5 Tips Memilih Biji Kopi Terbaik yang Harus Kamu Ketahui!

5 Tips Memilih Biji Kopi Terbaik yang Harus Kamu Ketahui!

5 tips memilih biji kopi | Unsplash (Sina Asgari)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Good day, SohIB! Kita semua tahu betapa nikmatnya menyeruput kopi yang lezat, bukan? Nah, jika kamu ingin merasakan kenikmatan itu setiap hari tanpa harus keluar rumah, maka artikel ini adalah teman terbaikmu. Kami akan membagikan tips-tips jitu untuk memilih biji kopi yang berkualitas, sehingga kamu bisa meracik kopi sendiri yang sepadan dengan kafe favoritmu.

Jadi, tak perlu khawatir lagi nggak bisa menikmati kopi yang luar biasa lo, karena dengan bantuan artikel ini, kamu akan jadi ahli memilih biji kopi terbaik yang sesuai dengan selera dan preferensimu. Siap-siap mencoba resep kopi terbaru? Yuk, kita mulai petualangan memilih biji kopi terbaik yang akan membuat kopi di rumahmu semakin istimewa!

Cara Memilih Biji Kopi Terbaik

Saat kita berbicara tentang kopi, tentu saja yang paling penting adalah tentang pemilihan biji kopi. Kualitas dari biji kopi akan mempengaruhi cita rasa dari minuman kopi yang hendak kita minum, lo! Yuk, simak tips di bawah ini!

1. Lihat Kapan Biji Kopi Di-roasting

Yang pertama adalah kita harus tahu kapan biji kopi tersebut di roasting atau di panggang, nih SohIB. Hal ini penting karena kesegaran biji kopi itu terbatas, lo. Sama hal nya makanan, biji kopi juga memiliki waktu kadaluarsa dimana biasanya baik dikonsumsi maksimal 3 minggu setelah di roasting.

Kenapa tuh? Hal ini karena biji kopi yang masih segar bisa menghasilkan cita rasa yang nikmat. Lain halnya dengan biji kopi yang sudah lewat dari 3 minggu biasanya akan terlihat menciut, pudar, dan datar.

2. Pilih Biji Kopi yang Memiliki Aroma Khas

Memilih biji kopi yang beraroma pekat
Memilih biji kopi yang beraroma pekat | Unsplash (Mae Mu)

Meskipun biji kopi akan tercium lebih keluar saat sudah diseduh, tapi kita juga bisa melihatnya saat masih menjadi biji, SohIB. Biji kopi yang bagus biasanya akan punya aroma pekat dan bisa membuat kamu langsung nggak tahan pengen minum. Jadi, pastikan biji kopinya masih fresh dan aromanya nggak lemah-lemah banget, ya. Jika aromanya sudah kurang nendang, kemungkinan biji kopinya udah nggak segar lagi, jadi jangan dipilih ya!

3. Perhatikan Warna Biji Kopi

Selain bisa melihat dari aroma dan tanggal roasting-nya, kita juga bisa melihat apakah biji kopi tersebut masih bagus atau tidak dari warna nya, lo. Jika kamu melihat ada bitnik hitam atau coklat gelap, maka itu adalah pertanda bahwa biji kopi tersebut sudah rusak!

7 Kuliner Semarang yang Wajib Dicoba! Ada Es Puter Conglik hingga Tahu Petis!

Jangan sampai kamu konsumsi, ya! Hal tersebut adalah pertanda bahwa biji kopi tersebut sudah berjamur dan bisa membuat racun bernama Aflatoksin. Kamu tidak ingin bukan, alih-alih menikmati secangkir kopi, kamu malah keracunan?

4. Bagian Biji Kopi Tidak Ada yang Rusak

Biji kopi tidak ada yang rusak
Biji kopi tidak ada yang rusak | Unsplash (Kurniawan Adhi)

Langkah selanjutnya untuk melihat apakah biji kopi tersebut bagus atau tidak dari tampilan fisiknya. Biji kopi yang bagus akan berwarna hijau kehijauan dan tidak memiliki lubang-lubang kecil ataupun busuk.

Umumnya, cara mengecek apakah biji kopi ada yang rusak atau tidak dengan menggunakan metode specialty grade, dimana toleransi kerusakannya maksimal 4%. Contohnya adalah, jika kita ingin membeli biji kopi sebanyak 10kg, maka toleransi kerusakannya adalah 0,4kg. Mudah, kan?

5. Memilih Biji Kopi Sesuai Selera Kita

Tidak dapat dipungkiri, meskipun kita sudah memilih biji kopi yang terbaik, namun kadang kala kita tidak bisa menikmatinya karena tidak sesuai selera kita. Terdapat 2 jenis biji kopi yang biasa dikonsumsi orang-orang, yaitu jenis Robusta dan Arabika.

Jika arabika cenderung memiliki rasa yang asam dan softy, maka robusta terkenal dengan rasanya yang pahit dan strong. Untuk mencari tahu selera kopi kita, kita perlu melakukan trial and error dengan mencoba satu persatu atau mencari review dari teman atau internet. Jadi jangan menyerah ya!

5 Menu Kuliner Khas Jawa Barat yang Bikin Ketagihan!

Meskipun terdengar sederhana, tapi proses pemilihan biji kopi ternyata lumayan panjang ya, SohIB? Namun dijamin, dengan mengikuti 5 tips di atas, kamu pasti bisa membuat minuman kopi yang nikmat dirumah tanpa perlu pergi café. Jadi selamat mencoba di rumah!