Selamat! Indonesia Terpilih Jadi Dewan Eksekutif UNWTO hingga 2027, Ketahui Perannya, yuk!

Selamat! Indonesia Terpilih Jadi Dewan Eksekutif UNWTO hingga 2027, Ketahui Perannya, yuk!

UNWTO Conference | kemenparekraf.go.id

Ada kabar baik datang dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf), lo SohIB! Rupanya Indonesia terpilih menjadi salah satu Dewan Eksekutif United National Tourism Organization (UNWTO) dengan masa jabatan 2023—2027. 

Diberikannya tanggung jawab ini, Indonesia tentu tidak sendiri. Bersama China, Korea Selatan, dan Jepang, Indonesia akan mewakili wilayah Asia Timur dan Pasifik, juga mendukung suksesnya UNWTO General Assembly pada Oktober 2023 mendatang.

55th Meeting of The UNWTO Commission for East Asia and The Pacific
55th Meeting of The UNWTO Commission for East Asia and The Pacific | kemenparekraf.go.id

Kabar tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, usai menghadiri 55th Meeting of The UNWTO Commission for East Asia and The Pacific (CAP) di Sokha Residence, Phnom Penh, Kamboja pada Jumat (15/06/2023) yang lalu. Ia menyebutkan bahwa Indonesia terpilih menjadi Dewan Eksekutif UNWTO setelah memperoleh satu kursi di antara empat kursi Executive Council dengan votes terbanyak.

"Alhamdulillah, kita berhasil mendapatkan vote terbanyak, ini adalah prestasi dan terima kasih atas kerja samanya," kata Sandiaga Uno yang dikutip dari siaran pers kemenparekraf.go.id.

Sandiaga Uno turut mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia, khususnya kepada Menlu Retno Marsudi atas pencapaian tersebut. Tak lupa memberikan apresiasi kepada tim Kemenparekraf dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kamboja. 

Indonesia Jadi Destinasi Liburan yang Ramah Turis Muslim, Cek Faktanya!

Peran Indonesia dalam UNWTO 2023

Dengan terpilihnya menjadi salah satu Dewan Eksekutif UNWTO bersama tiga negara lainnya, Indonesia memiliki peran dan akan bertanggung jawab dalam menyusun program-program UNWTO di wilayah Asia Pasifik untuk dilaporkan di General Assembly pada Oktober 2023 mendatang.

Atas peran barunya, Indonesia melalui Kemenparekraf berkomitmen akan mendorong pengembangan sektor kepariwisataan di wilayah Asia Timur, Pasifik, dan ASEAN dengan berfokus pada pariwisata yang berkelanjutan, Sumber Daya Manusia, digitalisasi, dan transformasi pariwisata.

Di kesempatan yang sama, Indonesia juga ditunjuk maju menjadi bagian dari Task Force On “Redesigning Tourism for The Future”, yang mana Indonesia memiliki kesempatan untuk mendesain sektor pariwisata di masa depan. 

Indonesia jadi Dewan Eksekutif UNWTO
Indonesia jadi Dewan Eksekutif UNWTO | kemenparekraf.go.id

Konsep pariwisata baru tersebut diharapkan bisa berdampak positif bagi sektor pariwisata dunia dan nusantara. Sehingga menghasilkan peluang besar bagi usaha yang makin meluaskan terbukanya lapangan kerja. Peluang ini merupakan hal besar yang harus diupayakan dengan adanya kerja sama tim. Terlebih penetapan target yang tinggi, membuat semua yang terlibat diharapkan dapat bekerja maksimal.

"Tentunya kita juga mengambil satu keketuaan di program Redesigning Tourism for the Future. Jadi ini adalah tugas yang sangat berat dan tim harus tetap solid karena targetnya adalah pariwisata yang bisa membangkitkan ekonomi kita, mempercepat pembangunan kita, dengan total keseluruhan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," ungkap Menparekraf.

10 Geopark Indonesia yang Sudah Diakui Dunia, Keren Banget!

Peluang Wisatawan Nusantara untuk Kemajuan Parekraf

Pada kesempatan lain di acara Weekly Brief with Sandi Uno yang melaporkan kemajuan seputar pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, Menparekraf juga menyinggung soal peluang besar sektor pariwisata menjelang musim libur sekolah. Ia menyebutkan target pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) tahun ini yang cukup tinggi, yakni sejumlah 1,4 miliar yang tentu memberikan peluang baik bagi pemerintah maupun pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Ini jadi kesempatan emas bagi pemerintah, khususnya pemerintah pusat dan daerah, serta para pelaku parekraf. (Memberikan) dorongan agar wisatawan bisa bergerak untuk pelaku parekraf, bisa mengambil kesempatan dan peluang, mungkin cuan dan mendorong pencapaian target 1,4 miliar pergerakan wisnus,” ucap Sandiaga Uno dalam Weekly Brief with Sandi Uno pada 12 Juni 2023.

Weekly Brief with Sandi Uno
Weekly Brief with Sandi Uno - 12 Juni 2023 | YouTube Kemenparekraf

Untuk mendukung realisasi pergerakan wisnus pada musim libur sekolah mendatang, Kemenparekraf bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang bertugas memberikan kode QR yang akan disebar ke berbagai sekolah dan kampus di sekitar Jakarta. Wah, menarik, ya!

Itulah penjabaran informasi dari peran baru Indonesia yang terpilih menjadi Dewan Eksekutif UNWTO 2023—2027 beserta rencana program parekraf nasional. SohIB yang telah membaca, jangan lupa untuk ajak keluarga dan teman untuk menjadi bagian dari wisnus pada musim liburan mendatang. 

Untuk panduan dan fasilitas lengkapnya bisa kamu akses di media sosial kemenparekraf.id atau langsung berkunjung ke situs web kemenparekraf.go.id, ya! Selamat berlibur, SohIB!