Dari data yang ada, kasus positif turun sebesar 31 persen, dan rata-rata persentase kesembuhan mencapai 97,47 persen. Selain itu, kasus kematian juga menurun 43 persen. Wah, capaiannya luar biasa, kan?

Dengan adanya penurunan kasus dan tingkat kekebalan yang tinggi, pemerintah memandang bahwa kebijakan penggunaan masker di transportasi umum sudah bisa dicabut, SohIB. Tentunya hal ini sudah melalui pertimbangan yang matang dari ahli kesehatan yang melihat bahwa risiko penularan di transportasi umum sudah terkendali.

3 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Endemi

Meskipun kewajiban memakai masker dicabut, kita tetap harus menjaga kesehatan, lo. Yuk simak 3 tips menjaga kesehatan di masa endemi!

1. Perkuat Daya Tahan Tubuh dengan Makan Sehat

Menjaga kesehatan yang paling penting berawal dari dalam tubuh kita. Pastikan kamu untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, ya. Usahakan dalam sekali makan, kamu mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna seperti buah-buahan, sayuran, karbohidrat, dan protein. Selain itu jangan lupa untuk minum minimal 2 liter air putih setiap harinya, ya SohIB agar kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi.

2. Rajin Olahraga

Selain mengkonsumi makanan yang bergizi, jangan lupa untuk rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Pastikan untuk menyisihkan waktu minimal 30 menit sehari atau 3 kali dalam seminggu, ya.

Selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh, kamu juga bisa menurunkan berat badan, lo! Pilihlah olahraga yang kamu suka seperti berjalan-jalan santai di taman, bersepeda, atau yoga di rumah. Lakukan secara perlahan, ya!

3. Istirahat yang Cukup

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh banyak orang adalah istirahat yang cukup. Untuk menjaga kesehatan di masa endemi, kamu harus bisa membagi prioritas antara bekerja dan istirahat. Tubuh yang lelah akan lebih rentan terhadap penyakit.

Jadi, pastikan kita mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya. Cukupilah kebutuhan tidur orang dewasa yaitu 7—8 jam sehari. Jadwal tidur yang berkualitas akan membantu kamu menjaga kesehatan agar tetap kuat. Jangan tidur larut ya, SohIB!

Selamat! Indonesia Terpilih Jadi Dewan Eksekutif UNWTO hingga 2027, Ketahui Perannya, yuk!

Meskipun kita sudah tidak perlu menggunakan masker di tempat umum, karena akan melakukan transisi ke masa endemi, namun kita tetap harus menjaga kesehatan masing-masing, ya SohIB. Perhatikan pola makan sehari-hari, aktif berolahraga, dan pastikan istirahat yang cukup.

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan mental dan tetap positif dalam menghadapi situasi ini. Dengan melakukan hal-hal ini, kita bisa menjaga kesehatan dengan baik dan tetap bersemangat di masa endemi ini. Mari kita tetap menjaga diri dan orang-orang di sekitar kita! Good day!