5 Menu Kuliner Khas Jawa Barat yang Bikin Ketagihan!

5 Menu Kuliner Khas Jawa Barat yang Bikin Ketagihan!

Menu Khas Jawa Barat | Sumber: rainforestcruises.com

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Good day, SohIB! Apakah kalian tahu, bahwa Indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman baik itu dari suku, agama, dan budaya? Selain itu, Indonesia juga memiliki banyak makanan khas yang berbeda setiap daerahnya, lo! Salah satu daerah yang patut kamu kunjungi adalah Jawa Barat! Provinsi Jabar atau Jawa Barat tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan beragam makanan khas yang memikat selera.

Dari Sate Maranggi yang lezat hingga Nasi Cikur yang unik, Jawa Barat menawarkan sajian yang tak bisa kita abaikan. Siapa yang sudah ngiler? Yuk, kita simak artikel berikut untuk mengetahui 5 makanan khas Jawa Barat yang akan membuat kamu ketagihan dan siap memanjakan lidah kita!  

Berkenalan dengan Makanan Khas Jawa Barat

Seiring dengan perkembangan zaman dan interaksi dengan berbagai suku di Indonesia, Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak makanan khas yang menarik. Selain itu, Jawa Barat juga memiliki kekayaan alam yang melimpah, seperti lahan pertanian yang subur dan sumber daya laut yang melimpah. Hal ini memungkinkan masyarakat Jawa Barat untuk menggunakan berbagai bahan baku segar dan alami dalam menyajikan makanan khasnya. Mmmm, apa aja sih makanannya? Cekidot!

1. Sate Maranggi dari Purwakarta

Sate maranggi dari Purwakarta
Sate maranggi dari Purwakarta | Sumber: Ceritamakan

Bagi kamu pecinta daging sapi, kamu harus banget nih mencoba menu khas dari Purwakarta yaitu Sate Maranggi. Sate Maranggi terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis-tipis dan ditusuk ke tusukan bambu. Yang membuatnya istimewa dan berbeda sari sate lainnya adalah bumbu marinasi nya, lo! SohIB bisa menikmati sate ini bahkan tanpa tambahan saus apapun, karena daging nya sendiri sudah memiliki rasa yang lezat.

Proses memasaknya adalah daging dipanggang di atas pembakaran dan dibaluri bumbu marinasi spesial beberapa kali hingga matang sempurna dan menghasilkan aroma yang menggoda. Jika SohIB berniat mencoba menu ini, jangan lupa untuk minta tambahan acar, sambal tomat, sambal oncom, ketan bakar dan nasi timbel, ya! Dijamin kamu akan ketagihan dan tambah terus!

2. Nasi Timbel dari Bandung

Nasi Timbel Bandung
Nasi Timbel Bandung | Sumber: Instagram/@kedaitimbeldago  

Kalau kamu berkunjung ke Bandung, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan makanan yang bikin lidah bergoyang ini, yaitu Nasi Timbel! Nasi Timbel adalah hidangan tradisional dari Bandung, Jawa Barat yang terdiri dari nasi yang dibungkus daun pisang dan disajikan dengan lauk-pauk yang beragam. Rasanya gimana, sih? Oh, kamu pasti akan jatuh cinta pada gurihnya nasi timbel yang pulen dan harum ini!

Biasanya, kamu akan disajikan dengan ayam goreng yang renyah, ikan goreng yang garing, tahu dan tempe bacem yang manis gurih, serta lalapan segar seperti sayur asem dan sambal terasi yang pedas nikmat. Semuanya disajikan dalam satu piring yang unik dengan daun pisang yang memberikan aroma khas.

Dengan mencicipi makanan khas Bandung ini, kamu bisa merasakan cita rasa khas Jawa Barat yang autentik, lo! Selain itu, Cobain deh makan dengan menggunakan tangan dan duduk di saung sunda. Dijamin kamu akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan!

5 Makanan Laut dari Indonesia yang Jadi Andalan di Pasar Ekspor Dunia

3. Nasi Cikur dari Tasikmalaya

Nasi Cikur
Nasi Cikur  | Sumber: maggi.id

Jika kamu mencari pengalaman kuliner yang unik dan lezat, Nasi Cikur adalah jawabannya! Nasi Cikur merupakan makanan khas dari daerah Tasikmalaya, Jawa Barat, yang terkenal dengan cita rasa yang menggugah selera. Apa sih yang membuat Nasi Cikur ini begitu istimewa? Nah, rahasianya terletak pada bahan utamanya, yaitu nasi yang dicampur dengan daun cikur yang memberikan aroma khas dan kelezatan tersendiri.

Nasi tersebut kemudian disajikan dengan berbagai lauk-pauk yang menggoda selera seperti ayam goreng, tahu goreng, semur jengkol, dan masih banyak lagi. Selain rasanya yang lezat, makanan ini juga memiliki nilai historis dan tradisional yang tinggi, lo. Proses pembuatannya pun masih menggunakan cara tradisional yang telah diwariskan secara turun temurun. Tak heran jika Nasi Cikur menjadi salah satu ikon kuliner yang melekat erat dengan identitas kota Tasikmalaya. Tertarik mencoba?

4. Sekoteng Singapore dari Sukabumi

Sekoteng Singapore
Sekoteng Singapore | Sumber: Instagram/@zweetreats

Siapa yang tak suka dengan minuman hangat yang menggoda seperti Sekoteng Singapore dari Sukabumi ini? Dengan kombinasi sempurna antara rasa manis, hangat, dan aroma rempah dari jahe yang memikat lidah, tentunya sekoteng ini sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin atau musim hujan, lo. Saat pertama kali mencicipinya, kamu akan merasakan kehangatan yang menyapa tubuhmu!

Rasanya yang manis dan sedikit pedas dari jahe akan membangunkan indera dan memberikan sensasi yang unik di setiap tegukan. Ditambah dengan tekstur kenyal dari mutiara sagu dan kacang hijau yang lembut, serta sentuhan gurih dari roti sangat melengkapi cita rasa nikmatnya. Bagi SohIB yang suka banget dengan minuman yang unik, Sekoteng Singapore dari Sukabumi ini adalah pilihan yang tak boleh dilewatkan, ya!

5. Angeun Lada dari Pandeglang

Angeun Lada
Angeun Lada | Sumber: bingar.id

Menu khas terakhir yang akan kita simak adalah angeun lada dari Pandeglang. SohIB mungkin sering mendengar menu masakan dari daging ayam, sapi, atau kambing. Namun, pernahkah kamu mendengar makanan dari daging kerbau? Jika belum pernah dengar, maka menu inilah yang membuatnya sangat spesial dan harus kamu coba jika berkunjung ke Jawa Barat!

Menurut warisanbudaya.kemdikbud.go.id, Angeun Lada adalah salah satu menu khas dari Banten, Jawa Barat. Angeun Lada ini tuh sejenis dengan gulai namun memiliki bahan utama daging kerbau yang diolah dengan rempah-rempah yang mantap abis. Ada daun walang, honje, cabai merah, bawang merah, dan kemiri yang bikin rasanya menjadi luar biasa. Aroma dari daun walang ini sangat kuat, lo SohIB. Tidak heran, selain bisa dipakai sebagai campuran makanan, daun ini juga sangat berguna untuk mengusir hama padi di sawah! Multifungsi banget, ya!

7 Makanan Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

Nah, itu dia penjelasan singkat dari 5 menu khas Jawa Barat yang akan membuat kamu ketagihan! Jangan lupa, saat kamu berkunjung ke Jabar, carilah menu-menu khas di atas dan rasakan sendiri bagaimana makanan tersebut! Selamat berkuliner!